Teknologi

Macam-Macam Teknologi di Berbagai Bidang Kehidupan Manusia

Ajaib.co.id – Macam-macam teknologi dapat kita jumpai pada berbagai bidang kehidupan. Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, kita sudah terbiasa melakukan aktivitas sehari-hari dengan menggunakan teknologi. Bahkan, mungkin akan terasa sulit jika terjadi gangguan dan tidak dapat menggunakannya.

Sebenarnya, apa sih teknologi itu? Pengertiannya adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari keterampilan dalam menciptakan alat atau metode yang lebih efektif dan efisien untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan dalam pekerjaan manusia sehari-hari.

Jadi, teknologi merupakan sarana dan prasarana yang diciptakan untuk mempermudah berbagai bidang kehidupan, dapat berupa benda berwujud seperti mesin maupun perangkat lunak pada komputer atau software.

Berikut ini beberapa contoh macam-macam teknologi serta manfaatnya dalam berbagai bidang kehidupan manusia yang perlu kamu ketahui. Simak, ya!

1.     Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan salah satu yang sangat berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Teknologi informasi ini berperan dalam penyampaian informasi yang lebih cepat dan tepat dari sumber kepada penerima informasi.

Teknologi informasi menggunakan seperangkat hardware dan software untuk mengumpulkan data, menyimpan, mengolah, dan menyajikannya secara lebih tepat. Perangkat tersebut dapat mengirimkan informasi lebih lengkap dan bisa secara real time.

Dengan adanya teknologi informasi, manusia dapat mengetahui informasi yang diperlukan. Data ini telah disaring sehingga lebih efektif sesuai dengan kebutuhan penerima informasi. Kita bisa mengetahui kejadian dari seluruh dunia tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Contohnya televisi, radio, serta media online seperti website dan blog. Manfaatnya sangat kita rasakan. Dengan adanya teknologi informasi, kita bisa mengetahui berbagai informasi secara lebih aktual dan akurat.

2.     Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi sering disandingkan dengan teknologi informasi. Memang, informasi dan komunikasi merupakan dua hal yang saling berkaitan.

Teknologi komunikasi memudahkan manusia dalam bertukar informasi satu sama lain secara lebih cepat dan mudah. Kebanyakan kita juga telah menggunakan teknologi komunikasi ini dalam kehidupan sehari-hari.

Teknologi komunikasi terus berkembang dari waktu ke waktu. Dahulu, orang mengirim pesan lewat pesan teks melalui mesin telegram. Saat ini, orang juga mengirim pesan lewat Telegram.

Namun Telegram yang ini merupakan nama salah satu aplikasi smartphone yang memungkinkan kita mengirim teks, gambar, suara, dan video. Selain Telegram, komunikasi dapat dilakukan di berbagai platform seperti media sosial dan aplikasi pertemuan virtual.

Manfaatnya, mempermudah manusia dalam berinteraksi satu sama lain. Contoh perangkat yang sering digunakan sehari-hari adalah smartphone dengan segala aplikasi canggih di dalamnya.

Kita bisa dengan cepat membuat janji pertemuan dan menanyakan dimana posisi teman kita sekarang. Kita juga dapat bertanya kepada guru tentang kondisi anak-anak di sekolah dan mereka harus dijemput jam berapa. Komunikasi jadi berlangsung efektif dan efisien.

3.     Teknologi Pangan

Teknologi pangan mempelajari tentang cara pengolahan makanan agar bisa lebih tahan lama dan kualitasnya tetap terjaga. Teknologi pangan juga meneliti tentang interakasi zat-zat yang terkandung dalam makanan, sehingga dapat menciptakan perangkat yang tepat untuk mengolah makanan.

Manfaat teknologi pangan dapat dirasakan dengan berkembangnya produksi berbagai jenis makanan. Berbagai peralatan diciptakan untuk mengolah makanan dan melakukan ekstraksi dari pangan tertentu. Makanan yang kita nikmati menjadi lebih tahan lama dan kualitasnya dapat ditingkatkan.

4.     Teknologi Konstruksi

Teknologi konstruksi merupakan teknologi yang berkaitan dengan struktur bangunan. Dengan adanya teknologi, membuat bangunan menjadi lebih terencana dengan matang karena diahului dengan analisa dan perhitungan yang tepat terkait desain dan kekokohan bangunan.

Contoh dari teknologi konstruksi ini antara lain alat-alat berat untuk membuat bangunan, metode kerja konstruksi, serta perangkat lunak untuk membuat desain struktur bangunan. Sehingga proses pembuatan bangunan bisa lebih tepat dan tidak memakan waktu lama.

5.     Teknologi Pendidikan

Macam-macam teknologi berikutnya adalah teknologi pendidikan. Dalam dunia pendidikan, adanya teknologi dapat membantu proses belajar mengajar antara siswa dan guru menjadi lebih efektif dan efisien. Metode belajar pun bisa dikembangkan sesuai dengan gaya belajar anak masing-masing.

Beberapa contoh dari teknologi di bidang pendidikan antara lain alat peraga antariksa, peralatan laboratorium, dan aplikasi belajar online. Guru dan siswa dapat menggunakan fasilitas teknologi agar penyampaian materi lebih tepat sasaran dan dipahami siswa dnegan baik

6.     Teknologi Medis

Teknologi medis berperan penting dalam ilmu kedokteran. Dengan adanya teknologi di bidang medis, proses pengobatan dan tindakan medis untuk menyembuhkan pasien menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan bantuan teknologi, dokter dapat menegakkan diagnosa lebih tepat.

Manfaat teknologi di bidang medis membantu proses penyembuhan lebih cepat. Dengan peralatan yang canggih, tindakan pembedahan dapat dilakukan dengan bantuan komputer. Luka operasi menjadi lebih kecil dan tindakan medis yang dilakukan berlangsung lebih cepat.

Contoh teknologi medis antara lain alat USG tiga dimensi, X-ray, serta aplikasi konsultasi kesehatan. Dengan adanya teknologi medis ini, penyakit-penyakit yang sebelumnya sulit disembuhkan dapat ditangani lebih baik.

7.     Teknologi Pertanian

Teknologi pertanian digunakan untuk membantu menghasilkan produk pertanian yang berkualitas tinggi dengan cara yang mudah dan jangka waktu lebih singkat. Dengan adanya teknologi, pekerjaan yang tadinya dilakukan oleh tenaga manusia atau hewan kini bisa dilakukan oleh mesin dengan kekuatan dan kecepatan yang lebih besar.

Teknologi pertanian juga termasuk cara-cara dalam melakukan kawin silang tumbuhan dan perawatan agar buah-buahan yang dihasilkan lebih besar dan banyak. Pemberantasan hama dan pengganggu tanaman juga menjadi fokus dalam teknologi pertanian ini. Berbagai metode diciptakan agar tanaman lebih kuat dalam menghadapi serangan hama.

Selain macam-macam teknologi yang disebutkan diatas, yang tak kalah pentingnya adalah teknologi di bidang keuangan. Dengan adanya teknologi, melakukan investasi saham dan reksadana menjadi sangat mudah. Download aplikasi Ajaib di smartphone-mu sekarang dan mulailah berinvestasi.

Artikel Terkait