Milenial

Pentingnya Pendidikan Bagi Milenial Saat Ini dan Alasannya

pentingnya pendidikan

Ajaib.co.id – Perspektif mengenai pentingnya pendidikan bagi milenial bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Bila zaman dahulu mungkin para orang tua kalian menganggap bahwa pendidikan itu bukanlah hal yang penting. Namun, bagaimana dengan saat ini, apakah anggapan tersebut masih relevan?

Seiring dengan berjalannya waktu, anggapan perihal bahwa pendidikan itu tidak penting perlahan-lahan mulai ditinggalkan oleh para orang tua. Sebab, bila kamu memiliki latar belakang pendidikan yang memadai memang sangat berguna sekali saat ini untuk menunjang kariermu di sebuah perusahaan.

Hal ini dikarenakan setiap perusahaan memiliki kualifikasi jenjang pendidikan yang berbeda-beda dari SMP hingga ke jenjang perguruan tinggi sekalipun, tergantung dari posisi atau jabatan apa yang ingin kamu lamar di sebuah perusahaan.

Tak jarang juga, banyak orang tua yang rela menghabiskan puluhan juta hingga ratusan juta rupiah hanya untuk bisa menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi berlevel internasional sekalipun.

Hal ini dilakukan oleh orang tua semata-mata agar anaknya bisa mendapatkan posisi atau pekerjaan yang baik saat memulai karir di sebuah perusahaan.

Jadi, apakah pendidikan hanya diperuntukkan untuk mencari pekerjaan saja? Berikut ini adalah alasan pentingnya pendidikan bagi generasi milenial zaman now:

Pentingnya Pendidikan bagi Generasi Milenial Saat Ini yang Perlu Kamu Ketahui

Memiliki Penghasilan

Banyak generasi milenial yang menganggap bahwa pendidikan itu penting sebagai sebuah cara atau jalan untuk menghasilkan penghasilan sendiri. Tentu saja, kamu sebagai anak yang baik pasti ingin membalas apa yang telah dilakukan oleh kedua orang tuamu saat berjuang banting tulang untuk membiayai sekolahmu.

Hal ini menjadi dasar mengapa kamu ingin lulus tepat waktu. Sebab, bila kamu terus menunda-nunda kuliahmu, biaya pendidikan yang perlu kamu keluarkan setiap tahunnya semakin membengkak saja.

Oleh karenanya, kamu perlu belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa lulus tepat waktu. Dan, berharap setelah lulus kuliah, kamu bisa langsung bekerja di perusahaan impianmu sesuai dengan minat dan bakat yang disukai. Syukur-syukur bila kamu bisa mendapatkan gaji yang lumayan besar di mana tempatmu bekerja nanti.

Memiliki Pergaulan yang Luas

Di kampus, generasi milenial dilatih dan diajari untuk bergaul dengan siapa saja tanpa mengenal ras, agama, dan lain-lain. Hal ini membuat cara berpikirmu menjadi seorang yang open minded, dan bisa melihat dan menilai segala sesuatu dari berbagai sudut pandang. Selain itu, kamu juga bisa memiliki banyak teman yang bisa diajak untuk bertukar pikiran.

Tak jarang hal tersebut melahirkan sebuah gagasan atau ide bisnis yang bisa kamu geluti bersama dengan teman-temanmu. Contohnya, mendirikan startup teknologi seperti yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya yang mendirikan Facebook saat masih menimba ilmu di Harvard.

Menambah Kepercayaan Diri

Memiliki wawasan dan pergaulan yang luas adalah suatu kelebihan yang bisa kamu manfaatkan agar orang lain mau mendengarkan apa yang kamu utarakan. Sebab, bila kamu bukanlah orang berpendidikan, kamu pasti merasa tidak percaya diri bila harus memberikan pendapat di depan orang banyak.

Berbeda halnya, bagi kamu yang berpendidikan di mana pendapatmu lebih besar kemungkinan untuk didengar oleh orang lain. Contohnya, saat kamu sedang berdemo di depan kantor DPR RI, bila kamu diberikan kesempatan untuk berdialog langsung dengan anggota DPR, pasti hanyalah orang-orang yang memiliki tingkat intelektual yang baik untuk diajak berdiskusi dan mewakili aspirasi dari massa pendemo.

Mengincar Mimpi

Ada pepatah yang bilang bahwa kejarlah mimpimu setinggi langit. Hal ini bisa diartikan bahwa kamu boleh bermimpi setinggi-tingginya, tetapi jangan lupa untuk tetap berpikir rasional dan realistis.

Bila mimpimu adalah ingin menjadi seorang dokter, tentu saja, kamu perlu mengenyam pendidikan kedokteran hingga ke jenjang pendidikan paling tinggi sekalipun.

Inilah alasan pentingnya pendidikan, agar kamu bisa setidaknya mengejar mimpi dan cita-citamu nantinya. Walaupun, terkadang ekspektasi tidak sejalan dengan realita yang terjadi. Oleh sebab itu, kamu boleh bermimpi setinggi-tingginya, namun harus tetap pada batas yang wajar.

Mandiri

Pentingnya pendidikan bisa melatih dirimu menjadi pribadi yang mandiri. Sebab, cepat atau lambat kamu akan mulai berkeluarga dengan memiliki seorang istri dan juga anak. Apalagi, kamu adalah seorang laki-laki yang akan menjadi kepala keluarga nantinya.

Dengan memiliki pendidikan yang tinggi, diharapkan kamu bisa memiliki jenjang karir yang baik di perusahaan dan menempati posisi strategis. Sehingga, kamu bisa menghasilkan penghasilan yang lumayan besar untuk membiayai kehidupanmu sehari-hari, tanpa bergantung kepada orang tua lagi.

Memperbaiki Generasi

Setiap orang tua pasti tidak mau melihat anaknya mengalami nasib yang sama dengan mereka. Salah satunya yakni melatih dan mengajari mereka untuk menjadi orang yang berpendidikan. Dengan menyekolahkan mereka hingga menempuh pendidikan setinggi-tingginya dan dapat memperbaiki roda perekonomian keluarga tentunya.

Memiliki Pola Pikir Terbuka

Sebagai orang berpendidikan, kamu pasti bisa melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang. Sifat inilah yang dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini, bila kamu ingin menjadi seorang pemimpin di masa depan.

Karena dengan cara berpikir terbuka, kamu bisa melihat dan menilai suatu kejadian yang terjadi secara obyektif, dan bukannya subjektif untuk kepentingan bersama. Selain itu, kamu juga tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain, bahkan diadu domba dengan pihak lain.

Selalu Ingin Belajar

Pentingnya pendidikan juga mengajarkan kita untuk selalu menjadi pribadi yang suka belajar dan belajar. Sebab, semasa hidup kita akan selalu mempelajari suatu hal yang baru. Sehingga, orang berpendidikan akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan sesuatu hal yang dianggap baru. Sehingga, kamu tidak akan menempatkan dirimu sebagai orang yang selalu benar dan pintar di semua situasi dan kondisi yang terjadi.

Lantas, kamu akan mudah berbaur dengan orang lain yang berada di lingkungan baru sekalipun.

Demikianlah pentingnya pendidikan bagi generasi milenial saat ini. Selain bermanfaat untuk menunjang karirmu, ternyata pendidikan juga sangat membantu dirimu untuk menjadi pribadi yang disenangi oleh banyak orang.  

Artikel Terkait