Bisnis & Kerja Sampingan, Emas, Investor Pemula

Apa Itu Emas Mini dan Kenapa Perlu Menginvestasikannya?

apa-itu-emas-mini

Di antara berbagai bentuk emas seperti sertifikat emas dan perhiasan, ada satu jenis emas yang muncul ke permukaan yaitu emas mini. Untuk menjawab apa itu emas mini, maka hampir tak mungkin membahas investasi emas secara keseluruhan. Tak dapat dipungkiri, selain investasi saham dan investasi reksa dana, investasi emas terus berkembang ke arah yang positif. Alasan utama, selain sudah banyak kanal untuk melakukan investasi ini, adalah karena investasi emas menawarkan risiko yang minim karena faktor harga emas yang cenderung stabil. Lalu jenis emang apa ini sebenarnya? dan kenapa logam mulia ini sangat populer untuk dijadikan investasi emas? Simak ulasan berikut ini.

Apa Emas Mini Aman?

Emas mini adalah sarana untuk memiliki emas Antam dengan jumlah gram yang kecil, sehingga untuk memilikinya kamu tidak perlu lagi mencicil atau menabung. Sekarang kamu bisa membelinya dengan jumlah gram yang lebih kecil. Karena bentuknya yang mini. kamu hanya perlu mengeluarkan uang di bawah Rp100.000 untuk memiliki produk emas seberat 0,1 gram.

Menurut Leo Sastra Chandra Winata selaku CEO PT ODC Inter Rotasi (ODC Enterprise) yang menjadi pemilik hak distribusi eksklusif emas mini PT Juliana Shafira Gemilang (JSG) mengatakan bahwa menabung atau mencicil emas bukalah solusi yang tepat untuk mendapatkan emas secara langsung.

Namun, dengan adanya emas versi mini inilah konsumen bisa mengumpulkan emas cukup banyak, dan dapat ditukarkan dengan produk emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dengan ukuran yang setara kepada pihak ODC Enterprise. Misalnya, kamu membeli produk emas ini seberat 0,1 gram sebanyak 10, kamu bisa menukarkannya dengan emas Antam 1 gram di ODC Enterprise.

Paling Kecil di Dunia

Jika berbicara investasi emas, maka ada beberapa bentuk yang ada. Jika kamu merasa takut untuk menyimpan emas nyata seorang diri, maka opsi yang cocok untuk kamu adalah sertifikat emas. Namun, jika kamu merasa membutuhkan emas untuk jaga-jaga, maka emas nyata seperti perhiasan adalah jawaban untuk kamu.

Nah, emas mini adalah kategori yang kedua. Meskipun merupakan emas fisik, namun emas mini sangat aman karena berukuran sangat kecil dan bisa dimasukkan ke dalam dompet kamu. Sehingga kekhawatiran kamu bahwa emas ini rawan untuk dicuri bisa kamu lupakan sekarang juga

Diperuntukkan Untuk 3 Lini Produk

Emas mini yang dikeluarkan ODC Enterprise ini diperuntukkan untuk 3 lini, yaitu produk, konsumen dan toko. Keberadaan emas mini adalah jawaban untuk pasar investasi emas yang menginginkan produk yang baru. Pada lini produk, mini emas bisa menjadi tambahan dari produk yang ada yaitu emas batangan dan emas perhiasan. Sementara di lini konsumen, biasanya mereka ingin membeli emas dengan uang tunai atau bisa juga dengan mencicil. Dan yang terakhir, toko mempunyai 2 program yaitu menjual atau buyback. Keberadaan emas mini bisa berada pada lini produk.

Bisa Dibawa Pulang Meski Dicicil

Salah satu fitur kamulan dari emas mini adalah emas ini bisa dibawa pulang meski kamu mencicil. Dalam dunia investasi emas, biasanya seorang investor hanya membeli legalitas emas entah dalam bentuk sertifikat atau apapun tanpa membawa pulang emasnya. Nah, ini berbeda dengan emas mini yang bisa kamu bawa pulang meski dicicil [ataupun membelinya dalam jumlah yang kecil. Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal mencari konter yang bekerjasama untuk mendistribusikan emas mini dan membelinya di sana.

Setelah kamu membeli emas mini, misalnya 0,1 gram sebanyak 5 kali, kamu selalu bisa ke toko emas untuk menukar dengan produk emas lainnya, seperti emas Antam yang memiliki berat 5 gram. Tanpa tambahan biaya apapun.

Keunggulan Emas Mini Menurut ODC Enterprise

Menurut ODC Enterprise, melakukan investasi emas mini memiliki berbagai macam keuntungan seperti berikut ini:

a. Emas mini diklaim sebagai sarana memiliki emas Antam paling aman dan mudah.

b. Emas mini diproduksi oleh perusahaan kerajinan logam mulia berstandar Dubai, Hong Kong, dan Taiwan selama 15 tahun.

c. Emas telah diuji PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo).

d. Sesuai fatwa DSN MUI Nomor 77 tentang penjualan emas.

e. Potensi pembeli emas mini yang sangat besar.

f. Bisnis emas batangan mmenjadi bisnis anti bangkrut, karena akan selalu memberikan keuntungan, baik saat menjual atau membeli kembali, tidak mengenal kedaluwarsa.

Fakta Meragukan dari Perusahaan JSG

Karena maraknya investasi ini, Kontan pernag menelusuri langsung keberadaan JSG selaku produsen emas mini. Menurut Data Ditjen AHU Kementerian Hukum dan HAM, saham perusahaan ini dimiliki oleh Jhoni Hendra sebagai komisaris dan Yunice Sandjaja selaku direktur, dengan porsi kepemilikan saham masing-masing 50%. Di mana, modal dasar yang disetorkan berjumlah masing-masing Rp2 miliar.

Menurut Jhoni, perusahaan ini telah memproduksi emas sejak beberapa waktu terakhir. Di mana, bahan baku emas ia peroleh langsung dari lelang di Pegadaian, serta membeli emas bekas dari sejumlah toko emas di kawasan Jakarta. Selanjutnya, bahan baku tersebut dimurnikan dan dicetak sesuai pesanan.

Terkait sertifikasi keaslian dan kadar emas yang diproduksi perusahaan tersebut, Jhoni menegaskan pihaknya telah melakukan pengujian di Sucofindo pada akhir 2017 dengan hasil pengujian nomor sertifikat 39814/GBBPAK tertanggal 27 Desember 2017. Di mana, hasil pengujian tersebut memiliki kadar kemurnian 99,23%. Namun pengujian yang dilakukan saat ini merupakan pengujian atas emas seberat 1 kg. Dan faktanya, tidak ada bukti yang menunjukkan setiap produk emas JSG yang dipasarkan telah melewati pengujian dan tersertifikasi.

Hingga saat ini, ODC Enterprise perusahaan yang bertanggung jawab memasarkan produk ini mengatakan bahwa ODC telah memiliki sekitar 1.400 distributor di seluruh Indonesia. Di mana, seorang distributor wajib membeli paket awal seberat 7 gram.

Pendapat Mengenai Perusahaan JSG

Menurut Arie Prabowo Ariotedjo, Direktur Utama Antam mengatakan bahwa perusahaan tambang tu tidak berminat menjual emas seberat 0,1 gram dengan alasan terlalu kecil. Sedangkan menurut Yosep Purnama, Vice President Marketing Antam mengatakan pihaknya sama sekali tidak mengetahui dan tidak pernah bekerja sama dengan pihak JSG dan tidak mengetahui track record JSG sebagai produsen logam mulia.

Selain itu, Yosep juga menyarankan masyarakat untuk waspada, karena tidak semua yang berkilau adalah emas. Lalu bagaimana dengan pengujian kemurnian perusahan JSG? Disinilah Yosep menjelaskan pengetahuannya dengan membandungkan dengan produk Antam yang memiliki kadar kemurnian sebesar 99,99% untuk emas 24 karat. Di mana, ia juga menjelaskan bahwa menurut pengetahiannya, Sucofindo selama ini hanya melakukan pengujian atas produk base metal atau logam dasar.

Klarifikasi Sucofindo & MUI

Dalam memasarkan produk ini, perusahaan JSG selalu menempatkan logo Sucofindo di setiap kemasannya, beserta lembar hasil pengujian yang ditulis dalam situs emas mini. Namun faktanya, saat pengujian, Sucofindo hanya melakukan pengujian produk emas milik PT Juliana Shafira Gemilang berupa sampel yang dikirimkan pada Desember 2017. Artinya Sucofindo hanya melakukan pengujian atas sampel hantaran saja, tidak atas seluruh produk yang kemudian diproduksi.

Selain itu, pemasangan logo halal pada kemasan produk emas mini juga diklarifikasi oleh pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI). Di mana, klarifikasi tersebut menyatakan tidak memiliki kerja sama dengan Juliana Safira dan ODC Enterprise.

Jadi, sebelum kamu memulai investasi ini, perhatikan dulu ya, jangan asal percaya. Nah, bagi kamu yang ingin memulai investasi dengan modal yang minim dan tidak bisa membeli emas logam mulia, alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah investasi reksa dana. Dengan investasi reksa dana, kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal Rp10 ribu rupiah. Yuk mulai transaksi pembelian unit reksa danamu sekarang di Ajaib!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Artikel Terkait