Milenial, Perencanaan Keuangan

Anak Rantau Dilarang Boros! Berikut Tips Mengatur Keuangan

Sumber: Shutterstock

Ajaib.co.id – Menjadi orang sukses dengan pekerjaan dan kehidupan yang mapan merupakan tujuan hampir setiap orang, tidak terkecuali para anak rantau. Di mana, mereka memutuskan untuk mengejar cita-cita dan impian dengan menempuh pendidikan yang jauh dari asal mereka. Mulai dari luar kota, luar provinsi, luar pulau, hingga luar negeri sekalipun.

Hidup jauh dari keluarga alias mandiri terkadang menjadi tantangan yang harus dilalui setiap anak rantau ketika menimba ilmu. Selain itu, masalah lainnya bagi anak rantau adalah bagaimana cara mengatur keuangan pribadi secara baik dan tepat. Apalagi jika kamu sebagai anak rantau hanya mengandalkan keuangan yang diberikan oleh orang tua setiap bulannya.

Kamu harus pintar-pintar mengatur keuangan untuk biaya hidup, seperti kebutuhan sewa kos, makan sehari-hari, transportasi, biaya hiburan, dan kebutuhan lainnya. Sebisa mungkin untuk mengatur keuangan secara seimbang seperti jangan terlalu boros dan terlalu hemat. Misalnya saja pada uang makan, karena alasan irit dan hemat, kamu harus mengurangi jatah makan. Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatur keuangan sebagai anak rantau.

Membuat Rencana Pengeluaran dalam Sebulan

Bagi kamu yang hanya mengandalkan uang jajan dari orang tua saja, harus pintar-pintar dalam mengaturnya. Uang bulanan yang biasa diberikan di awal bulan untuk kebutuhan kamu jangan dianggap sebagai uang besar yang dimiliki. Pasalnya, uang tersebut harus kamu bagi selama 1 bulan untuk memenuhi kebutuhan.

Oleh karena itu, buatlah rencana pengeluaran wajib yang harus kamu penuhi dalam satu bulan. Hal ini meliputi biaya sewa tempat kos, biaya untuk makan sehari-hari, biaya hiburan, dan kebutuhan lainnya. Perencanaan ini wajib kamu lakukan agar uang yang dimiliki tidak habis di tengah jalan dan cukup hingga akhir bulan. Bahkan jika perlu sisa uang bulanan dapat kamu simpan untuk kebutuhan di masa mendatang.

Kamu bisa memulainya dengan memisahkan uang bulanan untuk membayar biaya kos. Lalu, siapkan daftar belanja kebutuhan seperti sabun, sampo, pasta gigi, pulsa telepon, internet, dan kebutuhan lainnya untuk penggunaan satu bulan. Setelah itu kamu bisa mulai menghitung biaya makan yang wajib kamu keluarkan setiap harinya dan pisahkan uang untuk kebutuhan makan.

Jangan lupa juga untuk memisahkan uang pengeluaran biaya transportasi setiap harinya. Setelah itu, kamu dapat menggunakan sisa dari pengeluaran yang wajib untuk digunakan sebagai hiburan. Pastinya kamu butuh jalan-jalan dan hangout dengan teman-teman pastinya. Mengingat, kamu anak rantau yang masih dibiayai oleh orang tua, kamu bisa memilih tempat hangout yang tentunya ramah di kantong.

Memantau Pengeluaran secara Rutin

Bagi kebanyakan anak rantau, mengelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan dalam satu bulan memang cukup semangat saat dilakukan di awal. Namun, di beberapa minggu berikutnya, hal tersebut sering kali lupa dilakukan alias kebablasan. Misalnya saja, sedang ingin jajan minuman atau ingin nongkrong di suatu kafe tertentu.

Tanpa disadari hal tersebut dilakukan beberapa kali dan membuat keuangan berkurang tidak sesuai dengan perhitungan. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus terus memantau pengeluaran secara rutin. Kamu bisa melakukannya setiap minggu atau dua minggu sekali. Hal ini dilakukan agar kamu dapat terbiasa, serta untuk mengetahui berapa banyak pengeluaran yang biasa dihabiskan.

Masak Makanan Sendiri

Untuk mengurangi pengeluaran, kamu bisa memasak makanan untuk kebutuhan sehari-sehari secara sendiri. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memiliki alat perlengkapan masak ketika memutuskan kos atau tinggal sendiri. Kamu hanya perlu membeli bahan-bahan masakan yang dapat kamu jatah untuk satu hari makan.

Hal ini jelas akan menghemat pengeluaran makan kamu dalam satu hari. Misalnya saja dalam sehari kamu harus makan selama tiga kali dengan biaya 15 ribu sekali makan. Jika dikalikan 3, maka kamu harus mengeluarkan uang sebanyak 35 ribu. Beda halnya jika kamu membeli bahan masakan yang biasanya menghabiskan uang sebesar 20-25 ribu untuk makan satu hari. Dengan begitu, kamu menghemat 10-15 ribu.

Biasakan untuk Jalan Kaki

Bagi kamu yang tinggal tidak jauh dari kampus, bisa memanfaatkan kegiatan jalan kaki untuk menuju kampus. Apalagi jika jarak yang ditempuh tidak begitu jauh sekitar 10-15 menit berjalan, maka kamu tidak perlu repot-repot mengeluarkan pengeluaran untuk biaya transportasi. Jika kamu memiliki teman yang membawa kendaraan ke kampus, kamu bisa meminta bantuannya untuk nebeng.

Memanfaatkan Promo saat Berbelanja

Sebagai anak rantau, langkah berikutnya dalam mengatur pengeluaran kamu adalah dengan memanfaatkan segala macam promo alias diskon. Misalnya saja, bagi kamu yang harus memanfaatkan alat transportasi berupa ojek online, maka kamu dapat mencari promo atau potongan harga untuk sekali jalan.

Selain itu, hal ini juga bisa kamu lakukan ketika akan berbelanja kebutuhan di minimarket, hangout dengan teman di kafe, atau belanja pakaian di mal. Jangan sampai kamu melewatkan penawaran diskon harga ketika berbelanja kebutuhan tersebut. Hal ini tentu bisa menjadi tips yang dilakukan dalam mengatur rencana keuangan.

Kerja Paruh Waktu

Salah satu cara mengatasi pengeluaran kamu dalam satu bulan adalah dengan menambah uang jajan yang dimiliki. Bagaimana caranya? Jawabannya tentu dengan bekerja. Nah, bagi anak rantau yang menimba ilmu di universitas, biasanya akan ada jam-jam kosong di beberapa tingkat mahasiswa. Jika misal dalam waktu satu minggu kamu hanya ada jam pelajaran sebanyak 2 hingga 3 hari, kamu bisa memanfaatkan sisa jam kosong tersebut dengan kerja paruh waktu.

Ada banyak pilihan kerja paruh waktu yang sesuai dengan para mahasiswa. Mulai dari menjadi barista, kasir di beberapa toko, magang, dan masih banyak lainnya. Pastinya, pekerjaan tersebut tidak sama sekali mengganggu waktu kuliah karena kuliah lah yang menjadi prioritas.

Nah, sebagai anak rantau, kamu dituntut untuk bisa hidup mandiri dan mengatur keuangan agar cukup dalam satu bulan. Selain mengatur keuangan, kamu juga harus memulai untuk menyimpan uang yang dimiliki dengan cara menabung. Apalagi jika kamu kuliah sambil bekerja, uang jajan yang dimiliki bertambah dari penghasilan paruh waktu.

Kamu bisa mulai menyisihkan sisa penghasilan untuk berinvestasi beberapa instrumen seperti reksa dana. Apalagi kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara mudah melalui aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen reksa dana. Dengan berinvestasi reksa dana di Ajaib, kamu sudah mulai merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang.

Kamu bisa memilih jenis reksa dana yang menghasilkan keuntungan seperti reksa dana pasar uang, reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, dan jenis reksa dana lainnya. Jadi tunggu apalagi, yuk download aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk memulai investasi reksa dana sekarang.

Artikel Terkait