Reksa Dana

Yuk, Cari Tahu Potensi Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana

Potensi Keuntungan

Ajaib.co.id – Bagi para calon investor baru yang ingin menggunakan uangnya untuk investasi mungkin akan bingung, selain instrumennya yang beragam mana yang lebih menguntungkan.

Namun, selain melihat keuntungan, bagi kamu yang baru ingin berinvestasi harus melihat seberapa besar risiko yang dihadapi. Karena investasi butuh teknik dan analisa tajam untuk bisa mendapatkan keuntungan dan bukan seperti judi yang mengandalkan insting semata.

Sembari kamu belajar dan mengasah kemampuanmu dalam berinvestasi, instrumen investasi yang cocok untuk pemula adalah reksa dana. Lalu, bagaimana potensi keuntungan reksa dana dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, seperti saham?

Nah, kamu tepat membaca artikel ini. Karena di sini akan dikupas tentang keuntungan dan risiko investasi reksa dana secara lengkap.

Mengenal Investasi Reksa Dana

Reksa dana sendiri artinya adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal untuk kemudian diinvestasikan ke dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Reksa dana ini sangat tepat sebagai alternatif buat kamu yang ingin berinvestasi tetapi tidak memiliki cukup waktu dan keahlian untuk menghitung potensi keuntungan dan risiko atas investasinya sendiri.

Selain itu, adanya reksa dana ini diharapkan juga semakin banyak pemodal lokal yang aktif untuk melakukan investasi di pasar modal Indonesia. Nah, karena ada manajer investasi yang membantumu mengelola dana investasi milikmu jelas jadi keuntungan tersendiri. Kamu pun bisa sembari belajar menganalisa hasil laporan investasi milikmu yang akan dikirimkan secara rutin oleh manajer investasi.

Sementara potensi risiko dan keuntungan reksa dana ini berbeda-beda tergantung jenisnya. Secara umum reksa dana dibagi ke dalam empat jenis, yaitu:

1.    Reksa Dana Pasar Uang

Jenis reksa dana satu ini investasi yang masa jatuh temponya kurang dari satu tahun, di mana bentuk investasi reksa dana ini berupa deposito berjangka, sertifikat Bank Indonesia, Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) dan lainnya. Risiko reksa dana pasar uang relatif rendah dibandingkan dengan jenis lainnya. Adanya reksa dana pasar uang bertujuan untuk menjaga likuiditas dan juga memelihara modal tetap berjalan.

2.    Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap berarti menginvestasikan sekitar 80% atau mayoritas dananya dialihkan ke obligasi. Sedangkan sisanya lagi, akan dialokasikan ke instrumen pasar uang yang lebih stabil pergerakannya. Reksa dana pendapatan tetap menawarkan bunga yang cukup besar mencapai 10% lebih dalam jangka waktu setahun dengan risiko yang minim.

Daripada uang kamu dialokasikan ke dalam deposito, lebih baik ke reksa dana pendapatan tetap karena potensi keuntungannya lebih baik.

3.    Reksa Dana Saham

Dari namanya sudah pasti bahwa reksa dana saham ini mengalokasikan mayoritas dana investasi ke dalam bentuk saham. Namun, reksa dana saham memiliki risiko yang relatif tinggi dibandingkan reksa dana pendapatan tetap ataupun pasar uang. Akan tetapi, keuntungan yang akan kamu dapatkan pun juga besar sebanding dengan risikonya mencapai 12% per tahun.

4.    Reksa Dana Campuran

Reksa dana campuran merupakan jenis reksa dana yang akan menginvestasikan dana pemodal ke dalam berbagai portofolio, bisa dalam bentuk saham, obligasi, maupun pasar uang. Sementara risikonya bisa dibilang moderat atau menengah, namun imbal hasilnya bisa lebih dari 10% per tahun. Return yang didapat masih lebih tinggi daripada reksa dana pendapatan tetap.

Keuntungan Investasi Reksa Dana

Beberapa tahun belakangan ini, reksa dana jadi salah satu instrumen investasi yang cukup populer selain saham dan emas. Hal itu tidak terlepas dari potensi keuntungan yang sangat pas untuk di zaman sekarang ini, khususnya generasi milenial yang tidak ingin serba ringkas dan mudah.

1.    Mudah Untuk Dipelajari

Reksa dana ini merupakan produk investasi yang mudah dimengerti dan dapat langsung dipraktikkan. Sementara transaksinya terkait trade atau sell tidak perlu dilakukan sendiri tapi oleh manajer investasi.

Kamu akan mendapat kiriman dari manajer investasi setiap bulannya dan di situ kamu bisa belajar menganalisa sejauh mana keuntungan yang kamu terima. Buat yang masih awam dan belum cukup pengetahuan di bidang pasar modal, investasi reksa dana alternatif yang tepat.

2.    Setoran Modal Awal Kecil

Reksa dana memungkinkan kamu yang ingin berinvestasi bisa dilakukan dengan modal yang rendah mulai dari Rp10.000. Jika ada uang lebih kamu bisa meningkatkan setoran investasimu tiap bulan supaya keuntungannya makin besar.

Cara seperti ini akan membuat kamu dapat memiliki saham unggulan dengan dana yang tidak terlalu besar, menarik bukan. Jika kamu rutin setiap bulannya untuk investasi reksa dana, niscaya hasilnya yang melimpah akan bisa kamu nikmati di kemudian hari.

3.    Risikonya Rendah

Sebetulnya salah satu cara untuk menurunkan tingkat risiko dalam berinvestasi adalah dengan mendiversifikasikan portofolio investasi, artinya tidak menempatkan modal hanya ke dalam satu jenis investasi saja. Inilah yang dilakukan jika kamu berinvestasi reksa dana, uang yang kamu investasikan tidak terfokus pada satu instrumen investasi.

Perlu diingat bahwa dalam berinvestasi ada dua risiko, yaitu gain dan loss. Di reksa dana, uang investasimu aman dan inilah kenapa risiko investasi reksa dana rendah.

4.    Dibantu Tenaga Profesional

Bagi para pemula tidak perlu pusing-pusing menganalisa sendiri investasinya karena di reksa dana, investasi terkelola dengan baik oleh ahlinya. Manajer investasi ini yang nantinya akan mengelola dana investasi kamu, mendesain portofolio, membuat strategi yang tepat, serta mengarahkan kamu langkah-langkah investasinya.

5.    Dana yang Dikelola Aman dan Transparan

Manajer investasi akan menggunakan dana milik kamu untuk membuka segala transaksi. Misalnya saja seperti perkembangan portofolio, biaya, dan risiko laporan keuangan perusahaan manajer investasi juga akan diberitahukan setiap tahunnya. Dari sini kamu dapat memonitor bagaimana perkembangan investasi milik kamu.

Bagaimana? sudah paham kan dengan potensi keuntungan yang dimiliki reksa dana? Dengan sistem yang mudah, kamu bisa berinvestasi tanpa harus bersusah payah memantau 24 jam sendiri seperti saham. Apalagi sekarang ini sudah kamu bisa investasi reksa dana hanya melalui smartphone dan salah satu aplikasi yang bisa diandalkan adalah Ajaib.

Ya, Ajaib ini salah satu aplikasi investasi reksa dana dan trading saham yang terpercaya dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ada berbagai pilihan produk reksa dana beserta persentase return yang bakal kamu terima per tahunnya, jadi kamu tinggal memutuskan sesuai tujuan keuanganmu. Sementara imbal hasil reksa dana yang ditawarkan di Ajaib bisa mencapai di atas 20%.

Jadi, tunggu apa lagi, bergabung dan berinvestasi sekarang juga dengan Ajaib!

Artikel Terkait