Investasi, Properti

Investasi Rumah Kontrakan VS Rumah Kos

Ajaib.co.id – Banyak yang bingung jika disuruh memilih investasi rumah kontrakan atau rumah kos. Apalagi jika Anda masih tergolong sebagai investor pemula. Namun jika tahu plus minus-nya, sepertinya akan mudah untuk memilihnya. Meskipun perlu diakui juga bahwa kedua jenis investasi properti ini memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. 

Sampai detik ini, properti masih menjadi salah satu instrumen investasi yang paling dilirik. Apalagi dengan semakin banyaknya investor pemula yang merasa lebih aman jika memilih investasi properti. Memang perlu diakui juga jika risiko investasi properti bisa dikatakan sangat minim. 

Di sisi lain, meskipun memiliki risiko minim, namun secara hasil cukup menggiurkan. Tetapi yang menjadi permasalahannya kemudian adalah masih banyak yang bingung saat harus memilih jenis properti untuk investasi. Semisal rumah kos atau kontrakan. 

Nah, untuk Anda yang kebetulan juga berada pada situasi yang sama dengan mereka, maka Anda bisa simak perbandingan keduanya pada ulasan kali ini. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah saat menentukan antara rumah kontrakan atau rumah kos. 

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Rumah Kos

Untuk Anda yang ada niatan berinvestasi rumah kos, penting untuk tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Hal seperti ini bisa dijadikan sebagai gambaran jika harus memilih antara investasi rumah kos atau kontrakan. 

Salah satu kelebihan dari investasi rumah kos adalah dari segi peminatnya yang masih cukup tinggi. Terlebih lagi di kota-kota besar. Atau di daerah-daerah lokasi strategis yang dekat dengan kawasan industri, perkantoran, dan universitas. 

Ketika Anda memilih investasi rumah kos, penghasilan rutin dan jangka panjang pun akan selalu Anda dapatkan. Minimal setiap sebulan sekali Anda akan menerima pemasukan dari para penyewa kamar kos Anda. 

Di sisi lain, perawatan rumah kos pun terbilang cukup mudah. Selain itu Anda pun bisa memperluas bisnis jenis lain di dekat rumah kos Anda. Misalnya saja seperti warung makan, laundry, toko, dan lain sebagainya. 

Meskipun rumah kos menjanjikan cukup banyak kelebihan, tetapi ada beberapa kekurangan yang harus Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Misalnya saja seperti butuh waktu dan tenaga tersendiri untuk mengatur kos. Mulai dari perawatan hingga perbaikan jika ada fasilitas kos yang rusak. 

Kemudian Anda dituntut untuk disiplin dan selalu mengingat setiap penyewa untuk menagih uang sewa. Pasalnya penagihan uang sewa biasanya dilakukan setiap beberapa bulan sekali. Bahkan ada yang sebulan sekali. Tergantung kebijakan dari pemilik kos.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Rumah Kontrakan 

Setelah Anda tahu apa kelebihan dan kekurangan investasi rumah kos, sekarang coba bandingkan dengan kelebihan dan kekurangan investasi kontrakan. Dengan demikian, Anda tidak akan bingung lagi memilih antara investasi rumah kos atau kontrakan. 

Dari segi market, market kontrakan bisa dikatakan lebih besar. Utamanya di kota-kota besar. Hal ini disebabkan kontrakan secara biaya sewa lebih murah. Selain itu kontrakan bisa ditempati satu keluarga atau banyak orang sekaligus. 

Keuntungan investasi rumah kontrakan selanjutnya adalah harga sewanya cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Dengan demikian, potensi keuntungan investasi kontrakan pun cenderung lebih besar. 

Uang sewa kontrakan umumnya dibayar dimuka. Dengan demikian, sebagai pemilik kontrakan Anda pun akan lebih mudah dalam mengontrol pembayarannya. Di sisi lain, keuntungan finansial pun lebih tinggi jika dibanding dengan properti jenis lain. Misalnya saja seperti tanah kosong. 

Kemudian dari segi perawatan pun bisa dibebankan kepada penyewa. Dan yang paling menarik adalah bisa digunakan sebagai jaminan jika ada keinginan untuk melakukan pinjaman ke bank. 

Sampai di sini pastinya Anda sudah memiliki sedikit gambaran antara investasi rumah kos atau kontrakan. Namun untuk Anda yang ada kecenderungan memilih rumah kontrakan sebagai pilihan investasinya, ada baiknya untuk melihat beberapa kekurangannya juga.  

Salah satu kekurangan dari jenis investasi properti ini adalah kondisi rumah menjadi taruhannya. Utamanya jika penyewanya kurang memiliki tanggung jawab dalam merawat rumah yang dikontrak tersebut. 

Selain itu, Anda perlu mengeluarkan dana yang cukup besar untuk merenovasi rumah kembali. Paling tidak setelah penyewa sebelumnya memutuskan untuk tidak memperpanjang waktu sewanya. 

Kemudian untuk Anda yang memilih investasi kontrakan, biaya investasi yang dibutuhkan untuk membangun rumah cenderung lebih besar. Terutama jika dibandingkan dengan investasi rumah kos. 

Selain itu, kontrakan memiliki risiko disalahgunakan untuk hal-hal yang negatif. Pasalnya kontrakan lebih privasi jika dibandingkan dengan rumah kos yang digunakan bersama. Oleh sebab itu penting juga untuk mempertimbangkan hal semacam ini. 

Jadi seperti itulah masing-masing kelebihan dan kekurangan investasi rumah kos dan kontrakan. Dalam hal ini Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kenyamanan dalam berinvestasi.  

Namun terlepas dari itu semua, hal yang paling penting sebenarnya adalah segeralah bergerak untuk memulai investasi. Meskipun secara usia Anda masih muda sekalipun. Justru investasi di usia muda lebih menjanjikan keuntungan yang lebih besar. 

Nah, jika Anda kurang berani untuk memilih jenis investasi dengan risiko besar, maka investasi properti bisa menjadi pilihan yang cukup cerdas. Apalagi investasi properti memang dikenal minim risiko. Tetapi di sisi lain menjanjikan keuntungan yang besar. 

Kemudian jika berbicara terkait dengan investasi properti, rasa-rasanya investasi rumah kos dan kontrakan adalah yang paling populer. Sekarang tentukan mana yang sekiranya lebih menguntungkan untuk Anda. Pasalnya antara investasi rumah kos maupun rumah kontrakan keduanya memiliki kelebihannya masing-masing.

Artikel Terkait