Dunia Kerja

9 Jenis Soft skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

soft-skill-yang-dibutuhkan-dalam-dunia-kerja

Ajaib.co.id – Terdapat beberapa macam soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Untuk mendukung perkembangan karier, sebaiknya kamu mengetahui apa saja jenis-jenis soft skill yang penting untuk dimiliki.

Sebelum membahas tentang berbagai contoh soft skill, pahami terlebih dahulu apa itu soft skill dan perbedaannya dengan hard skill. Kemampuan teknis atau hard skill adalah kecerdasan intelektual bersifat teknis yang biasanya dapat dipelajari di sekolah formal sesuai bidang pendidikan yang ditempuh.

Berbeda dengan hard skill, kemampuan nonteknis atau soft skill merupakan kemampuan yang berkaitan dengan kepribadian yang biasanya diasah dengan pengalaman. Soft skill ini tidak kalah pentingnya dengan hard skill.

Berikut ini 8 jenis soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

  • Komunikasi

Komunikasi bukan sekadar berbicara dengan orang lain. Kemampuan komunikasi yang efektif merupakan salah satu contoh soft skill yang penting untuk dimiliki guna menunjang kelancaran kariermu.

Kemampuan komunikasi mencakup kemampuan untuk mengirimkan pesan yang jelas dan dapat dipahami oleh orang lain serta kemampuan untuk memahami pesan yang disampaikan orang lain. Kurangnya kemampuan komunikasi sangat rentan menyebabkan terjadinya salah paham dan menghambat pekerjaan.

  • Empati dan Kemampuan Mendengarkan

Kemampuan mendengarkan dianggap sebagai bagian dari kemampuan komunikasi. Namun, banyak orang lebih mementingkan kemampuan untuk berbicara dibandingkan kemampuan mendengarkan. Padahal dua hal ini sama pentingnya.

Dengan menjadi pendengar yang baik, kamu bisa dapat informasi lebih jelas dan lengkap sehingga dapat menghadirkan rasa empati. Kemampuan nonteknis ini penting agar kamu dapat memahami keinginan pelanggan maupun rekan bisnismu.

  • Adaptasi

Kemampuan adaptasi atau dapat menyesuaikan diri dengan cepat merupakan salah satu jenis-jenis soft skill yang perlu ditingkatkan. Kompetensi nonteknis ini sangat penting untuk mempersingkat rasa tidak nyaman yang muncul saat dirimu menghadapi suasana baru.

Dunia kerja sangat dinamis sehingga perubahan-perubahan dapat terus terjadi. Untuk meningkatkan karier yang dimiliki, kamu perlu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Contoh perubahan yang kerap terjadi antara lain pindah kantor baru, bekerja dengan rekan baru, bertemu klien baru, pengaplikasian sistem kerja yang baru, dan lain-lain.

  • Kepemimpinan

Soft skill kepemimpinan atau leadership bukan hanya dibutuhkan oleh karyawan yang memiliki jabatan tinggi. Apa pun posisimu saat ini di kantor, sebaiknya kamu memiliki kemampuan untuk memimpin.

Kemampuan leadership dapat diasah mulai dari lingkup yang kecil sampai kemudian dapat memimpin dalam lingkup lebih besar. Kamu dapat mulai melatih kepemimpinan dari bangku sekolah, organisasi mahasiswa, dan komunitas di lingkunganmu.

  • Kreatif dan Inovatif

Soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja selanjutnya adalah kemampuan untuk berpikir serta bertindak yang kreatif dan inovatif. Persaingan dunia bisnis dan dunia kerja sangat ketat. Dibutuhkan orang-orang yang kreatif dan inovatif agar dapat memenangkan persaingan.

Orang yang kreatif dan inovatif dapat berpikir melampaui pemikiran kebanyakan orang. Sehingga dapat memunculkan ide-ide segar yang dapat menjadi jalan kesuksesan bagi perusahaan.

  • Berpikir Kritis

Contoh soft skill berikutnya adalah berpikir kritis. Dengan kemampuan nonteknis ini, kamu dapat menemukan alternatif-alternatif baru dari satu solusi yang ditawarkan. Sehingga akan lebih banyak peluang untuk mencapai tujuan perusahaan.

Kemampuan berpikir kritis juga dapat menjadi alarm bagi dirimu agar lebih waspada. Misalnya ketika membaca kontrak kerja sama, kamu akan lebih teliti dan mengkritisi jika ada poin yang bias. Hal ini dapat menghindarkanmu dari potensi fraud.

  • Memecahkan Masalah

Jenis-jenis soft skill yang perlu ditingkatkan selanjutnya adalah kemampuan problem solving atau memecahkan masalah. Dengan memiliki keahlian nonteknis ini kamu akan terbiasa dalam mencari solusi sehingga dapat lebih cepat dalam mengambil keputusan.

Sepanjang perjalanan karier seseorang, dapat dipastikan banyak masalah yang akan dihadapi. Masalah yang hadir tersebut tentu beraneka ragam dan membutuhkan solusi yang berbeda-beda. Memiliki kemampuan problem solving dapat membantu meningkatkan kariermu.

  • Disiplin

Dinamika bisnis bergerak cepat sehingga terbentuk tenggat waktu yang seolah saling berkejaran. Kompetensi nonteknis seperti kedisiplinan sangat penting untuk dimiliki agar pekerjaanmu tidak keteteran.

Kedisiplinan merupakan salah satu modal dasar untuk mencapai kesuksesan. Hal ini perlu dilatih dan dibiasakan mulai dari hal-hal yang kecil sampai ke yang besar. Misalnya selalu datang lebih awal ke kantor, tidak terlambat menghadiri rapat, menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu, dan lain-lain.

  • Etika Kerja

Peraturan perusahaan pada umumnya telah jelas tertulis dan harus dipatuhi oleh semua karyawan. Selain peraturan tersebut, ada juga peraturan tidak tertulis yang berlaku umum dalam dunia kerja yang disebut etika kerja.

Etika kerja termasuk contoh soft skill yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Kemampuan nonteknis ini dapat membantu melancarkan pengembangan karier di suatu perusahaan. Walaupun berlaku umum, etika kerja bisa jadi berbeda untuk perusahaan-perusahaan di daerah atau negara yang berbeda.

Itulah 9 jenis soft skill yang perlu dimiliki untuk membantu meningkatkan kariermu. Dalam dunia kerja, kamu perlu terus mengasah soft skill yang dimiliki agar kariermu dapat berkembang. Kamu juga dapat belajar untuk menambah soft skill baru dan mengikuti pelatihan untuk menguasai soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Artikel Terkait