Dunia Kerja, Milenial

Alasan Mengapa Soft Skill Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja

Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – Sebagai mahasiswa yang sebentar lagi akan lulus kuliah, kemampuan soft skill atau keterampilan lunak dari setiap mahasiswa memang perlu diasah agar tidak tumpul saat memasuki dunia kerja. 

Untuk mempersiapkan lulusan-lulusan yang siap terjun dalam dunia kerja. Pihak universitas memainkan peranan yang penting untuk meningkatkan soft skill dari masing-masing peserta didiknya. Bila kamu saat ini sudah lulus kuliah maupun sedang bekerja, tentunya kamu pasti tidak lupa dengan pengalaman kuliahmu selama 4 tahun.

Sepanjang semester 1 hingga semester 8, kamu bukan hanya mempelajari mata kuliah inti saja dari jurusan kuliah yang dipilih. Melainkan, universitas di mana kamu menempuh pendidikan pasti juga akan memberikan edukasi atau pelajaran yang berguna untuk mengasah keterampilan lunak.

Sebelum menempuh mata kuliah skripsi, para mahasiswa biasanya diwajibkan untuk mengikuti sebuah seminar yang bertemakan soft skill. Pada seminar tersebut, institusi pendidikan terkait akan mengundang sejumlah petinggi perusahaan terkemuka di Indonesia untuk memberikan wawasan maupun pengalamannya kepada mahasiswa untuk menghadapi kerasnya dunia kerja. 

Salah satu topik yang selalu menjadi perbincangan hangat di acara seminar tersebut adalah pembahasan betapa pentingnya keterampilan lunak dalam menunjang karir seseorang. Bila seminar kampus itu bersifat wajib, tentunya kamu pasti bertanya-tanya sebenarnya apa sih soft skill itu?

Pengertian Soft skill dan Hard skill

Dalam dunia kerja, kita mengenal adanya hard skill dan soft skill. Kedua hal ini dapat menjadi penilaian seorang HRD saat ingin merekrut seorang karyawan baru. Hard skill bisa diartikan sebagai sebuah kemampuan spesifik yang perlu dimiliki oleh seorang karyawan.

Misalnya saja sebuah perusahaan teknologi ingin merekrut karyawan baru, namun calon karyawan tersebut harus memiliki kemampuan seperti menguasai bahasa pemrograman C++, Java, Python, dan lain sebagainya.

Sedangkan, soft skill adalah kemampuan seseorang untuk bisa menempatkan dirinya di tengah-tengah masyarakat. Agar dapat diterima di tengah-tengah masyarakat, kamu harus memiliki kemampuan yang cukup baik dalam hal beradaptasi dengan lingkungan baru, serta didukung dengan kemampuan komunikasi.

Mudah beradaptasi dan pandai berkomunikasi dengan orang lain adalah salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh seluruh karyawan di perusahaan. Hal ini diungkapkan oleh salah satu orang paling kaya di dunia yakni Warren Buffet, di mana ia mengatakan bahwa setiap orang perlu berinvestasi kepada dirinya sendiri, salah satunya yakni berinvestasi kepada kemampuan soft skill yakni komunikasi.

Kemampuan komunikasi saat ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Lantaran, ketika kamu bekerja di sebuah perusahaan, kamu tidak mungkin bekerja hanya sendirian saja. Melainkan, kamu pasti akan bekerja secara tim dengan berkolaborasi dengan rekan kerja lainnya untuk meraih tujuan perusahaan.

Dengan demikian, kamu pasti akan menemukan adanya perbedaan dari segi pandangan, pendapat, dan latar belakang dari masing-masing individu. Sehingga, kemampuan komunikasi dibutuhkan untuk menyatukan perbedaan tersebut.

Hard Skill Vs Soft skill, Mana yang Lebih Baik?

Baik itu hard skill dan soft skill adalah kombinasi yang dibutuhkan oleh seorang karyawan agar dapat memikat hati perusahaan. Namun, bagi seorang fresh graduate yang baru lulus kuliah dan belum memiliki pengalaman.

Soft skill menjadi hal yang diutamakan bagi seorang HRD saat akan merekrut calon karyawan yang belum memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Sedangkan, proses rekrutmen untuk mencari kandidat dengan status “pro hired”, biasanya pihak HRD lebih mengutamakan hard skill yang dimiliki dibanding soft skill.

Walaupun begitu, baik itu soft skill dan hard skill sama-sama penting. Coba saja kamu bayangkan, bagaimana jadinya jika seorang karyawan yang memiliki hard skill segudang namun kurang bisa berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja lainnya? Tentunya karyawan hebat tersebut akan sulit untuk bekerja sama dengan rekan kerja lainnya.

Soft skill yang Paling Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Berdasarkan ungkapan yang dilontarkan oleh Warren Buffet di artikel ini bahwa komunikasi itu penting, namun komunikasi bukanlah satu-satunya keterampilan lunak yang dibutuhkan saat ini. Kita sebagai anak muda yang masih memiliki karir yang panjang dalam dunia kerja, pastinya ingin memiliki karir yang cemerlang di perusahaan.

Dari sekian banyaknya soft skill yang dibutuhkan di luar sana, setidaknya kamu bisa berfokus pada 5 soft skill berikut ini. Mau tahu apa sajakah itu? Yuk kita simak informasinya di bawah ini.

  • Kreativitas

Kreativitas menjadi salah satu soft skill yang perlu dimiliki oleh setiap karyawan di perusahaan saat ini. Dengan kreativitas yang tinggi, karyawan dapat bekerja secara lebih cepat dan fleksibel karena tidak terpaku pada satu cara saja, melainkan memiliki banyak cara untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Ide segar yang dituangkan dalam sebuah pertemuan dengan rekan kerja dan atasanmu dapat memberikan perubahan yang besar bagi perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa dinilai oleh perusahaan sebagai pembeda dan memperbesar peluangmu untuk menduduki posisi yang lebih baik di mana tempatmu bekerja. 

  • Mudah Beradaptasi

Semua perusahaan pastinya mencari karyawan yang peka terhadap perubahan dan dapat mengikuti perubahan tersebut. Umumnya, kemampuan ini dimiliki oleh generasi muda yang bekerja di perusahaan. Dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, kamu bisa lebih cepat untuk menyesuaikan diri dengan teman baru, serta budaya perusahaan.

  • Kecerdasan Emosional

Memiliki kontrol emosi yang baik membuat seorang karyawan dapat berpikir secara jernih. Di mana, kamu bisa menganggap bahwa kritikan dari atasan maupun rekan kerja merupakan suatu kritikan yang membangun, dan bukannya malah mengecilkan hatimu.

  • Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar yang baik adalah soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Lantaran, ketika kamu menjadi seorang pendengar yang baik, kamu bisa menjadi seorang teman curhat yang baik. 

Tentunya hal ini menjadi keuntungan tersendiri ketika kamu menempatkan diri di tengah-tengah karyawan lainnya di perusahaan. Sehingga, kamu bisa dianggap sebagai sosok karyawan yang menyenangkan di mata karyawan lainnya.

  • Mudah Bekerja Sama

Bekerja seorang diri memiliki risiko, di mana kamu perlu menanggung seluruh kesalahan kerja yang diperbuat. Sedangkan, kamu bisa mengurangi risiko tersebut dengan menjalin kerjasama dengan orang lain. Hal ini berlaku saat kamu bekerja di sebuah perusahaan, kemampuan mudah untuk bekerja sama dalam sebuah tim adalah salah satu hal yang paling dicari oleh perusahaan saat ingin merekrut seorang karyawan.

Kelima soft skill di atas bisa kamu asah dan pelajari dengan terus belajar, mulai mengatur manajemen waktu dengan baik, dan sharing knowledge dengan orang yang lebih berpengalaman. Dengan cara tersebut, kamu sudah melatih soft skill yang benar-benar dibutuhkan untuk menjadi top talent di dunia kerja.

Artikel Terkait