Milenial

9 Barang Sehari-hari yang Wajib Dibawa Selama Pandemi

Ajaib.co.id – Hidup harus tetap berjalan meski pandemi virus corona (COVID-19) masih berlangsung. Buat kamu yang harus kerja di kantor, bawa sembilan barang sehari-hari penting ini selama masa pandemi COVID-19. Tujuannya agar kamu terhindar dari COVID-19.

Meski DKI Jakarta masih memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi, tetapi tak sedikit perusahaan yang telah mengharuskan karyawannya untuk kembali bekerja di kantor. Namun ada pula yang memberlakukan sistem kerja shift serta yang menerapkan work from home (WFH).

Jika tempat kerjamu telah menginstruksikan kembali bekerja di kantor, mau tak mau kamu sebagai karyawan harus menaatinya. Namun kamu jangan lengah untuk menjaga kesehatan. Karena tubuh sehat adalah aset yang sangat penting dalam hidup. Kamu bisa pergi bekerja dengan aman. Asal menerapkan protokol kesehatan.

Barang Sehari-hari yang harus Dibawa

Jika kamu harus keluar rumah, entah untuk belanja atau pergi ke kantor, bawa barang sehari-hari yang berfungsi untuk melindungi dirimu selama pandemi. Cek daftarnya.

Tas New Normal

Sebenarnya kamu tak perlu membeli tas baru. Asal bentuk tasmu seperti tas new normal. Penggunaan tas ini bertujuan agar pengguna mudah mengambil dan menyimpan barang esensial untuk mencegah COVID-19. Sehingga ia tak perlu mengaduk-aduk isi tas ketika ingin mengambil cairan pencuci tangan.

Bahkan Achmad Yurianto, yang saat itu menjadi juru bicara Penanganan Virus Corona, mengatakan masyarakat yang menggunakan tas siaga COVID-19 agar tetap aman dari penularan virus, Kompas.com (05/06/2020).

Tas new normal atau tas siaga COVID-19 bisa berbentuk tas jinjing (tote bag) dan tas punggung (backpack). Untuk tas punggung, paling tidak tas memiliki tiga kompartemen di depan serta satu kompartemen masing-masing di samping kanan dan kiri. Kalau kamu punya tas seperti itu, gunakan saja.

Untuk tas jinjing lebih banyak kompartemen pada bagian depan. Kompartemen sebagai wadah tisu kering, dua tempat untuk botol kecil (cairan cuci tangan dan semprotan disinfektan), serta tiga kompartemen untuk benda lainnya.

Masker 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan kepada masyarakat agar menggunakan masker ketika di luar rumah. Misal berbelanja, ke rumah tetangga, ke kantor, dan ke manapun perginya. Karena masker dapat melindungi pemakai dan orang lain dari percikan air dari mulut dan hidung.

Jadi benda sehari-hari yang harus dibawa selama pandemi adalah masker. Bawa satu atau dua masker cadangan yang disimpan di kantong masker, lalu letakkan di kompartemen depan. Bawa juga kantong untuk masker kotor.

Cairan Pembersih Tangan

Barang sehari-hari selanjutnya yang tak boleh ditinggalkan adalah cairan pembersih tangan. Selama pandemi, masyarakat disarankan untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan di bawah air mengalir. Jika di sekitarmu tak ada sabun dan air, pakailah cairan pencuci tangan.

Bawa satu atau dua buah cairan pembersih tangan dengan komposisi alkohol minimal 70 persen. Jika kulit tanganmu sensitif, pilih cairan yang mengandung alkohol sekaligus pelembab.

Semprotan Disinfektan

Untuk perlindungan ekstra, bawa semprotan disinfektan. Kamu bisa menggunakannya untuk menyemprot meja, kursi, alat tulis, dan benda di sekitarnya. Sekarang sudah banyak semprotan disinfektan yang khusus kain, jadi bisa disemprotkan pada sepatu, tas, dan jaket. Sehingga tekstur dan warna kain tetap awet.

Tisu Kering dan Basah

Dua barang sehari-hari ini ini jangan sampai terlewatkan. Tisu basah bisa untuk mengeringkan tangan setelah cuci tangan, mendorong pintu, memegang gagang kulkas, lalu langsung buang ke tempat sampah. Sedangkan tisu basah, sebaiknya pilih yang mengandung antiseptik.

Obat dan Multivitamin

Biasanya setiap kantor selalu menyediakan obat-obat dan multivitamin bagi karyawannya. Namun selama pandemi, lebih baik kamu membawanya dari rumah. Obat-obatan sebagai pertolongan pertama seperti obat luar dan plester luka, obat diare, serta minuman herbal untuk masuk angin. Bawa pula multivitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Makanan dan Minuman

Masukkan makanan dan minuman ke dalam daftar benda sehari-hari. Selama pandemi, sebaiknya bawa makanan dan minuman dari rumah. Dengan demikian kamu bisa menghemat, menghindari kerumunan di kantin, sekaligus membawa peralatan makan pribadi yang tahu kondisi kebersihannya. Bawa bekal makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan serat.

Kalau kantormu memberikan fasilitas katering, cukup bawa sendok dan garpu. Namun jika kamu tak sempat memasak, setidaknya bawa botol minuman dan wadah makanmu. Ketika harus membeli makanan di kantin, gunakan wadah makan, dan makan di kantor. Namun sebelum makan, bersihkan dulu permukaan wadah dengan tisu basah.

Peralatan Ibadah

Jangan coba-coba meminjam atau meminjamkan peralatan ibadahmu ke orang lain. Karena kamu tak tahu kondisi kesehatan serta perilakunya setiap hari. Sehingga pakai dan simpan peralatan ibadahmu hanya buat kamu.

Helm 

Bagi pengguna jasa ojek daring, jangan lupa untuk membawa helm sendiri. Setelah memakainya, semprotkan disinfektan dan diangin-anginkan. Meski belum ada penelitian penularan COVID-19 dihasilkan dari helm, tetapi tak ada salahnya meningkatkan kebersihan. Kalau kamu membawa kendaraan pribadi, pastikan kendaraanmu bersih dan rutin mencucinya.

Selain sembilan barang sehari-hari yang wajib dibawa, kamu juga melakukan langkah-langkah pencegahan untuk memutus mata rantai COVID-19. Langkah tersebut:

  • Di rumah saja, jika tak ada jadwal kerja.
  • Cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah memegang sesuatu.
  • Hindari memegang wajah, hidung, mulut, mata, dan telinga. Kecuali setelah mencuci tangan.
  • Hindari bersalaman, berpelukan, atau bersentuhan dengan klien, sahabat, atau kerabat yang lama tak bertemu. Sebagai gantinya ucapkan salam ‘namaste’ atau tempelkan siku.
  • Jaga jarak sosial dan fisik minimal satu meter di manapun kamu berada.
  • Minimalisir menyambangi tempat umum. Jika terpaksa, kembali ke langkah awal memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan setelah sampai di rumah mandi dan langsung cuci bajumu.
  • Selalu bahagia. Karena kebahagiaan meningkatkan daya tahan tubuh.

Memang, barang bawaan dan langkah-langkah di atas terkesan merepotkan. Namun begitulah untuk mendapatkan tubuh dan mental yang sehat.

Artikel Terkait