Milenial

Cara Membuat Filter Instagram Kekinian Biar Makin Hits

Ajaib.co.id – Cara membuat filter Instagram dapat kamu pelajari agar dapat membuat konten yang kekinian dan makin hits. Tidak sulit untuk membuat filter Instagram menarik. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah.

Siapa sih yang tak kenal Instagram? Platform media sosial di bawah Facebook ini banyak digandrungi masyarakat, khususnya generasi muda. Bagaimana tidak, beragam fitur menarik mampu memanjakan penggunanya. Salah satunya adalah filter Instagram Story.

Filter Instagram ini dapat digunakan dalam Instagram Stories. Sejak muncul pertama kali pada 2016, fitur Instagram Stories semakin populer. Adanya Instagram Stories memungkinkan kita untuk membagikan momen apa saja kepada para followers di Instagram.

Pengembang pun membuat berbagai inovasi dalam Instagram Stories. Salah satunya adalah filter Instagram atau sering disebut filter IG. Banyaknya filter Instagram terbaru dan filter Instagram menarik yang bermunculan belakangan ini menambah daya tarik Instagram Stories.

Salah satu fitur di Instagram Stories yang tengah tren belakangan ini adalah filter AR atau Augmented Reality. Banyaknya ragam filter AR yang bisa digunakan mampu membuat Instagram Stories pengguna jadi semakin kece kekinian. Menariknya, saat ini Instagram telah memungkinkan para penggunanya untuk membuat filter AR-nya sendiri, lho. 

Ternyata, cara membuat filter Instagram cukup mudah, lho. Kamu tidak perlu terlalu jago di bidang programming untuk membuat filter Instagram lucu seperti yang ada di akun Instagram para selebgram.

Kamu cukup memakai aplikasi yang bernama Spark AR Studio. Aplikasi ini bisa kamu unduh gratis di internet. Setelahnya, kamu instal aplikasi tersebut di komputer kamu. Dengan aplikasi Spark AR Studio, kamu bisa membuat aneka AR filter Instagram terbaru sesuai keinginanmu. Kamu juga bisa membagikannya untuk seluruh pengguna Instagram. Lalu, bagaimana caranya?

Cara membuat Membuat Filter Instagram dengan Spark AR Studio

Cara membuat filter Instagram melalui aplikasi Spark AR Studio, kamu harus mengikuti beberapa langkah dibawah. Tentunya, semua langkah harus kamu lalui agar kamu berhasil membuat filter Instagram sesuai seleramu sendiri. Yuk langsung simak langkahnya!

Download dan instal aplikasi Spark AR Studio

Seperti dijelaskan diatas, aplikasi Spark AR Studio ini gratis. Artinya, kamu bisa download dari internet tanpa biaya. Setelah download, jangan lupa install di komputer kamu. Aplikasi Spark AR Studio ini bisa bekerja pada komputer atau laptop dengan sistem operasi minimal Windows 10 dan macOS Mojave 10.14 atau yang lebih tinggi.

Log In

Setelah aplikasi terpasang, kamu harus log in ke aplikasi Spark AR Studio. Kamu bisa log in dengan akun Facebook yang telah terhubung dengan akun Instagram di ponselmu.

Siapkan Objek

Objek yang dimaksud disini adalah foto dengan background transparan. Kamu bisa gunakan beberapa aplikasi pembuat foto transparan seperti Photoshop, Corel draw, atau aplikasi lainnya. Yang penting foto yang akan kamu gunakan tanpa latar belakang atau transparan. 

Foto transparan biasanya berbentuk PNG. Jadi pastikan jika edit foto, hilangkan background dan export menjadi PNG. Jika tidak mau edit foto, kamu bisa download foto PNG dari web penyedia gambar gratis.

Buka Aplikasi dan Create Project

Setelah aplikasi terbuka, kamu klik tombol Create Project. Tombol ini berfungsi untuk membuat halaman kerja baru untuk proses editing kamu.

Masukkan Objek pada Filter

Cara memasukkan objek cukup mudah. Klik pada bagian faceMesh0yang muncul pada bagian Scene, lalu beralihlah ke bagian Inspector (sebelah kanan layar). Klik kanan pada objek baru tersebut, lalu pilih Add, dan pilih Face Mesh untuk menambahkan model 3D yang akan merespons ekspresi wajah yang dilacak oleh Face Tracker.

Tambahkan Face Tracker

Face Tracker ini berfungsi agar filter yang kamu buat nantinya bisa digunakan oleh semua orang. Langkahnya, klik kanan di bagian manapun pada Panel Scene. Setelahnya klik Add, kemudian pilih Face Tracker. Klik kanan pada “faceTracker0”. Selanjutnya, klik Add dan pilih Plane lalu berikan nama. Preview pada bidang kerjamu akan terlihat dari sini.

Memberi Tekstur pada Plane

Untuk memberikan tekstur, kamu harus klik Plane yang telah kamu buat. Setelah itu, pergilah ke panel sebelah kanan dan ubah Shader Type. Sesuaikan dengan yang kamu inginkan. Misalnya Flat, Standard, Physically Based, Face Paint, atau Blended. Kemudian pada Texture, klik Choose File dan pilih gambar yang telah kamu siapkan. 

Export Filter Kamu ke Instagram

Setelah diberikan tekstur, artinya filtermu sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah export filter yang telah kamu buat ke Instagram. Adapun langkah-langkahnya, pertama, Klik File lalu klik Export. Pastikan kamu kasih tanda centang pada check list sampai semua pilihan warna centang berubah menjadi hijau. Setelahnya, Klik Export lalu pilih tempat menyimpan serta berikan nama.

Langkah berikutnya, bukalah browser dan masuk www.facebook.com/sparkarhub. Pastikan ya, kamu sudah log in di aplikasi Spark AR Studio. Setelahnya, klik tombol Upload Effect lalu pilih Instagram dan berikan nama pada filtermu. Selanjutnya klik Next

Pada Effect Icon, masukkan gambar yang merepresentasikan filter kemudian centang Legal Agreement. Terakhir, klik Upload and Continue. Tunggu hingga prosesnya selesai. Filter Instagram terbaru darimu sudah jadi dan kini sudah terunggah ke Instagram. 

Publikasikan Filter Instagram Buatanmu

Untuk mempublikasikan filtermu, kamu hanya perlu klik Next Steps dari halaman preview. Selanjutnya, pilih kategori yang sesuai untuk menggambarkannya. Klink next hingga halaman terakhir lalu klik Submit for Review. Kamu hanya perlu menunggu persetujuan dari Instagram. Proses persetujuan ini membutuhkan waktu tunggu kurang lebih selama 1 hari.

Itulah cara membuat filter Instagram kekinian menggunakan aplikasi Spark AR Studio. Walaupun cukup panjang, namun sebenarnya cara ini cukup mudah untuk membuat filter Instagram menarik. Selamat mencoba!

Artikel Terkait