Saham MBSS Dibeli Lo Kheng Khong, Apa Pertimbangannya?

Saham MBSS Dibeli Lo Kheng Khong, Apa Pertimbangannya?
Lo Kheng Khong

Ketika Lo Kheng Hong membeli sebuah saham, seperti saham MBSS, maka banyak investor langsung memerhatikan saham terseut, juga media massa dan analis finansial. Magnet Lo Kheng Hong yang memiliki aset Rp2,5 triliun dalam bentuk saham membuat gerak-geriknya diperhatikan, termasuk ketika berinvestasi saham MBSS.

Tentunya, kamu belum ada di level Lo Kheng Hong, namun penting bagi investor pemula untuk meniru langkah Lo Kheng Hong membeli saham MBSS yaitu dengan melakukan pertimbangan esensial atau pertimbangan penting. Lalu apa sajakah pertimbangan tersebut? Berikut jawabannya.

Memahami langkah esensial

Investasi mudah, tapi investasi yang berjalan sukses adalah pekerjaan yang sulit. Statistik menunjukkan mayoritas investor properti, atau orang yang tidak berinvestasi secara profesional, pasti kehilangan uang setiap tahun. Tentu, ada banyak alasan di baliknya, tapi ada satu alasan dari setiap investor yang berkarir di luar pasar investasi pahami, mereka tidak memiliki waktu yang banyak untuk meriset sejumlah saham, dan tidak ada tim riset untuk melakukannya.

Karena alasan tersebut, investasi yang dilakukan dengan riset yang sedikit terkadang akan berakhir kerugian. Tentu, kerugian bagi investor pemula berbeda dengan kerugian yang dialami oleh Lo Kheng Hong. Itu kenapa, penting untuk mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Apa yang mereka lakukan

Jim Cramer, dalam bukunya yang berjudul “Real Money”, menyarankan investor untuk tidak pernah membeli saham keculai jika mereka telah memiliki pengetahuan mendalam tentang bagaimana perusahaan tersebut menghasilkan uang.

Apa yang mereka hasilkan? Jasa apa yang mereka tawarkan? Di negara mana saja mereka beroperasi? Apa produk unggulan mereka dan bagaimana penjualannya? Apakah mereka pemimpin dalam industri? Pikirkan bahwa ini adalah kencan pertama. Kamu tentunya tidak akan pergi kencan dengan seseorang tanpa mengecek latar belakangnya. Jika iya, maka kamu bisa mengalami masalah.

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu hanya perlu memanfaatkan internet, mengunjungi laman web perusahaan dan membaca tentang mereka. Lalu, temui anggota keluarga dan minta mereka bertanya tentang perusahaan tersebut kepadamu. Jika kamu bisa menjawab pertanyaan mereka, maka kamu sudah cukup paham.

Rasio harga/pendapatan

Bayangkan jika kamu berada di pasar dengan seseorang yang bisa membantumu berinvestasi. Kamu mewawancara dua orang. Orang pertama memiliki sejarah panjang membantu orang lain untuk menghasilkan uang. Teman kamu juga mendapatkan keuntungan dari orang ini, dan kamu tidak bisa mencari alasan kenapa kamu tidak menginvestasikan uangmu kepada dia. Ia juga berkata bahwa setiap Rp1000 yang ia hasilkan, ia akan mengambil Rp400 dan sisanya buat kamu.

Sementara orang kedua baru memulai bisnisnya. Dia tidak memiliki banyak pengalaman, dan meskipun menjanjikan, ia tidak memiliki sejarah kesuksesan. Satu-satunya keunggulan dari dia adalah dia hanya mengambil Rp200 dari keuntungan, tapi bagaimana jika dia tidak berhasil memberikan keuntungan sebanyak orang pertama?

Jika kamu memahami contoh ini, maka kamu memahami rasio P/E atau price/earnings. Jika perusahaan memiliki rasio P/E Rp 200, berarti bahwa investor mau membayar Rp200 bagi tiap keuntungan Rp1.

Pertimbangan-pertimbangan di atas mungkin terkesan sepele, namun bayangkan jika kamu berinvestasi seperri Lo Kheng Hong, maka penting untuk memahami pertimbangan mendasar tentang membeli saham seperti yang telah disinggung di atas. Yuk mulai berinvestasi dan belajar mengenai dunia saham dan reksa dana dengan mudah di Ajaib!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait