5 Tips Berinvestasi Saham Online Agar Untungnya Maksimal

5 Tips Berinvestasi Saham Online Agar Untungnya Maksimal
5 Tips Berinvestasi Saham Online Agar Untungnya Maksimal

Berinvestasi zaman sekarang serba mudah. Apalagi dengan adanya saham online, cukup membeli saham lewat handphone ataupun laptop dengan koneksi internet. Kamu pun tak perlu menyimpan surat cetak tanda sebagai pemilik saham yang sah. Sekarang kepemilikan saham bisa dibuktikan secara digital sehingga lebih memudahkan.

Namun, masih banyak anggapan kalau investasi saham online itu susah bikin pusing. Padahal berinvestasi saham tidak seseram itu asalkan tahu trik dan caranya. Biar makin paham, ada tips-tips berinvestasi saham online yang wajib kamu ketahui. Berikut ulasannya:

Bedakan Blue Chip, Second Liner, dan Junk Stocks

Blue Chip, Second Liner, dan Junk Stocks adalah istilah dalam bursa saham yang wajib diketahui. Ketiga istilah ini untuk memudahkan dalam mengelompokkan jenis-jenis saham berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

Saham Blue Chip adalah kata lain dari saham lapis pertama dengan kapitalisasi pasar mencapai Rp400 triliun ke atas. Sedangkan Second Liner adalah saham lapis dua yang kapitalisasi pasarnya berkisar Rp500 miliar-Rp10 triliun. Lalu lapis tiga, Junk Stocks kapitalisasi pasarnya berada di bawah Rp500 miliar.

Beli Saham Online Likuid

Likuid yang dimaksud adalah saham yang mudah diperjualbelikan. Keuntungannya kamu tidak akan kesulitan saat menjualnya atau menunggu dalam jangka waktu yang lama untuk dijual. Buat seorang trader, baik saham likuid dan tidak likuid harus terus terpantau.

Sedangkan yang ingin investasi saham online untuk jangka panjang tidak punya saham likuid tak masalah. Setidaknya kamu akan menerima deviden (keuntungan perusahaan) dari saham tersebut setiap tahunnya. Namun, kamu harus selektif menentukan saham yang ingin dibeli agar tidak rugi di masa yang akan datang.

Gunakan Analisis

Jangan samakan investasi saham online dengan judi. Kalau judi itu pake feeling, sementara investasi saham menggunakan analisis. Melakukan analisis adalah suatu keharusan sebelum membeli saham, baik secara fundamental maupun teknikal.

Analisis fundamental berarti melihat apakah perusahaan sehat atau tidak berdasarkan kinerja serta laporan keuangannya. Sedangkan analisis teknikal mengacu pada histori pergerakan harga saham dengan mengandalkan chart atau grafik. Maka dapat diprediksi pergerakan harga saham selanjutnya dengan melihat candlestick warna hijau dan merah.

Jual Ketika Hijau, Beli Ketika Merah

Prinsip ini sudah dijalankan dari dulu dalam investasi saham. Jadi saat harga saham naik langsung jual (hijau) dan beli saat harga saham sedang turun (merah). Buat pemula, selalu pakai prinsip ini saat membeli saham online. Jangan lupa selalu mengikuti berita-berita terkini seputar pasar supaya bisa menentukan waktu yang tepat.

Tidak Panik

Ada kalanya indeks harga saham sedang turun untuk waktu yang lama. Melihat situasi tersebut banyak investor atau trader langsung panik. Memang tidak ada seorangpun yang ingin rugi karena uang investasi hilang. Seandainya kamu ada di situasi tersebut jangan langsung panik. Malahan saat-saat harga turun inilah kamu segera beli (buy) beberapa saham yang jadi incaran dan tunggu hingga harganya naik lagi (hold).

Selain itu jangan terpancing dengan saham yang harganya naik secara cepat. Biasanya saham itu disebut saham “goreng”. Untuk memahami semua yang terkait dengan saham memang perlu waktu. Paling penting adalah jangan berhenti belajar. Tips-tips di atas bisa kamu terapkan untuk mendapatkan untung yang maksimal.

Jika kamu sudah memahami tips dan trik di atas, apa kamu ingin mulai berinvestasi saham online sekarang? Kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dulu di Ajaib.co.id. Kamu juga bisa dengan mudah mengecek performa bisnis tersebut melalui ajaib. Jadi tinggu apalagi? Investasi saham sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait