Ajaib.co.id – Seiring dengan meningkatnya transformasi digital dan industri 4.0, hampir segala sesuatu bisa dibeli dan dijual secara online. Makanan, pakaian, tiket pesawat, booking hotel, membayar tagihan, hingga berinvestasi adalah beberapa hal yang yang kini dapat dibeli secara online atau dikenal dengan nama marketplace.
Indonesia menjadi salah satu negara yang tingkat pertumbuhannya belanja onlinenya melesat, tidak mengherankan jika salah satu bisnis jual-beli online juga ikut berkembang. Berbeda dengan e-commerce yang hanya menjual produk sendiri melalui situs web, marketplace atau pasar online adalah tempat penjual pihak ketiga berbasis web, yang memungkinkan penjual individu, produsen barang berskala besar, atau brand ternama melakukan transaksi jual-beli dengan konsumen.
Bagaimana Pasar Virtual Bekerja?
Tidak seperti situs e-commerce konvensional, pasar online mengalihkan beban pemeliharaan inventaris, logistik, gambar, deskripsi produk, dan harga kepada penjual. Ada lebih dari satu model operasional untuk pasar, tapi metode yang paling umum melibatkan pasar yang menyediakan metode bagi penjual untuk menghubungkan produk dan jasa ke konsumen.
Pasar online menampilkan barang dan jasa penjual, mengumpulkan pesanan dan pembayaran, meneruskan pesanan ke penjual, melacak pengiriman, dan melepaskan dana ke penjual setelah barang diterima pembeli.
Banyak penjual di pasar online juga menjual di situs e-commerce mereka, tetapi pasar online seringkali memberikan keuntungan dari lalu lintas situs yang lebih tinggi dibandingkan situs e-commerce. Untuk beberapa bisnis kecil, mendaftar di marketplace adalah cara terbaik untuk mempromosikan barang dan jasa.
Sementara untuk operasi kecil, menjual di pasar online dapat menghilangkan persyaratan memiliki situs khusus, hosting, teknologi, gateway pembayaran, perangkat lunak keuangan, dan kebutuhan lain yang membutuhkan biaya yang besar.
Daftar E Commerce yang Direkomendasikan
Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis & kerja sampingan, atau mencari barang dan jasa secara efektif, berikut adalah 5 pasar online terbaik yang bisa kamu andalkan.
Tokopedia
Pasar online yang memiliki alamat website tokopedia.com ini bisa dibilang sebagai salah satu pasar online favorit masyarakat Indonesia. Predikat ini diberikan ke Tokopedia karena kehandalan dan kenyamanan yang ditawarkan kepada konsumen. Misalnya, dalam aspek kenyamanan, Tokopedia termasuk marketplace terbaik dalam mengoptimalkan situs web dan pemuatan konten yang cepat.
UI Tokopedia juga dianggap ramah ke semua kalangan dan dalam hal menunjukkan harga, pasar online yang memiliki warna dominan hijau ini mampu membuat konsumen menghabiskan waktu lebih lama di situs. Selain itu, sistem keamanan verifikasi OTP dan aplikasinya yang nyaman memberikan kesan berbelanja online hampir pasti bebas repot. Rerata akses situs Tokopedia dalam sebulan mencapai 69.800.000 pengunjung.
Blibli
Dengan logo dan palet warna biru dan putih yang memberikan kesan ramah, Blibli.com berhasil memvisualisasikan kegunaan dan kenyamanan ke konsumen. Hal ini semakin terbukti dari aplikasi smartphonenya yang populer dan fitur layanan pelanggan 24/7 yang siap membuat penjual dan pembeli mendapatkan pengalaman terbaik.
Blibli juga menawarkan kemudahan pembayaran dengan 26 pilihan metode pembayaran, mulai dari tunai, kartu kredit, transfer bank, hingga Cash on Delivery (COD). Untuk pengalaman belanja yang lebih baik dengan Blibli.com, kamu bisa menggunakan aplikasi smartphone yang tersedia di Appstore dan Playstore. Berdasarkan data Q1 2020, rata-rata kunjungan situs Blibli dalam sebulan mencapai angka 17.600.000 pengunjung.
Shopee
Marketplace ikonik yang mengusung warna jingga yang begitu mentereng ini pertama kali diluncurkan di Singapura, dan kini telah berkembang ke beberapa negara termasuk Taiwan, Indonesia, dan Brazil. Untuk dapat bertahan di ekosistem bisnis belanja online yang kompetitif, Shopee meluncurkan garansi Shopee yang akan menahan dana ke penjual sebelum pembeli mendapatkan barang dan jasa.
Ini adalah model bisnis Customer-to-customer (C2C) pertama sampai akhirnya beroperasi secara hybrid menjadi model bisnis Business-to-customer (B2C). Shopee melakukan segala cara untuk untuk menggaet loyalitas konsumen, diantaranya strategi pemasaran menggunakan brand ambassador seperti Blackpink, Cristiano Ronaldo, dan Didi Kempot. Data kunjungan rata-rata perbulan Shopee tercatat di angka 71.533.300, atau sedikit di atas kunjungan di Tokopedia.
Bukalapak
Bukalapak adalah salah satu pasar online terbaik di Indonesia dan mendapat predikat unicorn dalam bisnis pasar online. Berbeda dengan pasar online yang lain, Bukalapak tetap relevan hingga saat ini karena menjadi destinasi utama bagi sejumlah komunitas yang mencari barang dan jasa secara spesifik. Misalnya, pada tahun 2010 pembelian sepeda lipat berada di puncaknya atau beberapa waktu lalu ketika tren sepeda meningkat karena pandemi Covid-19.
Bukalapak juga bekerja sama dengan UKM (Usaha Kecil Menengah) dan warung. Selain itu, bisnis tersebut juga sering menerima penghargaan di beberapa tahun terakhir, di antaranya Achmad Bakrie Award 2018, Youtube Pulse 2018 Best Ads, dan bahkan medali kehormatan Indonesia, Satyalancana Wira Karya. Kunjungan rata-rata perbulan Bukalapak di Q1 2020 tercatat sebesar 37.663.300 pengunjung.
Lazada
Dengan memiliki 50 juta pembeli setiap tahunnya, Lazada dengan mudah menjadi salah satu marketplace terbaik, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara. Pertumbuhan Lazada tidak diragukan lagi karena merupakan bisnis di bawah naungan Alibaba yang selalu mendukung ekspansi dan pengembangan layanan.
Dari pengalaman Alibaba bertahun-tahun yang terus berkompetisi dengan Amazon, Lazada menjadi salah satu pasar online favorit di Indonesia karena berhasil menyempurnakan pengalaman aktivitas jual beli online di situsnya, serta layanan pengiriman yang cepat. Kamu bisa mengunduh aplikasi Lazada di Appstore dan Playstore untuk pengalaman jual-beli yang optimal. Hingga saat ini, Lazada masih masuk sebagai pasar online terbaik di Indonesia dengan rerata pengunjung per bulannya sebesar 24.400.000 di Q1 2020.