Ajaib.co.id – Saat ini, banyak sekali marketplace Indonesia yang bisa pebisnis manfaatkan untuk semakin meningkatkan penjualan mereka lewat toko online. Selain mudah dalam pendaftaran akun di sebuah marketplace, kamu juga dimanjakan dengan berbagai fitur unggulan yang terdapat pada masing-masing e-commerce.
Marketplace dapat kamu ibaratkan sebagai pasar yang mempertemukan antara penjual dan pembeli pada satu lokasi. Di mana, saat ini kamu bisa memanfaatkan marketplace untuk memasarkan produk maupun melakukan pembelian dari produk-produk yang dijual di platform tersebut.
Bahkan, marketplace bukan hanya dimanfaatkan oleh pebisnis usaha mikro, kecil, hingga menengah saja. Banyak brand-brand besar sekalipun telah melirik untuk berjualan di e-commerce. Jadi tak usah heran, bila kamu sering berkunjung dan mencari produk-produk yang ingin dibeli secara online di e-commerce. Pasti kamu pernah menemukan ada berbagai official store yang memang menjual produk dari brand-brand tertentu misalnya Nike, Adidas, Polo, Samsung, dan lain-lain
Hal ini menjadi bukti bahwa brand-brand besar sekalipun menganggap bahwa bergabung ke dalam marketplace, dan memasarkan produknya di sana dinilai sangat menjanjikan di era serba digital saat ini.
Tentunya dengan adanya kemudahan bagi masyarakat yang ingin membeli suatu produk di marketplace, ini akan mengubah bagaimana cara masyarakat bertransaksi saat ini sehingga mereka tidak perlu lagi repot-repot untuk datang langsung ke toko hanya untuk membeli sebuah produk.
Masyarakat bisa berbelanja dengan hanya duduk di depan laptop dan mulai melakukan pencarian terkait dengan apa yang ingin dibeli di e-commerce, dan menyelesaikan pembayaran lewat internet banking, kartu debit atau kartu kredit dan berbagai metode pembayaran lainnya yang disediakan oleh pihak e-commerce.
Layanan marketplace yang ada di Indonesia memang sangat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan akan suatu barang. Belum lagi, selama pandemi Covid-19 di mana kita perlu membatasi diri untuk tidak keluar rumah dan mengurangi transaksi pembayaran dengan uang tunai. Hal ini dikarenakan penggunaan uang tunai bisa menjadi media penularan yang terjadi di masyarakat.
Tak ayal, beberapa marketplace Indonesia mengalami peningkatan dari segi transaksi dan juga kunjungan ke website mereka. Jumlah pengunjung yang hadir membuat ecommerce di Indonesia semakin berkembang. Apalagi perilaku belanja online sendiri makin populer di Indonesia. Pastinya perkembangan pengunjung ini meningkat dari tahun 2012, tahun 2014 sampai tahun 2015.
Peringkat Marketplace Indonesia 2020
Untuk mengetahui perkembangan bisnis online di Indonesia, ada baiknya kamu mengetahui peringkat pengunjung online marketplace terbanyak dan terbaik di Indonesia. Jumlah pengunjung memang menjadi indikator kesuksesan sebuah e-commerce.
1. Shopee
Shopee adalah top e-commerce di Indonesia 2020 dengan jumlah kunjungan mencapai 97,7 juta. Sejak mencatatkan kasus positif pertama Covid-19 di Indonesia pada Maret, jumlah kunjungan ke situs Shopee mengalami peningkatan dari 76,5 juta meningkat menjadi 97,7 juta pada Juni 2020.
Peningkatan jumlah kunjungan ke situs Shopee juga disinyalir akibat adanya layanan Shopee Pay yang sedang gencar-gencar mengakuisisi pengguna baru dengan penawaran promo cashback yang sangat menggiurkan. Selain Shopee Pay bisa digunakan untuk pembayaran digital di berbagai merchant, Shopee Pay juga bisa digunakan oleh kamu untuk berbelanja online di Shopee.
Pembayaran digital milik Shopee ini, tentunya mengingatkan kita kepada marketplace lainnya yakni Tokopedia yang dulunya menggunakan Tokocash sebagai metode pembayaran. Pastinya ada pula banyak faktor lain yang menyebabkan Shopee memiliki banyak penggemar seperti variasi barangnya yang banyak
2. Tokopedia
Tokopedia menempel ketat Shopee berdasarkan jumlah kunjungan pada Juni 2020, dengan total kunjungan ke website sebanyak 89,7 juta. Pada bulan Juni 2020, trafik tokopedia mengalami sedikit penurunan dari 91,4 juta kunjungan pada Mei 2020 menjadi 89,7 juta per Juni 2020.
Di Tokopedia, kamu bisa menemukan berbagai produk-produk lokal yang dijual di sana. Di mana, tokopedia sebagai e-commerce nomor satu asal Indonesia ingin meningkatkan dan mengembangkan pasar lokal dan telah menjalin kolaborasi dengan Jakcloth untuk mengadakan event online melalui platform Tokopedia, dan dimeriahkan oleh 250 brand lokal.
3. Bukalapak
Jumlah kunjungan ke situs Bukalapak sebanyak 34,4 juta pada Juni 2020, angka ini terpaut sangat jauh dengan kompetitornya seperti Tokopedia dan Shopee. Kabar terbaru datang dari Bos Bukalapak, Muhammad Fajrin Rasyid yang ditunjuk oleh Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai Direktur Digital Business di PT Telekomunikasi Indonesia (Persero).
4. Lazada
E-commerce Lazada adalah satu dari sekian e-commerce asal Singapura, selain Shopback. Jaringan e-commerce Lazada berada di berbagai negara Asia Tenggara termasuk Lazada Indonesia. Di Indonesia, marketplace ini menempati peringkat keempat top e-commerce 2020. Dengan jumlah kunjungan ke website Lazada.co.id mencapai 21,4 juta.
Bagi kamu yang gemar berbelanja pakaian maupun ponsel pintar di Lazada, pasti salah satu hal yang paling kamu tunggu-tunggu adalah momen flash sale dengan adanya diskon-diskon besar-besaran untuk berbagai produk.
5. Blibli
Blibli.com adalah e-commerce yang dimiliki oleh salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, yaitu Djarum. Salah satu produk yang banyak dibeli di marketplace Indonesia satu ini adalah peralatan olahraga. Sehingga, tak heran bila Blibli.com menjadi sponsor untuk bulutangkis nasional yang berlaga di berbagai kejuaraan internasional. Pada Juni 2020, tercatat jumlah kunjungan ke situs mereka mencapai 16,6 juta dan mengalami penurunan dibanding Mei 2020 sebanyak 21,1 juta kunjungan.
Itulah daftar peringkat top marketplace Indonesia 2020 berdasarkan jumlah kunjungan pada Juni 2020 . Dari situs-situs e-commerce di atas, ada situs yang menunjukkan peningkatan maupun penurunan trafik.
Hal ini bisa disebabkan oleh adanya pelonggaran kebijakan PSBB di mana pusat perbelanjaan seperti di Jakarta mulai kembali beroperasi. Sehingga ada sebagian masyarakat yang mulai berbelanja berbagai kebutuhan secara offline.
Saat pandemi Covid-19, layanan digital seperti e-commerce menunjukkan peningkatan penggunaan di Indonesia hingga 69% berdasarkan RedSeer. Serta diikuti oleh berbagai sektor industri lainnya seperti dompet digital, kesehatan, pendidikan, dan transportasi. Di antara 5 marketplace terbaik di atas, mana situs marketplace yang sering kamu gunakan untuk berbelanja?