5 Langkah Mendapatkan Key BCA Hilang atau Rusak

Key BCA

Key BCA adalah security token yang digunakan untuk menyediakan password sekali pakai untuk transaksi internet banking nasabah Bank Central Asia (BCA). Fungsinya sebagai pengaman tambahan setiap kali ingin bertransaksi online. Alat mungil ini bisa didapatkan dengan biaya tambahan sebesar Rp25.000 yang akan dipotong dari saldo rekeningmu.

Token BCA ini memang sangat membantu khususnya dari segi keamanan. Sayangnya, bentuknya kurang ringkas karena harus selalu dibawa ke mana-mana setiap kali akan melakukan transaksi. Jika kamu termasuk yang ceroboh atau pelupa maka Key BCA akan rawan hilang atau rusak, apalagi jika diletakkan sembarangan.

BCA memungkinkan nasabahnya untuk mendapatkan Key BCA baru setiap kali rusak atau hilang. Namun ada sejumlah langkah yang harus ditempuh dan biaya yang dikeluarkan. Ajaib merangkum cara mendapatkan Key BCA baru dalam lima langkah yang sederhana dan gampang.

1. Surat Keterangan Polisi

Buatlah surat keterangan kehilangan dari polsek atau polres setempat untuk key BCA yang hilang. Sedangkan untuk token yang rusak atau terblokir cukup dengan membawanya ke kantor cabang BCA terdekat.

2. Data Diri dan Buku Tabungan

Siapkan data atau identitas diri, seperti KTP atau Kartu Keluarga (KK), buku tabungan rekening terkait, dan kartu ATM. Siapkan pula token BCA yang rusak atau terblokir yang ingin diganti.

3. Datang ke Kantor Cabang BCA

Bawa surat keterangan polisi, data diri seperti KTP atau KK milikmu, buku tabungan, dan kartu ATM terkait ke kantor cabang BCA terdekat. Kamu harus menjelaskan ke customer service kondisi dan kebutuhan penggantian token BCA milikmu itu.

4. Isi Fomulir

Customer service BCA biasanya akan menyuruhmu untuk mengisi formulir yang juga harus ditandatangani. Sebagai konfirmasi, biasanya juga diharuskan menyebutkan nama lengkap, tanggal lahir, dan nama ibu kandung.

5. Bayar Biaya Penggantian

Ada kenaikan biaya penggantian Key BCA yang diterapkan sejak April 2018. Biaya di luar masa garansi sebesar Rp50.000, naik jauh dibandingkan sebelumnya yang hanya Rp10.000. Sedangkan yang masih dalam masa garansi dibebaskan dari biaya alias gratis. Biaya tersebut bisa dibayar secara tunai atau dipotong langsung dari saldo rekeningmu, sesuai pilihanmu.

Setelah lima langkah itu selesai, customer service akan langsung memberikan token beserta pin baru. Kamu bisa memasukkan sendiri nomor pin tersebut ke Key BCA dan menggantinya dengan pin yang kamu mau.

Berikutnya, aktivasi Key BCA baru di internet banking milikmu agar segera bisa digunakan. Jika ragu melakukan aktivitasi sendiri, minta customer service membantu agar tak ada kesalahan. Paling tidak satu hari kemudian Key BCA itu sudah langsung bisa digunakan.

Garansi Key BCA

Key BCA memiliki masa garansi selama enam bulan sejak aktivasinya pertama kali. Selama masa garansi ini gratis biaya penggantian apabila ada kerusakan. Jika di luar masa 6 bulan itu, akan ada biaya penggantian yang dikenakan pada nasabah. Sementara token hilang tetap dikenakan biaya meskipun masih dalam masa garansi.

Namun, kerusakan yang ditanggung hanya apabila di luar kelalaian nasabah seperti gangguan pada layar, baterai habis, kode error, dan keypad tidak berfungsi. Sementara kerusakan seperti layar pecah, casing retak, atau rusak fisik lainnya tidak berlaku garansi. Kerusakan ini dikategorikan sebagai akibat pemakaian oleh nasabah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait