5 Langkah Mendapatkan Key BCA Hilang atau Rusak

Key BCA

Bank BCA merupakan salah bank favorit masyarakat Indonesia untuk melayani transaksi perbankannya. Hal ini dibuktikan dengan usia bank tersebut yang sudah mencapai 63 tahun pada tahun 2020 ini. Salah satu produk yang kerap menjadi ciri khas dari Bank BCA ialah perbankan digital lewat Key BCA.

Bank BCA memang termasuk salah satu yang pertama kali menghadirkan kecanggihan digital dalam transaksi finansial bagi masyarakat. Misalnya saja, unit ATM BCA pertama kali disediakan pada tahun 1990 dengan jumlah 50 unit yang beredar di Jakarta. Selain penarikan tunai, mesin ini juga bisa untuk membuat kartu kredit dan membayar tagihan telepon.

Kemudian, disusul pula dengan ketersediaan mesin Electronic Data Capture (EDC) bagi nasabah BCA juga di periode yang sama. Mesin ini membantu transaksi belanja secara debet dengan menggunakan kartu ATM BCA sehingga nasabah tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar kala bepergian. Mesin tersebut merekam nomor kartu ATM untuk menggunakannya sebagai dasar potongan saldo atas pembelanjaan yang dilakukan.

Fasilitas elektronik banking kemudian semakin berkembang dengan adanya Klik BCA pada tahun 2000. Layanan ini merupakan yang pertama diterapkan secara masif di Indonesia dan menjadi pionir akan fasilitas internet banking yang kita nikmati sekarang.

Layanan ini hadir dengan bantuan Key BCA sebagai pengaman untuk setiap transaksi yang dilakukan. Keberadaanya merupakan upaya BCA untuk menjaga transaksi keuangan nasabahnya. Mesin mungil ini akan memberikan One Time Password (OTP) untuk setiap transaksi yang akan dilakukan nasabah.

Berbekal user ID dan pin KeyBCA, nsabah kala itu sudah bisa menikmati berbagai layanan perbanka yang sebelumnya harus dilakukan lewat teller bank atau mesin ATM. Setelah itu, berturut-turut hadir inovasi internet banking BCA lainnya seperti M-BCA dan EDCBIZZ. Berbagai inovasi inilah yang kemudian menjadikan BCA sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia.

Terlebih lagi berbagai produk keuangan yang hadir dengan fitur unggulan. Hal ini semakin membuat masyarakat tak bisa berpaling dari lembaga perbankan ini meskipun banyak bank lain hadir sebagai pesaing.

Key BCA Milikmu Rusak atau Hilang? Jangan Khawatir, Ini Cara yang Harus Ditempuh

Key BCA adalah security token yang digunakan untuk menyediakan password sekali pakai untuk transaksi internet banking nasabah Bank Central Asia (BCA). Fungsinya sebagai pengaman tambahan setiap kali ingin bertransaksi online. Alat mungil ini bisa didapatkan dengan biaya tambahan sebesar Rp25.000 yang akan dipotong dari saldo rekeningmu.

Token BCA ini memang sangat membantu khususnya dari segi keamanan. Cukup tekan tombol dan kode OTP yang kamu perlukan akan diberikan dan bisa langsung dipakai. Sayangnya, bentuknya kurang ringkas karena harus selalu dibawa ke mana-mana setiap kali akan melakukan transaksi.

Jika kamu termasuk yang ceroboh atau pelupa maka Key BCA akan rawan hilang atau rusak, apalagi jika diletakkan sembarangan. Terbukti banyak kasus nasabah yang melaporkan kehilangannya akan alat mungil ini baik lewat call center Halo BCA maupun datang langsung ke bank.

BCA memungkinkan nasabahnya untuk mendapatkan Key BCA baru setiap kali rusak atau hilang. Namun ada sejumlah langkah yang harus ditempuh dan biaya yang dikeluarkan. Ajaib merangkum cara mendapatkan Key BCA baru dalam lima langkah yang sederhana dan gampang.

1. Surat Keterangan Polisi

Pertama-tama, buatlah surat keterangan kehilangan dari polsek atau polres setempat untuk key BCA milikmu yang hilang. Nantinya surat kehilangan ini harus kamu serahkan pada customer service untuk mendapatkan penggantinya. Jika merasa barang itu hilang maka segera lakukan laporan dan buat yang baru.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak ada penyalahgunaan yang terjadi dengan token milikmu. Sedangkan untuk token yang rusak atau terblokir cukup dengan membawanya ke kantor cabang BCA terdekat.

2. Data Diri dan Buku Tabungan

Berikutnya, siapkan data atau identitas diri, seperti KTP atau Kartu Keluarga (KK), buku tabungan rekening terkait, dan kartu ATM. Siapkan pula token BCA yang rusak atau terblokir yang ingin diganti. Pastikan datamu sesuai dengan rekening yang kamu buat sebelumnya ya agar semua urusanmu berjalan lancar.

3. Datang ke Kantor Cabang BCA

Meskipun saat ini sudah masuk era digital dan serba praktis, untuk mengganti Key BCA milikmu masih harus dilakukan secara manual. Kamu wajib datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan penggantian. Sampai saat ini belum tersedia layanan online untuk penggantian token ini.

Jangan lupa bawa surat keterangan polisi, data diri seperti KTP atau KK milikmu, buku tabungan, dan kartu ATM terkait ke kantor cabang BCA terdekat. Kamu harus menjelaskan ke customer service kondisi dan kebutuhan penggantian token BCA milikmu itu. Semakin jelas problemamu maka akan semakin cepat kamu mendapatkan gantinya.

4. Isi Fomulir

Customer service BCA biasanya akan menyuruhmu untuk mengisi formulir yang juga harus ditandatangani. Sebagai konfirmasi, biasanya juga diharuskan menyebutkan nama lengkap, tanggal lahir, dan nama ibu kandung.

Isi semua data tersebut dengan tepat agar tak perlu ada pengecekan ulang. Jangan lupa baca lagi soal syarat dan ketentuannya. Kamu bisa bertanya pada petugas apabila ada hal yang kurang dipahami agar tak menyesal di kemudian hari.

5. Bayar Biaya Penggantian

Ada kenaikan biaya penggantian Key BCA yang diterapkan sejak April 2018. Biaya di luar masa garansi sebesar Rp50.000, naik jauh dibandingkan sebelumnya yang hanya Rp10.000. Sedangkan yang masih dalam masa garansi dibebaskan dari biaya alias gratis. Biaya tersebut bisa dibayar secara tunai atau dipotong langsung dari saldo rekeningmu, sesuai pilihanmu.

Meskipun ada kenaikan yang cukup besar, namun sebenarnya biaya ini cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kemudahannya. Jika tak ingin keluar terlalu banyak biaya, pastikan kamu menyimpan baik-baik Key BCA milikmu di kemudian hari ya.

Setelah lima langkah itu selesai, customer service akan langsung memberikan token beserta pin baru. Kamu bisa memasukkan sendiri nomor pin tersebut ke Key BCA dan menggantinya dengan pin yang kamu mau.

Berikutnya, aktivasi Key BCA baru di internet banking milikmu agar segera bisa digunakan. Jika ragu melakukan aktivitasi sendiri, minta customer service membantu agar tak ada kesalahan. Paling tidak satu hari kemudian Key BCA itu sudah langsung bisa digunakan.

Garansi Key BCA

Key BCA memiliki masa garansi selama enam bulan sejak aktivasinya pertama kali. Selama masa garansi ini gratis biaya penggantian apabila ada kerusakan. Jika di luar masa 6 bulan itu, akan ada biaya penggantian yang dikenakan pada nasabah. Sementara token hilang tetap dikenakan biaya meskipun masih dalam masa garansi.

Namun, kerusakan yang ditanggung hanya apabila di luar kelalaian nasabah seperti gangguan pada layar, baterai habis, kode error, dan keypad tidak berfungsi. Sementara kerusakan seperti layar pecah, casing retak, atau rusak fisik lainnya tidak berlaku garansi. Kerusakan ini dikategorikan sebagai akibat pemakaian oleh nasabah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait