Ini Dia Bunga Tabungan BCA Sesuai Saldo

Bunga Tahapan BCA

Tabungan menjadi keharusan bagi masyarakat modern saat ini sebagai akun simpanan maupun sumber pembiayaan sehari-hari. Tak sedikit pula yang punya beberapa rekening tabungan sekaligus karena berbagai alasan.

Berbeda dari produk keuangan investasi, umumnya orang tak begitu peduli dengan suku bunga tabungan. Sebagian besar yang dipedulikan adalah aksesibilitasnya.

Namun tak ada salahnya mengetahui besaran bunga tabungan yang kamu miliki. Ajaib akan menjelaskan bunga tabungan per tahun yang bisa kamu nikmati.

Kali ini, kita akan membahas bunga tabungan BCA dari salah satu unggulannya yaitu Tahapan BCA. Jenis simpanan ini bisa digunakan untuk banyak jenis transaksi antara lain tarik, setor, transfer dana, membayar berbagai tagihan, dan alat pembayaran.

BCA juga menerapkan suku bunga untuk saldo yang tersimpan di rekening kita. Jumlahnya berbeda-beda sesuai dengan jumlah saldonya.

Berikut tabel besaran suku bunga untuk tabungan Tahapan BCA, dengan data terkini 1 Oktober 2009.

Jumlah saldo Suku bunga berlaku per tahun
Kurang dari Rp1 juta 0,00%
Rp1 juta sampai Rp50 juta 0,10%
Rp50 juta sampai Rp500 juta 0,25%
Rp500 juta sampai Rp1 miliar 0,50%
Lebih dari Rp1 miliar 1,05%

Bunga tabungan memang relatif rendah dan tidak bisa memberikan keuntungan maksimal. Apalagi, BCA menerapkan sistem perhitungan saldo terendah per tahun untuk menetapkan suku bunga yang diberikan. Hal serupa juga berlaku di banyak jenis simpanan biasa dari bank lainnya.

Meski demikian, Tahapan BCA memiliki kelebihan lainnya seperti jaringan yang luas dan limit transfer yang lebih besar. Namun, hal ini juga tergantung pada jenis kartu debit yang kamu miliki atas tabunganmu.

Berikut tiga jenis kartu yang bisa kamu pilih:

1. Paspor Blue

Kartu debit ini memiliki limit pengambilan uang tunai hingga Rp7 juta per hari lewat ATM. Selain itu, kamu bisa melakukan transfer hingga Rp25 juta per hari jika memiliki kartu berwarna biru ini. Dikenakan biaya administrasi sebesar Rp15.000 per bulan untuk penggunaannya.

2. Paspor Gold

Kartu berwarna kuning emas ini memungkinkan kamu menarik tunai lewat mesin ATM maksimal Rp10 juta. Selain itu, kamu juga bisa melakukan transfer hingga Rp50 juta per hari. Saldomu akan dipotong Rp17.000 setiap bulan untuk biaya administrasi.

3. Paspor Platinum

Jenis kartu ini cocok untukmu yang butuh limit transaksi keuangan harian yang tinggi. Pemilik kartu ini bisa melakukan transfer hingga maksimal Rp100 juta. Namun, batas tarik tunai via ATM sama dengan tipe gold yaitu Rp10 juta per hari.

Pemilik kartu berwarna hitam ini akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp20.000 per bulan.  

Apakah kamu merasa bunga tabungan BCA terlalu rendah? Maka kamu mungkin sebaiknya mempertimbangkan untuk menyimpan uangmu dalam bentuk deposito agar tidak menyusut.

Strateginya adalah menyimpan uang kebutuhan harian di tabungan yang lebih mudah diakses, dan sisanya di rekening deposito atau tabungan berjangka yang bunganya lebih menguntungkan.

Jika ingin lebih mengembangkan uangmu maka investasi adalah jawaban tepat. Salah satu yang bisa dicoba adalah reksa dana. Kalau kamu masih pemula maka Ajaib bisa menuntunmu melakukan investasi yang aman dan menguntungkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait