Saham

5 Hal Ini Sering Menjadi Penyebab Enggan Investasi Saham

penyebab enggan investasi saham

Ajaib.co.id – Yang menjadi penyebab enggan investasi saham oleh sebagian orang, biasanya karena adanya anggapan-anggapan negatif terkait investasi saham.

Instrumen investasi saham, kini semakin meningkat peminatnya. Selain kesadaran pentingnya berinvestasi, membeli saham kini juga semakin mudah. Apalagi dengan pemanfaatan teknologi dalam investasi saham. Di mana, kamu bisa berinvestasi secara online hanya dengan menggunakan smartphone.

Tetapi, sebagian orang masih berpikir sebaliknya tentang investasi saham. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab enggan investasi saham. Padahal, investasi saham itu memiliki banyak manfaat dan keuntungan yang cukup besar, sejalan dengan nilai investasi yang dimiliki.

Lalu sebenarnya, hal atau alasan apa yang menjadi penyebab enggan investasi saham pada beberapa orang? Untuk mengetahui alasan tersebut, berikut penjelasan yang bisa kamu pahami mengapa hal ini bisa terjadi.

Tidak Mengerti dan Memahami Investasi

Penyebab enggan investasi saham bagi sebagian orang biasanya karena kurang pengetahuan mengenai dunia investasi. Jika sudah memahami seluk beluk dunia investasi dan produk investasi, seharusnya tidak ada keraguan untuk mulai berinvestasi saham. Oleh karena itu, penting untuk memahami dasar-dasar investasi saham.

Mulai mencari tahu tentang pasar modal lalu bagaimana cara memulai investasi saham? Bagaimana cara menggunakannya? Pelajari juga hal-hal yang berkaitan dengan investasi saham.

Jika hal tersebut sudah terpenuhi, maka bukan tidak mungkin orang-orang yang sebelumnya tidak tertarik dengan investasi saham, mulai mencoba berinvestasi saham.

Beberapa Istilah dalam Dunia Saham Dianggap Membingungkan

Selain tidak mengetahui pengetahuan saham secara baik, beberapa istilah dalam dunia saham dianggap sulit untuk dipahami. Hal-hal seperti analisis pergerakan saham meliputi teknikal dan fundamental, memahami grafik harga saham, dan istilah ekonomi lainnya, dianggap rumit dan diperuntukkan hanya untuk kaum pebisnis dan intelektual saja.

Padahal, istilah yang ada di dunia saham ini bisa dipelajari satu persatu. Mulai dari istilah mendapatkan keuntungan, menjual saham, membeli saham, dan masih banyak lainnya. Pada dasarnya, jika kamu ingin belajar pengetahuan tentang saham, maka kamu bisa memahaminya secara mendalam seiring berjalannya waktu.

Investasi Saham Memiliki Risiko Rugi yang Tinggi

Dalam dunia saham memang dikenal dengan istilah “High Return, High Risk”, di mana keuntungan saham yang besar juga memiliki risiko pada harga saham yang bisa turun sewaktu-waktu. Hal ini yang menjadi alasan utama penyebab enggan investasi saham. Akan tetapi, hal-hal seperti itu dapat diatasi dengan menggunakan beberapa cara.

Oleh karena itu, mempelajari pengetahuan yang berkaitan dengan investasi saham secara baik akan menghasilkan strategi atau langkah seperti apa ketika nilai saham turun. Kamu bisa mengambil keputusan secara tepat untuk kebaikan saham yang dimiliki di masa mendatang.

Investasi Saham Masih Dianggap seperti Bermain Judi

Anggapan seperti ini juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang takut untuk berinvestasi saham. Padahal, anggapan tersebut mengenai investasi saham sudah jelas salah. Perjudian bisa dikatakan sebagai permainan keberuntungan, di mana seseorang yang memasang taruhan dalam sebuah permainan, hanya berharap akan keberuntungan untuk bisa menang dan mendapatkan keuntungan.

Berbeda dengan investasi saham. Ketika kamu memilih saham suatu perusahaan, maka kamu sama saja dengan membeli kepemilikan suatu perusahaan. Di mana, perusahaan tersebut harus memanfaatkan dana yang sudah diinvestasikan untuk meningkatkan kinerja para karyawan dalam mencapai target penjualan mereka.

Saat memilih saham suatu perusahaan, kamu juga dituntut untuk melakukan analisa berdasarkan fundamental perusahaan meliputi laporan keuangan, aktivitas transaksi, dan hal yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. Selain itu, kamu juga harus menganalisa pergerakan pasar saham secara baik dan tepat.

Saham perusahaan mana yang sedang naik dan mana yang sedang turun. Hal ini jelas membutuhkan usaha dan strategi yang tidak kamu lakukan saat bermain judi. Dari hal-hal tersebut saja sudah bisa dipastikan jika investasi saham jelas jauh berbeda dari permainan judi.

Investasi Saham Membutuhkan Modal yang Besar

Beberapa orang masih menganggap jika investasi saham itu hanya dilakukan oleh kalangan intelektual, pebisnis, hingga konglomerat sekalipun. Masih banyak yang mengira modal untuk berinvestasi saham berjumlah besar. Padahal, jelas tidak sebesar yang dibayangkan. Saat ini banyak cara yang dapat dilakukan untuk berinvestasi saham dengan modal sedikit.

Apalagi kini investasi saham bisa dilakukan secara online melalui smartphone. Kamu bisa memilih saham suatu perusahaan dengan harga per sahamnya sesuai bujet yang dimiliki. Jadi, tidak perlu lagi merasa takut untuk berinvestasi dan harus menunggu ketika modal yang kamu miliki berjumlah besar.

Belum Berani Investasi Saham? Coba Investasi Lainnya!

Pada dasarnya, ketakutan kamu yang menjadi penyebab enggan investasi saham akan hilang ketika sudah mulai mencoba. Kamu bisa mengumpulkan informasi mengenai saham perusahaan, keuntungan yang didapat, cara memulai berinvestasi saham, dan hal-hal yang berkaitan dengan investasi saham. Akan tetapi, jika kamu masih belum berani berinvestasi saham, bukan berarti tidak dapat berinvestasi karena kamu tetap bisa menggunakan instrumen investasi lainnya seperti reksa dana.

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang risikonya cukup rendah, namun keuntungannya cukup besar. Reksa dana tentu sangat cocok digunakan bagi kamu yang ingin memulai dan mencoba berinvestasi sebagai bentuk perencanaan keuangan di masa mendatang. Apalagi kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib hadir untuk membantu kamu berinvestasi khususnya pada instrumen reksa dana.

Ajaib akan membantu kamu menemukan jenis reksa dana yang cocok dengan keuangan dan kebutuhan. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan data dan dana yang sudah diinvestasikan karena Ajaib sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, segera investasikan dana yang kamu miliki dengan menggunakan reksa dana di Ajaib. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi.

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto. (2009). Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait