Ibu kota Pindah, Bagaimana Nasib Saham CTRA?

saham-ctra
saham ctra

Pemindahan Ibukota ke Kalimantan Timur (Kaltim) direspons positif oleh para investor. Beberapa emiten properti mengalami kenaikan harga setelah sehari pengumuman ibu kota pindah. Lalu, bagaimana nasib saham CTRA milik PT Ciputra Development Tbk?

Perlu diketahui, terdapat lima emiten properti di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mencatatkan kenaikan harga saham yang cukup besar pada penutupan sesi I, Selasa (27/08/2019). Kenaikan ini adalah imbas dari adanya keputusan ibu kota pindah yang dilontarkan Presiden Jokowi Widodo.

Kelima emiten tersebut adalah PT PP Properti Tbk (PPRO), PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Capri Nusa Property Tbk (CPRI), dan PT Sitara Propertindo Tbk (TARA).

Sementara, saham PT Ciputra Development Tbk (CTRA) tidak mencatatkan kenaikan harga saham. Hingga penutupan perdagangan, harga saham CTRA anjlok 3,88% ke harga Rp1.115 per saham.

Jika dilihat dari laporan Ciputra soal berbagai proyek hunian yang dikerjakan di sekitar Kaltim, proyek-proyeknya lumayan banyak. Misalnya, proyek CitraGrand Senyiur City Samarinda seluas 397 hektar.

Kemudian, ada juga proyek CitraGarden City Samarinda seluas 100 hektar, serta CitraLand City Samarinda seluas 93 hektar.

Di area sekitar calon Ibu kota, CTRA juga memiliki proyek di Kota Balikpapan dengan luas 21 hektar. Proyek tersebut adalah Citra Bukit Indah Balikpapan.

Selebihnya, lokasi proyek CTRA lebih jauh dari lokasi calon Ibu kota di Kaltim. Di Kalimantan, CTRA memiliki dua proyek di Banjarbaru, dan dua proyek lainnya berada di Banjarmasin dengan masing-masing mencapai puluhan hektar. Selain itu, proyek lainnya ada di Kalimantan Barat, yakni CitraGarden Aneka Pontianak seluas 27 hektar.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait