5 Faktor yang Memengaruhi Grafik Harga Emas Antam

Emas atau logam mulia jadi salah satu jenis investasi yang likuid dan terlindung dari inflasi. Maka dari itu, emas jadi alternatif investasi yang favorit di berbagai kalangan. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa grafik harga emas tiap harinya mengalami perubahan? Hal itu terjadi pada seluruh emas, tak terkecuali emas bersertifikat Antam yang cenderung berubah mengikuti tren pasar.

Bagi kamu yang berinvestasi emas, wajib untuk mengetahui fluktuasi harga emas setiap waktu. Meskipun kamu melakukan investasi emas Antam, tetap saja harganya dipengaruhi oleh fluktuasi harga emas dunia. Bisa dibilang naik turunnya grafik harga emas dunia menjadi acuan emas Antam. Nah, jadi sangat diwajibkan buat para investor emas untuk selalu penasaran terhadap situasi pasar dan harga emas dunia.

Jika kamu lebih sering melakukannya, lama kelamaan kamu akan menjadi mahir untuk membaca grafik dan memprediksi peluang naik atau turunnya harga logam emas. Seperti kata pepatah, bisa karena terbiasa. Faktor-faktor apa saja penyebab fluktuasi harga emas akan dijelaskan di bawah ini.

Nilai Tukar Dolar AS

Pada umumnya korelasi antara harga emas dan nilai tukar dolar AS cenderung negatif. Kondisinya jika nilai tukar dolar AS sedang lemah akan menyebabkan harga emas cenderung naik. Begitu pula sebaliknya, harga emas turun saat nilai tukar dolar AS menguat. Maka dari itu, lebih sering mengetahui nilai tukar mata dolar AS akan memberikan Anda prediksi mengenai situasi pasar emas.

Produksi Emas Dunia

Produksi utama emas dunia saat ini ada Afrika Selatan, China, Australia, Amerika Serikat, Peru, dan Rusia. Salah satu hal yang mempengaruhi grafik harga emas adalah produksi emas dunia, akibat dari dampak permintaan pasar. Di tahun 2010, produksi emas meningkat 3% (2,652 ton) dibandingkan pada tahun sebelumnya. Akan tetapi di balik itu, yang sebenarnya terjadi adalah produksi emas dunia terus menurun sejak tahun 2000. Makin sulitnya lahan untuk penambangan emas jadi salah satu faktor penyebabnya.

Meningkatnya Permintaan Bahan Baku Emas

Dikutip dari laman World Gold and The London Bullion Market Association 54% permintaan emas datang dari industri penghasil perhiasan, seperti Tiongkok, India, dan Amerika Serikat. Sisanya permintaan emas digunakan untuk industri alat medis dan elektronik. Makin tingginya permintaan bahan baku emas, tentu akan memicu kelangkaan dan harga emas pun semakin mahal.

Ketersediaan Cadangan Emas di Bank Sentral Dunia

Selain produk uang kertas, bank-bank sentral dunia juga menyimpan cadangan emas dengan jumlah yang besar. Mirisnya, semakin kesini bank-bank sentral ini justru lebih banyak membeli emas daripada menjualnya yang diakibatkan oleh grafik harga emas yang naik. Beberapa bank sentral dunia yang menambah cadangan emasnya diantaranya The Fed dan European Central Bank (ECB).

Inflasi

Inflasi sangat erat kaitannya dengan mekanisme pasar yang bisa disebabkan antara lain, meningkatnya konsumsi masyarakat, likuiditas yang berlebihan, serta tidak lancarnya distrubusi barang. Maka, bisa dibilang inflasi mengakibatkan nilai mata uang menurun secara berkelanjutan.

Ketika terjadi inflasi, mata uang jadi kurang berharga sehingga masyarakat akan beralih ke alat tukar yang lebih bernilai. Contohnya tentu saja emas dan dengan demikian permintaan emas cenderung naik. Efeknya jelas memberikan kenaikan terhadap harga emas

Jadi, buat kamu yang ingin berinvestasi dan tidak ingin nilainya turun karena inflasi, kamu bisa menggunakan investasi emas. Selain itu, hal penting yang harus kamu perhatikan ketika ingin membeli emas sebagai investasi, jangan lupa cek grafik harga emas hari ini. Perlu diketahu juga, investasi ini merupakan jenis investasi jangka panjang, jadi jangan harap kamu bisa mendapat keuntungan hanya dalam 1 tahun, minimal investasi ini adalah 3 tahun jika kamu ingin mendapat keuntungan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait