Cara Mudah Memantau Harga Pasaran Emas Lewat Handphone

Cara Mudah Memantau Harga Pasaran Emas

Investasi emas adalah pilihan yang akan selalu disarankan untuk menyimpan uangmu. Pasalnya, harga pasaran emas selalu naik sehingga kemungkinan besar kamu akan mendapatkan untung ketika menjualnya kembali. Meski kenaikannya tidak terlalu progresif namun harga emas selalu meningkat dengan stabil.

Berinvestasi emas menjadi saran banyak orang juga karena sifatnya yang mudah dijadikan dana tunai. Kamu bisa sewaktu-waktu menjualnya kembali ketika membutuhkan uang. Penjualannya juga sangat mudah bisa ke toko perhiasan, pegadaian atau butik emas. Kamu bisa datang langsung dan menukarkan emas milikmu dengan uang tunai.

Biasanya diberlakukan harga yang berbeda antara harga beli atau harga jual kembali alias buy back. Kadar karat emas juga sangat menentukan harga jual emas yang kamu miliki. Emas batangan dengan kadar murni akan mendapatkan harga terbaik sedangkan perhiasan dengan kadar 22 karat atau 18 karat tentunya akan dihargai berbeda.

Prinsip dasarnya, kamu sebaiknya menjual emas ketika harga tinggi sehingga mendapatkan untung maksimal. Namun bagaimana kamu bisa tahu kapan saat yang tepat untuk mencairkan aset ini? Jawabannya adalah dengan rutin memantau pergerakan harganya.

Harga pasaran emas sendiri ditentukan berdasarkan harga emas dunia. Perdagangan emas sendiri berpusat di pasar emas di London. Dengan jumlah yang terbatas, tentu saja harganya sangat bergantung pada permintaan dan penawaran yang terjadi di pasaran. Kemudian harga ini diadaptasi ke pasar lokal dengan nilai tukar mata uang yang berlaku.

4 Aplikasi yang Bisa Dipakai Untuk Memantau Harga Pasaran Emas

Dekade sebelumnya, harga pasaran emas diumumkan lewat pemberitaan media cetak seperti koran dan majalah secara berkala. Namun kini dengan kecanggihan teknologi digital, kamu bisa mencari tahu harga emas hari ini secara aktual. Ada sejumlah situs yang menyediakan update harga emas sesuai dengan pasar dunia.

Tersedia pula aplikasi handphone yang bisa diunduh untuk kemudian memberitahukan harga pasaran emas terkini. Ada banyak pilihan aplikasi dengan bergama fitur yang bisa kamu gunakan. Teknologi memang sangat membantu kehidupan manusia termasuk dalam hal finansial.

Setiap harinya, harga emas selalu diperbarui. Banyak orang yang memanfaatkan informasi ini untuk menjual atau membeli emas batangan mereka. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengikuti pergerakan harga emas.

Jangan khawatir, saat ini sudah banyak aplikasi di smartphone yang akan membantu kamu untuk memantau harga pasaran emas. Di bawah ini Ajaib akan memberikan list aplikasi yang membantu kamu memantau harga emas.

1. Aplikasi Sahabat Pegadaian

Aplikasi ini menyediakan informasi mengenai harga emas terkini yang bisa diunduh secara gratis di Android. Bagi kamu yang ingin melakukan jual-beli emas, aplikasi Sahabat Pegadaian juga menyediakan fitur tersebut.

Saat ini, Pegadaian menjadi buruan masyarakat yang ingin membeli emas. Perusahaan milik negara ini memberikan sejumlah per gram pembelian dan tabungan emas yang mencapai 1,7 juta rekening dengan nilai 2,3 juta ton emas.

Melalui website dan aplikasi Pegadaian, kamu bisa mengetahui perkembangan harga emas ANTAM dengan berbagai jenis, seperti ANTAM Mulia Retro atau Batik. Pegadaian juga memberikan informasi mengenai harga emas UBS yang dikeluarkan oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS), sebagai salah satu produsen logam mulia terbesar di Indonesia.

2. Aplikasi ANTAMGOLD.COM

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memantau harga emas ANTAM. Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store. Di aplikasi ini, kamu juga bisa melihat informasi mengenai emas batangan, koin emas, grafik emas, informasi seputar emas, dam fitur lainnya.

Seperti yang diketahui, penjualan emas batangan produksi ANTAM terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Rata-rata ANTAM menjual emas dengan berat 2,56 ton per bulannya. Hingga pertengahan 2018, ANTAM telah mencatat penjualan sebesar 12,8 ton. Mereka menargetkan total penjualan sekitar Rp22 triliun dengan laba bersih sekitar Rp500 miliar – Rp1 triliun di akhir tahun.

Harga pasaran emas ANTAM diperbarui setiap pukul 10.00 WIB. Kamu juga bisa melihat grafik pergerakan harga emas melalui website www.antam.com. Tidak hanya emas, kamu juga bisa melihat harga logam mulia lainnya, seperti platinum, perak, dan palladium. 

3. Aplikasi Harga Emas Logam Mulia

Dalam aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai harga emas dan perak ANTAM terkini. Selain itu, kamu juga bisa melihat grafik emas dan harga emas sesuai lokasi butik atau pemasok emas yang diperbarui setiap harinya.

Informasi histori harga pasaran emas sejak 1990 juga bisa kamu lihat di aplikasi ini. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur kalkulator untuk mengetahui harga emas jika dikonversikan ke rupiah, atau sebaliknya dari rupiah ke harga emas.

4. Aplikasi Info Harga Emas

Kamu bisa melihat harga logam mulia ANTAM di aplikasi ini. Selain itu, ada juga harga emas dunia dalam bentuk IDR atau USD. Aplikasi ini menyediakan informasi mengenai harga emas dengan berbagai karat, mulai dari 14 hingga 24 karat.

Aplikasi info harga emas ditujukan bagi investor untuk mengetahui perkiraan harga emas, logam mulia, dan emas perhiasan. So, buat kamu yang mau investasi emas dan mau mulai membeli emas, yuk download aplikasi di atas.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait