5 Cara Cek Kartu Indonesia Sehat Aktif atau Nonaktif

5 Cara Cek Kartu Indonesia Sehat Aktif atau Nonaktif
5 Cara Cek Kartu Indonesia Sehat Aktif atau Nonaktif

Untuk mendapatkan KIS, Kepemilikan KIS cuma ditujukan ke orang-orang yang tergolong kurang mampu. Ada perbedaan di antara kedua program tersebut. Yuk, ketahui cara cek masa aktif KIS di bawah ini!

Cek KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Cara cek Kartu sehat ini cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama di mana kamu terdaftar. Dengan menunjukkan Kartu Sehat, kamu bisa meminta petugas untuk mengecek status keaktifan kartu.

Cek KIS di Care Center BPJS Kesehatan 1500400 

Lebih mudah lagi kalau mengecek status keaktifan peserta Kartu Indonesia Sehat dengan menghubungi Care Center BPJS Kesehatan di nomor 1500400. Asalkan menyediakan cukup pulsa, kamu bisa mendapat informasi yang berasal langsung dari petugas BPJS Kesehatan.

Cek KIS di Dinas Sosial

Pengecekan status KIS juga bisa dilakukan dengan mendatangi kantor Dinas Sosial setempat. Misalnya saja kamu penerima KIS yang merupakan warga DKI Jakarta. Kamu bisa mendatangi Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta yang berada di Gunung Sahari, Jakarta Pusat dengan membawa kartu untuk di cek status kepesertaannya.

Mendatangi Kantor Layanan BPJS Kesehatan

Cara ini paling efektif sebab informasi benar-benar didapatkan langsung dari BPJS Kesehatan. Asalkan kamu mau menyediakan waktu, nggak masalah buat melakukan pengecekan Kartu Sehat dengan mendatangi langsung Kantor Layanan BPJS Kesehatan.

Perbedaan KIS dengan BPJS Kesehatan

Perbedaan paling mendasar adalah peserta KIS dibebaskan dari iuran bulanan, sedangkan peserta BPJS Kesehatan diwajibkan membayar iuran bulanan buat mendapat layanan kesehatan. Perbedaan lainnya antara KIS dan BPJS Kesehatan adalah peruntukan program kesehatan itu sendiri.

Kartu Indonesia Sehat cuma boleh dipakai fakir miskin dan masyarakat golongan kurang mampu. Sementara BPJS Kesehatan wajib dimiliki seluruh masyarakat Indonesia dengan membayar iuran setiap bulannya.

Kegunaan KIS

Karena sama-sama dipakai saat berobat, KIS dan BPJS Kesehatan memiliki kegunaan yang sama. Bedanya, Kartu Indonesia Sehat punya kegunaan bagi peserta tergolong kurang mampu agar bisa mengakses layanan kesehatan secara gratis. Penggunaannya pun nggak terbatas di Fasilitas Kesehatan Tingkat I, tapi juga di Fasilitas Kesehatan lanjutan.

Jadi, sudah tahu dong apa saja cara cek KiS aktif atau nonaktif? Kartu Indonesia Sehat merupakan lanjutan dari program jaminan kesehatan yang telah ada, yaitu BPJS Kesehatan. Bisa dibilang KIS menjadi perluasan manfaat BPJS Kesehatan yang diluncurkan pada masa Pemerintahan Presiden SBY. Namun, di masa Presiden Jokowi Widodo, kini berubah menjadi KIS. Dengan menjadi pengguna KIS kamu bisa berobat di rumah sakit terdaftar.

Bacaan menarik lainnya:

Syakir, Sula, Muhammad. (2004). Asuransi Syariah. Jakarta: Gema Insani
Balfas, Hamud. (2006) Hukum Pasar Modal. Jakarta: Tata Nusa


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait