4 Keluarga Terkaya di Indonesia, Salah Satunya Pemilik Saham INDR

4 Keluarga Terkaya di Indonesia, Salah Satunya Pemilik Saham INDR
4 Keluarga Terkaya di Indonesia, Salah Satunya Pemilik Saham INDR

Segala hal yang berkaitan dengan kekayaan memang selalu menjadi perhatian tersendiri. Sebab, banyak yang ingin tahu dari mana sumber kekayaan tersebut. Tak terkecuali dari keluarga kaya di Indonesia. Salah satu keluarga terkaya di Indonesia merupakan pemilik perusahaan dengan kode saham INDR (PT Indo rama Synthetics Tbk), yaitu Sri Prakash Lohia. Perusahaan emiten produsen pembuatan poliester. 

Selain keluarga Lohia, masih ada beberapa daftar keluarga terkaya di Indonesia. Berikut penjelasan beberapa orang teraya di Indonesia dikutip dari Forbes.

Keluarga Hartono

Posisi keluarga terkaya pertama di Indonesia ialah pemilik perusahaan rokok PT Djarum, yaitu keluarga Hartono. Seperti yang dikutip dari Forbes, Robert Budi Hartono dan Michael Budi Hartono ini memiliki kekayaan hingga 35 miliar dolar Amerika, yang jika diubah jadi rupiah kira-kira mencapai Rp503,7 triliun.

Selain dari Djarum, dua bersaudara Hartono ini juga menjadi pemegang saham terbesar di Bank BCA. Tidak hanya itu saja, mereka juga melebarkan sayap bisnisnya di bidang properti, seperti Graha Padma Internusa, Puri Cugni, Cipta Bumi Indah, dan lain-lainnya.

Keluarga Wonowidjojo

Keluarga Wonowidjojo menjadi keluarga terkaya kedua di Indonesia karena sukses membangun dan membesarkan perusahaan rokok, yaitu PT Gudang Garam Tbk. Perusahaan yang sudah dirintis sejak 1958 itu berhasil menghantarkan Susilo Wonowidjojo meraih kekayaan mencapai 9,2 miliar dolar Amerika atau Rp132,2 triliun.

Tidak hanya pasar rokok, keluarga Wonowidjojo ini juga mengelola perkebunan kelapa sawit melalui Grup Makin. Selain itu, Melinda Setyo yang merupakan istri dari Susilo merupakan pebisnis aktif dan pernah memiliki 50 persen saham PT Hair Star Indonesia (perusahaan pabrik rambut palsu).

Keluarga Widjaja

Keluarga terkaya ketiga di Indonesia menurut Forbes ialah Eka Tjipta Widjaja. Keluarga tersebut memiliki kekayaan hingga 8,6 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp123,7 triliun.  Walaupun sudah meninggal dunia, Eka Tjipta Widjaja merupakan sosok pengusaha yang menginspirasi. Pasalnya, ia sudah merintis usaha dari nol. Berkat kerja kerasnya, kini keluarga Widjaja ini memiliki gurita bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti kelapa sawit, kertas, perbankan, dan lain sebagainya. 

Tidak hanya itu, ia juga membangun ITC Mangga dua, Green View Apartemen, dan Ambassador di Kuningan. Bahkan, pemilik nama asli Oei Ek-Tjhong ini juga mendirikan Eka Tjipta Foundation (ETF) guna pemberdayaan dan pembinaan, ekonomi masyarakat, dan pelestarian lingkungan hidup.

Keluarga Lohia

Selanjutnya, ada keluarga Lohia yang menjadi keluarga terkaya keempat di Indonesia. Sri Prakash Lohia yang merupakan salah satu anggota keluarga Lohia ini merupakan pemilik perusahaan PT Indorama Petrochemicals Indonesia dengan kode saham yang dimilikinya adalah INDR. Ia tercatat memiliki kekayaan sebesar US 7,5 atau sekitar Rp108 triliun.

Itulah daftar keluarga terkaya di Indonesia versi Forbes. Semoga beberapa daftar di atas bisa menjadi inspirasimu untuk bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait