4 Material Pilihan Agar Pagar Rumah Unik dan Tetap Kokoh

Pagar Rumah

Pagar rumah adalah salah satu hal yang penting khususnya di wilayah perkotaan. Tujuannya untuk keamanan dan privasi tempat tinggal kita. Apalagi jika rumah kita terletak di daerah yang strategis dan ramai maka pagar rumah akan semakin penting.

Umumnya, pagar rumah menggunakan material baja dan besi agar kokoh dan aman bagi penghuninya. Namun sebenarnya ada banyak opsi material lainnya yang bisa dipakai. Material tersebut selain juga kuat namun memberikan kesan unik bagi rumah kita. Berikut adalah empat material pilihan untuk pagar rumah yang unik dan lain dari biasanya:

Kayu

Material kayu memberikan kesan unik dan netral untuk berbagai desain rumah. Pagar kayu memberikan kesan ramah untuk wilayah pedesaaan, karena dekat dengan lingkungan sekitar. Sedangkan rumah di perkotaan dengan pagar kayu akan terkesan mewah dan unik.

Hanya saja, pagar kayu membutuhkan pemeliharaan yang sedikit rumit, karena mudah lapuk terkena air. Salah satu solusinya yakni melakukan pengawetan dengan cairan kimia atau menggunakan kayu yang kuat seperti ulin atau jati.

Bambu

Bambu dipercaya lebih awet dan tahan lama dibandingkan kayu jika diolah dengan benar. Caranya dengan proses pengawetan melalui cairan kimia agar tak mudah lapuk. Selain itu bambu juga lebih elastis, sehingga lebih mudah dikreasikan menjadi berbagai variasi pagar rumah.

Harganya juga relatif lebih murah dibandingkan kayu atau beton. Kalau masih meragukan kekuatannya, bisa juga mengombinasikannya dengan besi sebagai pembatas rumah.

Batu Bata

Pagar rumah yang terbuat dari batu bata biasanya kokoh dan tetap unik. Biasanya, batu bata yang dijadikan pagar rumah tidak diplester agar nampak teksturnya. Namun kadangkala ini bisa memberikan kaku dan membosankan. Cara mengakalinya bisa dengan memilih batu bata berwarna cerah atau berkreasi dengan desainnya.

Material ini juga relatif lebih murah jika dibandingkan kayu atau beton. Kekurangannya adalah rawan lumut khususnya di musim penghujan atau daerah yang lembab.

Batu Alam

Batu alam juga bisa digunakan untuk membangun pagar yang kokoh dan tidak biasa. Kreasikan bentuknya dengan menyusunnya secara acak namun tetap berseni. Gunakan semen sebagai lemnya agar pagar rumahmu kuat dan tahan lama.

Penggunaan batu alam sering dipakai untuk rumah dengan konsep modern minimalis. Hanya saja, Pagar dari batu alam rawan lumut jika tidak dirawat dengan baik. Kekokohannya juga harus ditopang dengan tiang beton agar awet bertahun-tahun.

Rumah yang terletak di daerah yang ramai dan strategis adalah satu langkah maju dari segi investasi bagi pemiliknya. Apalagi jika bangunan tersebut tetap terawat dan kokoh meski sudah berdiri bertahun-tahun. Nilai rumah di daerah strategis besar kemungkinan naik secara signifikan karena dampak ekonomi di sekitarnya.

Kamu bisa melakukan investasi pembelian rumah di beberapa lokasi yang menjadi lahan pengembangan daerah. Hal ini agar biaya beli properti dan lahan murah namun kamu merasakan kenaikan harganya. Salah satunya seperti lahan di lokasi calon bandara, jalur alternatif antar daerah, atau tempat wisata. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait