Cat Rumah yang Bagus, Nyaman bagi Penghuni dan Dompet

Cat Rumah yang Bagus

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli cat biasanya cukup banyak dibandingkan yang lain. Apalagi jika kamu memilih membangun rumah sendiri dan bukan melalui developer. Cat rumah yang bagus dan tahan lama biasanya berharga mahal, khususnya dari merek-merek ternama.

Karena itu, banyak pasangan muda kerap bingung soal perkara cat rumah mereka. Jika ingin cat rumah yang bagus biasanya berharga lebih mahal. Kalau memilih yang murah tentunya pilihannya terbatas. Belum lagi kalau mempertimbangkan efek psikologis warna pada penghuninya.

Ajaib akan memberikan tips dan trik memilih cat yang baik untuk rumahmu agar tetap nyaman baik di kantong maupun mata penghuninya.

Pilih Warna Terang

Warna cat yang yang lebih terang dan netral bisa memberikan efek lebih luas pada ruangan. Hal ini untuk mengakali luas ruangan rumah modern yang biasanya sangat terbatas. Kalau warna putih menurutmu terlalu membosankan, bisa pilih warna lain seperti kuning muda, biru pastel, atau abu-abu. Toko bangunan biasanya memberikan harga lebih murah untuk warna-warna dasar seperti putih, coklat dan abu-abu.

Bedakan Warna Ruangan

Rumah pada era terdahulu biasanya menggunakan satu pilihan warna untuk semua ruangannya. Tinggalkan gaya lama itu dan pilih warna berbeda untuk setiap ruangan di rumahmu. Agar tetap hemat, kombinasikan beberapa warna netral yang sudah dibeli untuk aplikasi ruang yang berbeda. Sebagai contoh, kuning bisa dijadikan warna dapur sementara coklat sebagai ruang keluarga agar lebih hangat.

Kombinasi Warna pada Satu Ruangan

Kamu bisa berkreasi lebih jauh dengan mengombinasikan dua warna berbeda dalam satu ruangan. Bisa dengan warna berbeda di setiap sisi dinding atau dua warna dalam satu sisi sekaligus. Pastikan warna tersebut sesuai dan komposisinya seimbang agar tidak memberikan kesan sesak dan malah tidak nyaman untuk dihuni.

Gunakan Corak

Salah satu trik lain yang bisa digunakan adalah menerapkan corak pada cat dinding rumah. Corak yang digunakan bisa berupa garis atau motif-motif kecil. Ada banyak tutorial do it your self (DIY) motif cat dinding sederhana di Youtube yang bisa kamu contek untuk memperindah dinding rumah. Cara ini jelas lebih murah dibanding membayar tukang khusus dan tetap memperindah ruangan.

Pasangan muda yang baru pertama kali memiliki rumah biasanya terlalu bersemangat mendekorasi rumahnya termasuk lewat cat maupun perabotan. Banyak pula yang kemudian teledor membelanjakan dana pembangunan rumah untuk kebutuhan sekunder ini.

Pastikan belanja rumah yang kamu lakukan bermanfaat dan bernilai. Apalagi jika pendanaannya belum sepenuhnya mandiri alias memanfaatkan KPR.

Pinjaman dari bank berupa KPR tentunya dikenakan bunga sehingga pastikan pembelanjaannya efektif. Daripada sekedar cat lebih baik dananya digunakan untuk memperkuat materialnya agar tahan lama. Rumah sendiri merupakan salah satu investasi properti yang paling diminati. Beberapa tipe investasi lainnya yang mudah bagi pemula antara lain reksa dana, emas, dan tanah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait