Yuk Investasi Saham FILM, Dukung Kemajuan Perfilman Nasional

Saham FILM
Saham FILM

Kebangkitan film nasional sudah bisa dirasakan saat ini. Setelah sempat mati suri, kini perfilman nasional sudah mulai kembali mendominasi layar lebar di tanah air. Memiliki penonton hingga jutaan sudah bukan hal yang asing lagi di perfilman nasional saat ini.

Dukungan terhadap perfilman nasional tidak saja dapat ditunjukkan dengan pergi menonton film buatan sineas tanah air serta menolak pembajakan. Lebih jauh lagi, kamu bisa tunjukkan dengan berinvestasi pada saham FILM milik PT MD Pictures Tbk.

Kenapa Harus Berinvestasi Saham?

Salah satu alasan penting dalam berinvetasi saham pada perusahaan dalam negeri, adalah sebagai bentuk nasionalisme. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa kaitannya antara nasionalisme dengan investasi saham?

Faktanya, 60% pemilik saham pada Bursa Efek Indonesia (BEI) hingga saat ini masih didominasi investor asing. Sehingga jika suatu ketika para investor asing tersebut secara serentak menarik investasinya, hal tersebut dapat menyebabkan perekonomian bangsa menjadi lumpuh.

Maka dari itu, dengan berinvestasi pada perusahaan dalam negeri, bisa menunjukkan nasionalisme. Selain itu, juga merupakan peran nyata dalam membangun perekonomian bangsa. Apalagi, dengan adanya reksa dana, kamu sudah bisa berinvestasi di saham perusahaan pilihanmu.

MD Pictures, Emiten Pertama di Bidang Rumah Produksi

MD Pictures resmi melepas sahamnya ke publik pada hari Selasa (7/8/2018). Penawaran Saham Perdana atau Initial Public Offering (IPO) kode saham FILM tersebut dilepas sebanyak 1,30 miliar saham dengan harga Rp210 per saham.

Momen FILM melantai perdana disambut baik oleh para investor. Nilainya pun segera melonjak hampir 50% ke angka Rp314 per saham. Hingga akhirnya hari perdana FILM dibuka ke publik berhasil membukukan dana Rp274,63 miliar.

Sempat Diisukan Saham Gorengan

Kenaikan saham FILM yang tergolong sangat cepat sempat membuatnya terkena isu sebagai saham gorengan. Pasalnya, sejak awal melantai harga FILM terus merangkak naik dari Rp210 per saham menjadi Rp1.520 per saham atau naik 623,81% sejak pertama kali diperdagangkan.

Hingga akhirnya BEI memberlakukan penghentian sementara (suspensi) untuk menenangkan dan memberi waktu. Langkah BEI ini bertujuan agar pelaku pasar menimbang informasi atas perusahan yang dimiliki oleh Manoj Punjabi tersebut. Tudingan itu pun tidak terbukti.

Manoj Punjabi sendiri menampik isu tersebut. Manoj mengatakan, faktor kedekatan emosional merupakan salah satu penyebab sahamnya laris manis.

Selain karena sebagai satu-satunya produsen film yang melantai di bursa saham, pada saat saham MD Pictures dilepas ke publik, banyak artis dan selebritis tanah air yang ikut membeli sahamnya. Sebut saja seperti Prilly Latuconsina, Shandy Aulia, Pandji Pragiwaksono, Fedi Nuril dan banyak lagi.

Harga Saham FILM Hari Ini

Manoj Punjabi merupakan pemilik mayoritas saham FILM sebanyak 59,9% setelah sempat menjual sahamnya pada tanggal 9 Juli 2019 sebanyak 2,6%. Dari penjualan tersebut Manoj disebut mendapatkan Rp172,9 miliar.

Harga saham pada saat dilepas Manoj berada pada posisi Rp700 per lembar. Hari ini (30/8) harga FILM ditutup pada level Rp900 per saham.

Nilai sentimentil, seperti menyukai film, memang bukan faktor utama atau satu-satunya untuk memutuskan berinvestasi dan membeli saham FILM milik PT MD Pictures Tbk. Oleh karena itu, teliti profil perusahaan serta menganalisa tren kinerja saham, harus kamu lakukan sebelum memutuskan menginvestasikan uangmu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait