Sebelum Beli, Cek Harga Emas Per Gram hari Ini

harga emas per gram
harga-emas-per-gram

Investasi logam mulia atau biasa disebut emas diminati semua kalangan. Alasannya barang mudah dijumpai dan harganya pun kompetitif. Namun sebelum membeli, kamu harus cek harga emas per gram hari ini.

Investasi emas bukan monopoli orang tua. Milenial pun melirik investasi ini. Pasalnya, proses membeli emas sangat mudah dibanding berinvestasi di instrumen lain. Karena kamu cukup datang ke kantor Antam, Pegadaian, bank syariah, atau toko emas terpercaya. Sebelum membeli, ada baiknya cek harga emas hari ini melalui laman perusahaan. Karena harga tiap gerai berbeda-beda, meskipun sama-sama emas produksi PT Antam.

Harga emas per gram hari ini, berdasarkan laman Logam Mulia milik PT Aneka tambang Tbk (04/09/2019) adalah:

  • Harga beli emas 1 gram: Rp775.000
  • Harga beli emas 5 gram: Rp3.695.000
  • Harga beli emas 10 gram: Rp7.325.000
  • Harga beli emas 25 gram: Rp18.205.000
  • Harga beli emas 50 gram: Rp36.335.000
  • Harga beli emas 100 gram: Rp72.600.000

Harga emas antam di atas sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Tetapi kamu bisa dapat potongan pajak sebesar 0,45 persen, asalkan bawa kartu NPWP waktu membeli. Lumayan, kan, diskon harganya?

Dibandingkan kemarin, Selasa (03/09), harga emas kini sudah mengalami kenaikan sebesar Rp10.000. Naik turun harga emas dipengaruhi beberapa hal. Yaitu kondisi global, misal isu politik, ekonomi, atau perang.

Seperti belakangan ini ada perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS). Permintaan emas yang tinggi, tetapi persediaan barang sedikit memengaruhi kenaikan harga emas, begitu juga sebaliknya.

Kebijakan moneter dari The Fed juga menimbulkan harga emas naik turun. Jika bank sentral AS menurunkan suku bunga acuan, harga emas naik. Berlaku hal sebaliknya.

Tak hanya The Fed, kondisi ekonomi AS juga memonopoli harga emas. Termasuk saat nilai dolar menguat, harga emas akan kuat pula. Jangan lupa untuk memperhatikan inflasi. Ketika inflasi yang membuat harga barang naik, emas pun demikian.

Meski demikian investasi emas tetap memiliki keunggulan. Keunggulan pertama, pergerakan harga stabil. Harga emas dalam negeri dipengaruhi oleh perdagangan luar negeri. Selama di luar tak ada bentrokan dagang yang serius, harga emas cenderung stabil. Bisakah turun? Bisa. tetapi penurunan harganya tidak terlalu signifikan dibandingkan kenaikannya.

Keunggulan kedua, adalah fleksibilitas nilai investasi. Mungkin kamu bisa membeli emas langsung 25 gram, tetapi kamu juga bisa beli yang 0,5 gram atau 1 gram. Kedua pecahan tersebut lebih mudah dijual dibanding menjual 25 gram.

Fleksibilitas ini membuatmu lebih mudah dalam mengelola investasi emas. Keunggulan terakhir, kamu dapat mencicil emas. Kalau modal kamu terbatas, kamu bisa mencicil emas melalui Pegadaian atau marketplace.

Jadi, Sudah riset harga emas untuk sekarang ini? Segera cek dan coba keunggulan berinvestasi emas.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait