Investor Pemula, Saham

Mau Mulai Menabung Saham? Ikuti Tipsnya Berikut Ini!

menabung saham

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang sudah mulai kepikiran untuk menabung saham, artikel dari redaksi Ajaib berikut ini cocok sekali untuk kamu baca. Simak ulasan tips menabung berikut ini ya.

Belakangan ini, masyarakat mulai sadar kalau berinvestasi akan lebih menguntungkan daripada sekadar menyimpan uang di tabungan bank biasa. Walaupun menantang, dunia investasi juga cukup menjanjikan. Adapun investasi adalah suatu aktivitas menempatkan dana pada satu periode tertentu dengan harapan akan menghasilkan keuntungan atau peningkatan nilai dari investasi tersebut.

Sekarang juga semakin banyak pilihan investasi menarik yang tidak sebatas pada emas atau properti. Kamu bisa berinvestasi dengan saham dan reksa dana. Namun, banyak orang masih menganggap kalau menabung saham merupakan hal yang hanya dapat dilakukan orang-orang kaya karena membutuhkan uang berjumlah besar. Padahal untuk menabung saham bisa dimulai dari jumlah yang sedikit.

Selain itu, peminat untuk menabung saham masih terbilang sepi karena risiko kerugian yang tinggi dan karena pemikiran bermain saham itu mirip dengan bermain judi. Tips menabung saham adalah kamu memulainya dengan jumlah yang minim agar risiko kerugian juga kecil. Jangan khawatir, bahkan modal Rp100.000 pun sudah cukup bagi kamu untuk mulai menabung saham.

3 Cara Menabung Saham dengan Mudah

#1 Program Yuk Nabung Saham

Bursa Efek Indonesia (BEI) memulai suatu kampanye Yuk Nabung Saham (YNS) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pasar modal Indonesia dan untuk menarik minat mereka dalam berinvestasi dengan menabung saham. Kampanye yang dimulai sejak tahun 2015 ini dimaksudkan untuk mengubah kebiasaan masyarakat dari menabung (saving society) menjadi berinvestasi (investing society).

Tidak semata-mata bertujuan untuk menambah jumlah investor di Indonesia, program Yuk Mulai Menabung juga berusaha untuk mengedukasi masyarakat tentang investasi dan pasar modal.

Program ini terbuka untuk semua kalangan mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, guru, karyawan, dan profesi lainnya. Tidak ada syarat khusus apapun selain memiliki kartu tanda penduduk. Dengan ikut ambil bagian dalam program Yuk Nabung Saham ini, kamu sebagai investor menjadi berperan juga, lho, dalam perekonomian nasional.

#2 Sekolah Pasar Modal (SPM)

Untuk kamu yang masih sangat asing dengan dunia investasi, tenang aja! BEI menyediakan program Sekolah Pasar Modal (SPM) yang dilaksanakan di kantor BEI itu sendiri. Cara untuk ikut kelas tersebut juga mudah, tinggal pilih jadwal lalu transfer biaya pendaftaran sebesar Rp100.000 yang nantinya akan dikembalikan dalam rekening efekmu.

Saat ini, SPM sudah memiliki dua jenis kelas yang bisa kamu pilih, yaitu kelas tatap muka dan kelas online. Jadi, kalau kamu tidak punya waktu untuk datang ke kantor BEI, kamu tetap bisa daftar kelas online! Dalam kelas online ini, kamu akan belajar melalui media video, tertulis, dan forum.

Jika kamu tidak ada waktu atau tidak minat untuk mengikuti kelas tersebut, kamu cukup datang ke perusahaan sekuritas dengan membawa KTP, NPWP, dan buku tabungan. Dalam program Yuk Menabung Saham, ada 34 perusahaan sekuritas yang bisa dipilih untuk nantinya digunakan saat berinvestasi saham di Pasar Modal Indonesia.

#3 Membuka Rekening Saham

Untuk mulai menabung saham, tips menabung saham pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuka rekening di perusahaan sekuritas. Membuka rekening efek juga tidak susah kok! Jika tidak mengikuti SPM, kamu hanya perlu datang ke perusahaan sekuritas untuk membuka rekening efek. Lalu setelah membuka rekening, kamu bisa tentukan jumlah dana yang ingin disisihkan dan jumlah saham yang ingin ditabung.

Ketika rekeningmu sudah jadi, kamu bisa mulai menyetor dana secara rutin atau menggunakan auto-transfer dari rekening pribadi. Jangan lupa untuk menyesuaikan nilai setoran per bulannya sesuai dengan kemampuan kamu, ya!

Keunggulan & Risiko Menabung Saham

Dengan menabung saham, kamu bisa belajar untuk lebih disiplin dengan melakukan pembelian sajam secara rutin untuk melakukan investasi sesuai kemampuan kamu. Di mana, uang yang tersimpan didalamnya akan disimpan dalam jangka panjang dan akan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Keunggulan saham dibandingkan tabungan biasa adalah dengan mendapatkan capital gain kenaikan harga jual dari harga beli, serta penambahan dividen atau pembagian keuntungan perusahaan. Sehingga secara bersamaan, investasi saham juga mengandung risiko. Jika ada potensi untuk mendapat capital gain, maka akan ada juga potensi capital loss yaitu harga jual lebih rendah dibanding harga beli.

Selain itu, ada juga kemungkinan terjadinya risiko likuidasi yang terjadi ketika saham perusahaan menurun atau ketika perusahaan bangkrut. Hal ini bisa dihindari dengan membeli saham blue chip yang memiliki risiko kecil dan keuntungan yang lebih stabil.

Meski terbilang saham yang bagus, harga saham blue chip tidak ada yang berada di bawah Rp1000 per lembarnya. Sedangkan saham sendiri tidak dijual lembaran melainkan per 1 lot atau 100 lembar. Sehingga, ketika kamu mau membeli saham blue chips dari perusahaan BCA misalnya, yang harganya berada di kisaran 25 ribu per lembar saham, maka untuk membelinya kamu harus menyiapkan uang kurang lebih 2,5 juta untuk membeli 1 lot saham tersebut.

Tips Menabung Saham untuk Pemula

Beneran, deh. Investasi di pasar modal itu tidak sesulit yang kamu bayangkan. Dengan adanya program Yuk Nabung Saham, BEI memberi kamu kesempatan untuk berinvestasi dalam pasar modal dengan mudah sehingga kamu bisa mengembangkan uangmu lebih maksimal. Menurut analis saham, yang harus kamu pahami sebagai investor pemula adalah saham yang merupakan instrument investasi jangka panjang.

Jadi, tips menabung saham yang perlu kamu ketahui adalah ketika saham yang kamu koleksi sedang mengalami turun harga, kamu tidak perlu panik karena idealnya investasi saham seperti ini tidak langsung serta-merta memberi kamu keuntungan yang melimpah. Nominal dalam menabung saham perlu disesuaikan dengan pendapatanmu per bulan dan idealnya adalah dengan menyisihkan sebesar 10%.

Kamu juga tidak usah berkecil hati kalau tidak punya modal besar untuk mulai menabung saham. Seperti info di atas, dengan modal Rp 100.000 saja sudah cukup, asal kita rajin dan rutin menyetor uang yang disisihkan untuk saham. Ingat, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Sebagai pemula, kamu juga tidak disarankan untuk melakukan trading saham, yaitu memperjual belikan saham yang kamu punya. Trading saham memerlukan skill dan pengalaman yang banyak karena harus memahami seluk beluk dunia saham. Kamu dapat memulai dengan membeli emiten saham yang terjangkau dan termasuk kelas menengah.

Jika kamu mau mulai menabung saham dengan sesuatu yang lebih aman dan tidak ribet, mungkin kamu bisa mempertimbangkan produk investasi reksa dana. Dengan reksa dana, kamu menyerahkan dana yang ingin ditanamkan kepada manajer investasi untuk nantinya ia kelola pada instrument investasi saham.

Dengan menyisihkan uang untuk memulai investasi reksa dana, kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif berupa return dari investasi yang kamu pilih tersebut. Selain itu, dengan reksa dana, kamu juga tidak perlu khawatir mengenai risikonya, karena risiko dari reksa dana cukup rendah dibanding investasi saham.

Nah, sekarang kamu bisa dengan mudah membeli reksa dana saham menggunakan aplikasi Ajaib yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Gimana, mudah kan? Yuk kembangkan uangmu dengan mulai menabung saham! Jangan lupa untuk mengubah gaya hidup untuk menabung uang dan gunakanlah uang untuk kebutuhan yang sesuai.

Reksa Dana, Rekomendasi Investasi dengan Risiko Minim

Nah, bagi kamu yang masih belum memahami seluk beluk dunia saham dan tidak berani mengambil risiko yang besar. Kamu bisa memanfaatkan investasi reksa dana. Di mana, dengan reksa dana, risiko yang mungkin kamu dapatkan lebih kecil dibandingkan saham. Selain itu, reksa dana juga memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan mulai dari reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, hingga reksa dana saham. Di mana, masing-masing jenis reksa dana memiliki risiko dan keuntungan yang berbeda-beda. Prinsipnya, semakin besar return yang didapat, maka semakin besar juga risiko yang mungkin diterima, begitu juga sebaliknya.

Bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi reksa dana, kamu bisa memulainya dengan mendaftar di platform reksa dana Ajaib. Dengan Ajaib, kamu bisa membuka rekening reksa dana kapan dan di mana saja secara online. Selain itu, Ajaib juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga seluruh dana atau modal investasimu akan tersimpan lebih aman didalamnya. Yuk mulai investasi sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait