Waspada, Ini Ciri-Ciri Investasi Bodong yang Harus Diketahui

investasi bodong
investasi bodong

Sekarang ini banyak investasi bodong dengan iming-iming untung besar dalam waktu singkat. kamu perlu waspada supaya tidak terjebak penipuan dengan mengetahui ciri-cirinya berikut ini.

Berbagai cara dilakukan untuk bisa menambah penghasilan demi mempersiapkan masa depan dan menghadapi masa tua nanti. Investasi jadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan uang tambahan dengan menanamkan sejumlah modal agar bisa berkembang dan hasilnya berlipat.

Namun, dengan banyaknya penipuan berkedok investasi membuat uang yang tadinya diharapkan bisa bertambah jumlahnya malah ludes tak tersisa. Oleh karena itu, kamu perlu waspada terhadap investasi bodong untuk menghindari dari aksi penipuan.

Awal bulan Oktober 2019 ini, satgas waspada investasi sudah 27 kegiatan usaha tanpa izin berkedok investasi. Apabila ditotalkan dari awal tahun 2019, mungkin sudah ada sekitar 100 investasi bodong yang ditutup oleh OJK.

Meski demikian, sayangnya masih banyak masyarakat yang minim pengetahuan soal investasi. Dengan iming-iming investasi yang menjanjikan keuntungan besar, seringkali orang mudah tergiur dan rela mengeluarkan dana besar.

Alhasil mereka harus gigit jari karena dana yang sudah disetorkan hilang begitu saja.

Maka dari itu, kamu sendirilah yang patut waspada. Setidaknya beberapa ciri-ciri ini bisa membantu kamu mengetahui investasi bodong alias investasi palsu.

Keuntungan Besar dalam Waktu Singkat

Berdasarkan informasi dari satgas waspada investasi, perusahaan yang berkedok investasi bodong biasanya menawarkan hasil dengan keuntungan yang tinggi dalam waktu singkat. Bahkan ada juga perusahaan yang menjanjikan keuntungan dalam sehari hingga 5%.

Selain itu perusahaan tersebut juga menawarkan bunga 30% per bulan, dan 60% dalam setahun. Kelihatannya menggiurkan bukan!

kamu perlu waspada dengan cara melihat perbandingan nilai keuntungan investasi yang ditawarkan oleh satu perusahaan dengan produk investasi legal yang lain.

kamu bisa mencari tahu berapa yield tertinggi dari suatu produk investasi. Secara logis, mungkinkah sebuah perusahaan baru memberikan untung hingga 60% setahun?

Dana yang Dikelola Tidak jelas

Suatu produk investasi yang legal pastinya punya penjelasan panjang terkait pengelolaan dananya secara jelas. Sebagai investor, perlu tahu kemana dana tersebut mengalir dan bagaimana skema hasil keuntungannya.

Cara sederhana untuk mendeteksinya yakni dengan mengajukan pertanyaan mendetail kepada orang tersebut soal dana yang akan dikelola. Jika penjelasannya lebih pada keuntungan semata, kamu perlu waspada itu penipuan.

Badan Hukumnya Tidak Jelas

Dalam berinvestasi, kamu harus teliti mencermati keberadaan perusahaan keuangan tersebut. Cari tahu apakah perusahaan atau lembaga tersebut sudah punya badan hukum resmi serta mengantongi izin usaha yang lengkap.

Kamu bisa mengecek legalitas izin dari perusahaan tersebut melalui website waspadainvestasi@ojk.go.id. Setidaknya luangkan waktu untuk mencari tahu hal tersebut sebelum kamu terjebak penipuan investasi bodong.

Menggunakan Nama Tokoh Masyarakat

Salah satu cara yang dilakukan pelaku investasi bodong untuk meyakinkan para korbannya adalah dengan menggunakan nama tokoh masyarakat atau orang terkenal.

Biasanya mereka mencatut nama orang terkenal dari kalangan selebriti dan tokoh-tokoh penting lainnya. Sementara yang nama tokoh dicatut belum tentu mengetahuinya dan terlibat di dalamnya.

Jangan sampai kamu terkecoh dengan nama-nama orang terkenal tersebut. Intinya prinsip dari investasi adalah high risk, high return, maka pahami dulu produk yang ditawarkan serta cara pengelolaan dananya.

Kamu pun harus berpikir secara logis apabila ada perusahaan yang menawarkan keuntungan dalam waktu singkat. Belum lagi tawaran bonus apabila berhasil merekrut anggota baru seperti macam bisnis MLM. Lebih parahnya lagi, investasi tersebut diklaim tanpa risiko.

Bacaan menarik lainnya:

Darmadji, T., & Fakhruddin, H. M. (2011). Pasar Modal Di Indonesia (Edisi 3 ed.). Jakarta: Salemba Empat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait