Tips Wawancara kerja dan Menjawab Pertanyaan Jebakan

tips wawancara kerja dan menjawab pertanyaan jebakan
tips wawancara kerja

Dapat panggilan kerja tapi takut diberikan pertanyaan jebakan? Tidak perlu bingung, redaksi Ajaib akan memberikan tips wawancara kerja sebagai berikut ini.

Wawancara kerja bisa dibilang menjadi momok yang cukup mengerikan. Apalagi bagi kamu yang baru pertama kali menghadiri wawancara kerja. Pasti akan terbayang berbagai hal, seperti pertanyaan-pertanyaan apa saja yang akan muncul saat wawancara nanti.

Sudah barang tentu setiap pelamar kerja berharap bisa lolos dari sesi wawancara dengan mudah. Agar hal itu bisa tercapai, simak tips wawancara kerja yang cukup ampuh ini.

Apalagi, terkadang ada beberapa pertanyaan jebakan dari sang pewawancara. Namun, kamu tak perlu khawatir, sebab pertanyaan jebakan yang dilontarkan tersebut hanyalah salah satu cara tim seleksi untuk mengorek informasi tentang kamu lebih dalam.

Jika kamu sudah menyiapkan sesi wawancara dengan baik, nisvaya wawancara juga akan berjalan dengan baik pula.

Maka dari itu, cobalah beberapa tips wawancara kerja di bawah ini agar bisa menjawab dan mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan jebakan yang diberikan.

Apa yang Diketahui tentang Perusahaan Ini?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang cukup penting. Pasalnya, seorang pelamar harus mengetahui tempat atau perusahaan yang dia lamar. Sehingga, pertanyaan seperti ini akan muncul utnuk mengetahui tingkat seberapa kenal calon karyawan terhadap visi dan misi perusahaan yang akan dilamar.

Untuk tips dalam menjawab pertanyaan seperti itu, pastikan kamu fokus pada sisi positif dari perusahaan yang akan kamu lamar. Jangan sampai membandingkan dengan perusahaanmu yang dulu. Tunjukkan bahwa perusahaan yang sedang kamu lamar ini memiliki keunggulan yang membaut kamu tertarik untuk bergabung. Dengan begitu, perusahaan bisa jadi semakin tertarik untuk merekrutmu menjadi karyawan mereka.

Alasan Tertarik Bergabung dengan Perusahaan Ini

Kebanyakan orang pasti akan terbawa suasana untuk menjawab pertanyaan di atas dengan lebih nyaman dan gaji lebih tinggi. Memang sah-sah saja untuk menjawab seperti itu, namun alangkah baiknya hindari jawaban seperti itu. Pasalnya, perusahaan menanyakan itu ialah untuk mencari tahu bagaimana motivasi kamu yang sesungguhnya.

Maka dari itu, pastikan jawaban yang diberikan bukan jawaban remeh seperti gaji yang lebih tinggi. Sebaiknya, jawab pertanyaan dengan alasan-alasan positif. Misalnya, ingin berkontribusi lebih dalam menyalurkan bakat. Atau lebih karena posisi yang dilamar sesuai dengan latar belakang pendidikan yang kamu miliki. Ingat, pastikan alasan bergabung lebih karena motivasi yang membangun.

Ceritakan Tentang Dirimu

Pertanyaan menjebak selanjutnya ialah ceritakan tentang dirimu. Di sini, sang pewawancara sebenarnya hanya ingin mengetahui karakter dasarmu. Karakter seorang pekerja menjadi aspek yang penting bagi perusahaan.

Maka dari itu, pilihlah 3 kata yang benar-benar mendeskripsikan dirimu. Sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Berikan gambaran karakter yang sesuai dengan kata-kata yang positif.

Rencana di Masa Mendatang

Maksud dari pertanyaan ini ialah ingin mengetahui seberapa lama ingin bergabung dengan perusahaan yang sedang dilamar. Jangan sampai ternyata perusahaan salah memperkerjakan seseorang yang suka sekali pindah-pindah kerja atau biasa disebut dengan “kutu loncat”.

Untuk menjawab pertanyaan seperti itu, uraikan tujuan jangka panjang yang ingin kamu capai. Pastikan kamu juga melibatkan perusahaan yang dilamar sebagai bagian dari rencana. Jawablah dengan bijak dan pikirkan matang-matang.

Prestasi yang Pernah Dicapai Selama Berkarir

Wajar saja jika setiap perusahaan ingin meng-hire karyawan yang terbaik. Makanya, perusahaan biasanya ingin tahu pencapaian karier di masa-masa sebelumnya.

Untuk menjawab pertanyaan ini, jelaskan dengan baik setiap pekerjaan yang telah diselesaikan di perusahaan sebelumnya. Berikan juga contoh keberhasilan nyata yang telah diraih. Buktikan bahwa kamu layak untuk diterima di perusahaan idaman.

Mengapa Berhenti dari Perusahaan Sebelumnya?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang penting. Sebab, dari jawaban pertanyaan ini, pihak perusahaan dapat menilai karakter dan orientasimu. Karena biasanya motivasi seseorang berhenti bekerja sangat erat dengan karakter dan orientasi yang dimiliki.

Maka dari itu, hindari membuat jawaban yang menyebutkan adanya masalah pribadi untuk alasan. Pastikan jawabanmu masih berkaitan dengan suatu hal yang profesional. Fokuslah pada jawaban bahwa ingin mencari posisi yang lebih baik untuk berkembang sesuai minat dan bakat.

Berapa Gaji yang Diinginkan?

Pertanyaan terkait gaji memang sulit untuk dijawab. Hal itu dikarenakan bisa jadi dalam posisi yang sama gaji yang diminta akan berbeda. Sehingga, biasanya dalam menentukan gaji butuh pemikiran yang lebih.

Maka dari itu lebih baik kamu cari tahu terlebih dahulu standar gaji di perusahaan yang akan dilamar. Hitung faktor-faktor yang berpengaruh dengan jumlah gaji seperti pengalaman dan tingkat kesulitan pekerjaan.

Jelaskan juga ekspektasimu namun pastikan masih masuk dalam standar perusahaan sehingga dapat memperoleh nilai maksimal dari standar yang diterapkan.

Apa Pendapatmu tentang Lembur?

Pertanyaan terkait lembur ini merupakan pertanyaan yang berhubungan dengan komitmenmu. Maka dari itu pastikan menjawab dengan jawaban yang cukup sesuai, tidak berlebihan namun juga tidak kurang.

Memang sebenarnya banyak yang tidak nyaman bekerja lembur. Maka dari itu nyatakan komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan sebesar mungkin. Jika harus lembur, pastikan waktunya masih dalam batas toleransi. Jangan sampai jawaban yang kamu berikan itu terkesan basa-basi.

Hobi Apa yang Disukai?

Pertanyaan seperti itu memang kesannya hanya pertanyaan basi atau random untuk mencairkan suasana. Padahal, pertanyaan itu muncul untuk menilai apakah secara kepribadian kamu cocok atau tidak dengan budaya di kantor tujuanmu. Jawab dengan sungguh-sungguh, detail dan disertai dengan alasan yang masuk akal.

Apakah ada Pertanyaan untuk Kami?

Jangan pernah menjawab “tidak” saat diberi kesempatan untuk melontarkan pertanyaan. Kamu bisa menanyakan seputar budaya kantor, peraturan dan sistem perusahaan, dan lain sebagainya. Berikan pertanyaan yang memang benar-benar kamu ingin tahu.

Itulah beberapa tips menjawab pertanyaan jebakan saat wawancara kerja. Cobalah pelajarai, maknai, dan terapkan dalam sesi wawancara selanjutnya. Semoga berhasil.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait