Investasi, Investor Pemula

Tips Memilih Sekuritas Agar Kinerja Investasi Tangguh

tips memilih sekuritas

Butuh tips memilih sekuritas? Kamu ada di artikel yang tepat. Pasalnya, redaksi Ajaib akan membagikan tips tersebut melalui ulasan ini.

Berinvestasi saham memang berbeda dengan investasi lainnya. Investasi saham adalah A Full Time Job, yang cocok bagi investor dengan passion lebih terhadap literasi tinggi.

Agar investasi sahamnya tidak berujung konyol, syarat terpenting bagi investor adalah paham tips memilih sekuritas. Sekuritas berperan sebagai partner dalam berinvestasi, maka penting untuk mampu memilih yang terbaik dan terpercaya.

Seputar Sekuritas

Sekuritas adalah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dan diawasi oleh OJK dalam kegiatannya sebagai perantara perdagangan efek (brokerage).

Dari sekian banyak deretan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, banyak yang sudah gencar meningkatkan nilai tambah kinerjanya, selain besaran modal sebagai fondasi sukses berkompetisi.

Alpino Kianjaya – Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI mengungkapkan bahwa:

  • 31 Anggota Bursa (perusahaan sekuritas) bermodal besar – dengan Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) di atas Rp250 miliar – rata-rata telah menguasai transaksi perdagangan pasar modal, dengan kontribusi secara keseluruhan mencapai 73,73% dari market share.
  • 19 perusahaan sekuritas dengan MKBD Rp100-250 miliar menguasai 12,77% dari market share.
  • 22 perusahaan sekuritas dengan MKBD Rp50-100 miliar menguasai 8,23% dari market share.
  • 33 perusahaan dengan MKBD paling kecil Rp25-50 miliar menguasai 5,26% saja dari market share.

Perusahaan sekuritas dihimbau untuk terus meningkatkan modal bisnisnya, karena merupakan faktor utama untuk meningkatkan market share. Faktor lainnya adalah resources, peningkatan layanan inovatif bagi investor atau calon investor. Bahkan jika bisa, menarik basis investor baru.

6 Tips Memilih Sekuritas

Pilih Perusahaan Sekuritas dengan Frekuensi Perdagangan Tertinggi

Frekuensi perdagangan tertinggi sama saja artinya dengan: “paling diinginkan (most wanted) oleh investor untuk menjadi partner mereka berinvestasi”. Pastinya perusahaan sekuritas ini sudah punya rekam jejak sukses, terbukti paling handal dan paling terpercaya, sehingga mengundang minat investor lain untuk ikut memilihnya.

Memilih Perusahaan Sekuritas yang Bermodal Kuat

Disrupsi dan tekanan ekonomi gobal akhir-akhir ini sering menimbulkan gejolak pada Indeks Harga Saham Gabungan. Semakin besar Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) perusahaan sekuritas tersebut, semakin tangguh pula kemampuannya menjaga stabilitas nilai saham.

Pilih Sekuritas yang Memberikan Layanan Online Trading Berkualitas

Sebuah layanan online trading berkualitas memiliki fitur smart order, yang mampu menentukan transaksi jual beli saham di pasar bursa, membatasi resiko selama bertransaksi, serta menutup posisi saham yang merugi karena bergerak berlawanan dengan prediksi, sehingga kerugiannya tidak melebar (cut loss).

Pilih Sekuritas yang Memberikan Layanan Edukasi Literasi

Training mengenai cara melakukan transaksi jual-beli saham yang tepat sangat dibutuhkan terutama oleh calon investor dan investor pemula, di antaranya meliputi tata cara menggunakan online trading dan keahlian analisis teknikal, sehingga para investor bukan cuma berspekulasi (gambling) dalam berjual-beli saham.

Pilih Sekuritas yang Tetap Menyediakan Layanan Offline

Di samping online trading, perusahaan sekuritas juga harus memberikan layanan offline trading dengan pialang saham yang siap membantu investor meng-input, melakukan, dan lebih memastikan kelancaran transaksi jual-beli saham.

Pilih Sekuritas yang Memberi Komisi Transaksi dan Bunga  yangMenguntungkan.

Besaran komisi transaksi untuk investor ritel sebaiknya < 0,25% untuk transaksi beli dan < 0,35% untuk transaksi jual. Angka-angka ini sudah cukup tinggi untuk fee progres. Selanjutnya, bunga yang dinegosiasi untuk transaksi T plus – yaitu transaksi menggunakan utang/pinjaman dana yang dalam 2-3 hari wajib dikembalikan – juga harus diperhatikan oleh investor, karena apabila tidak bisa mengembalikannya, maka utang harus ditambah atau saham itu harus dijual, dan jika tidak melakukan semuanya, akan terkena For Sale. Hati-hati!

Daftar Perusahaan Sekuritas Terbaik dengan Frekuensi Perdagangan Tertinggi di Semester II 2019

Berikut ini 10 perusahaan sekuritas asing dan lokal dengan frekuensi perdagangan tertinggi, berdasarkan pencatatan data statistik dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Mirae Asset Sekuritas Indonesia (Kode: YP)

Perusahaan sekuritas asing dengan frekuensi perdagangan mencapai 1.870.000 transaksi jual-beli di pasar reguler dan non regular, dengan nilai volume 24.140 lot senilai Rp13,72 triliun. 

Nilai MKBD terakhir Rp1,08 triliun. 

Mandiri Sekuritas (Kode: CC) 

Perusahaan sekuritas lokal yang bernaung di bawah Bank Mandiri dengan frekuensi perdagangan mencapai 1.100.000 transaksi jual-beli di pasar reguler dan non regular, dengan nilai volume 24.858 lot senilai Rp119 triliun. 

Nilai MKBD terakhir Rp335 miliar.

Indo Premier Sekuritas (Kode: PD) 

Perusahaan sekuritas lokal dengan frekuensi perdagangan mencapai 1.038.000 transaksi jual-beli, dengan volume 13,273 lot senilai Rp14,04 triliun.

Nilai MKBD hingga saat ini Rp334 miliar. 

Phillip Sekuritas Indonesia (Kode: KK) 

Perusahaan sekuritas asing dengan frekuensi perdagangan mencapai 724.000 transaksi jual-beli di pasar reguler dan non regular, dengan nilai volume 7.374 lot senilai Rp4,28 triliun. 

Nilai MKBD terakhir Rp179 miliar.

UBS Sekuritas Indonesia (Kode: AK) 

Perusahaan sekuritas asing dengan frekuensi perdagangan 556.000 transaksi jual-beli baik di pasar reguler maupun non regular, dengan nilai volume 4.163 lot senilai Rp15,15 triliun. 

Nilai MKBD terakhir Rp429 miliar.

BNI Sekuritas Indonesia (Kode: NI) 

Perusahaan sekuritas lokal milik Pemerintah yang bernaung di bawah Bank BNI dengan frekuensi perdagangan 515.000 transaksi di pasar reguler dan non regular, dengan nilai volume 10.230 lot senilai Rp11,49 triliun. 

Nilai MKBD terakhir Rp254 miliar.

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia (Kode: YU) 

Perusahaan sekuritas asing dengan frekuensi perdagangan 499.000 transaksi jual-beli di pasar reguler dan non regular, dengan nilai volume 9.211 lot senilai Rp13,73 triliun. 

Nilai MKBD Rp475 miliar.

Deutsche Sekuritas Indonesia (Kode: DB) 

Perusahaan sekuritas asing dengan frekuensi perdagangan 488.000 transaksi jual-beli di pasar reguler dan non regular, dengan nilai volume 3.599 lot senilai Rp12,97 triliun. 

Nilai MKBD) terakhir Rp331 miliar. 

RHB Sekuritas Indonesia (Kode: DR) 

Perusahaan sekuritas asing dengan frekuensi perdagangan 420.000 transaksi jual-beli di pasar reguler dan non regular, dengan nilai volume 13.503 lot senilai Rp7,45 triliun.

Nilai MKBD terakhir Rp521 miliar. 

Citigroup Sekuritas Indonesia (Kode: CG)

Perusahaan sekuritas asing dengan frekuensi perdagangan 368.000 transaksi jual-beli baik di pasar reguler dan non regular, dengan nilai volume 1.909 lot senilai Rp6,54 triliun. 

Nilai MKBD terakhir Rp212 miliar.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait