Investasi, Investor Pemula

Definisi Capital Gain dan Aspek Penting di Dalamnya

definisi capital gain

Ajaib.co.id – Semua pelaku pasar modal pastinya paham definisi capital gain. Namun tidak semuanya tahu strategi paling jitu untuk mendapatkannya. Padahal ini merupakan salah satu sumber cuan utama bagi investor saham.

Invetasi saham dianggap paling menguntungkan dibandingkan instrumen lainnya. Pasalnya, ada dua jenis keuntungan yang diperoleh oleh investor dengan jangka waktu yang berbeda. Bisa dengan pembagian dividen dari hasil keuntungan perusahaan tempatmu menanamkan modal. Bisa pula dengan keuntungan dari selisih harga ketika menjual aset investasi alias capital gain.

Keuntungan berupa dividen didapatkan secara jangka panjang sedangkan capital gain, jangka pendek. Umumnya investor pemula menyasar keuntungan berupa pembagian dividen karena lebih mudah dan minim risiko. Sedangkan trader saham menyasar keuntungan berupa selisih dari harga beli dan harga jual saham ini.

Terlebih lagi, keuntungan ini bisa didapat dalam kurun waktu kurang dari satu tahun saja. Karena itu, peluang mendapatkan cuan jauh lebih besar dibandingkan hanya menanti dividen saja. Namun memang triknya sedikit sulit dibandingkan membiarkan saham itu memberikan keuntungan bagimu.

Agar lebih memahaminya, tak ada salahnya kamu memahami definisi capital gain terlebih dulu. Definisi dari capital gain adalah keuntungan yang diperoleh seorang investor ketika harga penjualan dikurangi jumlah harga beli saham. Selisih dari harga penjualan dan harga beli ini yang kemudian diperhitungkan sebagai capital gain.

Keuntungan modal ini bisa terjadi pada banyak aset seperti properti, barang, reksa dana, obligasi, barang koleksi dan bisnis, serta opsi. Kamu berpeluang mendapatkan keuntungan besar namun dibayangi dengan risiko kehilangan aset. Namun, ada besaran pajak yang juga harus diperhitungkan ketika melakukan jual beli ini.

Capital gain atau keuntungan modal adalah tujuan akhir dari sebuah investasi, baik itu investasi saham atau investasi reksa dana. Seperti jika kamu ingin berusaha dan balik modal, capital gain kurang lebih memiliki ciri yang serupa dalam dunia investasi.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk simak apa itu capital gain dan hal penting yang ada di dalamnya.

Bukan Hanya Memahami Definisi Capital Gain, Pahami Unsurnya Agar Bisa Dapat Cuan

Capital gain atau keuntungan modal, seperti namanya, adalah keuntungan atau laba yang didapatkan dari investasi. Bentuk investasinya pun beragam mulai dari saham, oblogasi sampai dengan properti. Sebuah surat berharga atau efek bisa mendapatkan capital gain jika nilainya telah melebihi harga pembelian.

Capital gain mengacu kepada selisih antara harga jual yang lebih tinggi dengan harga pembelian yang lebih rendah. Kebalikan dari capital gain adalah capital loss atau kerugian modal. Hal ini terjadi jika surat berharga dijual dengan harga lebih rendah daripada harga pembeliannya.

Untuk diketahui, besaran capital loss sangat bervariasi tergantung pada berapa harga jual dan harga beli yang disepakati seseorang. Tidak ada hitungan pasti apakah seseorang akan mengalami capital gain atau capital loss karena ada banyak faktor yang menyertainya. 

Sama seperti capital gain, ada konsekuensi pajak yang menyertai capital loss. Berapa besaran pajak ini bergantung pada berapa lama kamu memiliki investasi tersebut dan faktor lainnya. Tentunya, setiap orang punya kewajiban untuk membayar pajak yang melekat pada investasi mereka.

Capital gain atau keuntungan modal tetap terkena pajak, di manapun lokasinya di dunia. Di Indonesia sendiri, BEI atau Bursa Efek Indonesia langsung memberikan potongan kepada tiap transaksi yang kamu lakukan, besarnya hanya 0.01% dari nilai transaksi.

Ilustrasi Capital Gain

Untuk mempermudah kamu, berikut ilustrasi capital gain dalam investasi.

Andi membeli 10 lot (1000 lembar) saham PT BCD dengan harga Rp1.000 per lembar saham. Lalu, bulan selanjutnya, ada kenaikan harga lembar saham hingga mencapai Rp1.200 per lembar. Andi peka melihat peluang ini lalu memutuskan untuk menjual saham BCD yang ia punya, hasilnya ia mendapatkan keuntungan Rp200 per lembar saham. Capital gain yang Andi dapatkan adalah Rp200.000.

Sederhana bukan? Sayangnya, aplikasinya ternyata tidak semudah itu. Untuk bisa mendapatkan keuntungan ini kamu harus bisa menentukan kapan saat yang tepat untuk menjual sahammu. Agar tahu kapan saatnya memutuskan menjual agar mendapatkan cuan maka kamu wajib memahi berbagai unsur penting di baliknya.

Faktor Penting di Balik Jenis Keuntungan Saham Ini

Untuk mencapai capital gain, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan, beberapa di antaranya adalah:

  • Waktu adalah Kunci

Ketika kamu berinvestasi, ada masa kamu akan tergoda untuk menjual lembar saham yang kamu punya. Ini tentunya harus kamu tahan karena semakin lama kamu menahan untuk membeli, maka potensi capital gain yang lebih besar akan cepat tercapai. Apalagi jika kamu adalah tipe investor yang suka jual-beli saham.

  • Capital Gain untuk Hunian

Memiliki hunian tentunya juga bentuk investasi. Dan layaknya investasi yang baik, maka nilainya akan terus naik dari masa ke masa. Jika kamu memiliki hunian, maka penting juga untuk menggali potensi capital gain dari hunian yang ingin kamu jual atau sewakan.

  • Lebih Disukai daripada Dividen

Selain capital gain, dalam dunia saham dikenal juga dividen, yaitu keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemilik saham. Meskipun frekuensi dividen bisa lebih dari 10 kali setahun, namun capital gain lebih disukai karena mampu didapatkan bahkan setelah trader menutup transaksi.

Perlu diingat bahwa waktu adalah hal yang krusial dan penting ketika berinvestasi. Lama tidaknya berinvestasi tidak menjamin apakah kamu akan mendapatkan capital gain atau sebaliknya capital loss. Memang benar bahwa semakin lama kamu memiliki sebuah investasi, maka peluang kenaikan harga pun semakin tinggi.

Akan tetapi perhitungkan juga beban variabel yang mengikuti ketika investasi jangka panjang dilakukan. Bisa-bisa, hal ini justru menurunkan kemungkinan capital gain yang kamu terima. Memahami apa itu capital gain bisa menjadi modal yang baik untuk dalam berinvestasi. Pelajari hal lain tentang investasi di blog Ajaib Indonesia.

Bukan hanya belajar soal definisi capital gain, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan ini dengan mulai berinvestasi saham lewat Ajaib. Kini aplikasi kesayanganmu memungkinkan trading saham online bersama Ajaib Sekuritas untuk transaksi yang aman, nyaman dan menguntungkan.

Ajain dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung bagi investor pemula. Kamu akan dikenalkan oleh banyak istilah lainnya selain definisi capital gain. Selain itu, kamu juga akan dibantu untuk mendapatkan keuntungan dengan adanya sejumlah data dan laporan yang dihadirkan oleh Ajaib secara berkala.

Tersedia pula forum investor agar kamu bisa berbagai pengalaman dengan investor lainnya. Salah satu fitur terpenting yang bisa membantumu dapat cuan capital gain adalah Alert. Dalam fitur notifikasi Ajaib Alert, akan membantu pengguna menjadi yang pertama tahu kapan saat terbaik untuk buy maupun cut loss saham pilihan mereka.

Jangan tunda lagi, segera mulai investasimu bersama Ajaib untuk keuangan yang lebih baik.

Artikel Terkait