Definisi Capital Gain dan Aspek Penting di Dalamnya!

definisi capital gain
definisi capital gain

Apa sih definisi Capital Gain? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, redaksi Ajaib akan mengulas definisi capital gain beserta aspek-aspek penting di dalamnya. Disimak ya

Capital gain atau keuntungan modal adalah tujuan akhir dari sebuah investasi, baik itu investasi saham atau investasi reksa dana. Seperti jika kamu ingin berusaha dan balik modal, capital gain kurang lebih memiliki ciri yang serupa dalam dunia investasi.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk simak apa itu capital gain dan hal penting yang ada di dalamnya.

Definisi Capital Gain

Capital gain atau keuntungan modal, seperti namanya, adalah keuntungan atau laba yang didapatkan dari investasi. Bentuk investasinya pun beragam mulai dari saham, oblogasi sampai dengan properti. Sebuah surat berharga atau efek bisa mendapatkan capital gain jika nilainya telah melebihi harga pembelian. Capital gain mengacu kepada selisih antara harga jual yang lebih tinggi dengan harga pembelian yang lebih rendah.

Kebalikan dari capital gain adalah capital loss atau kerugian modal. Hal ini terjadi jika surat berharga dijual dengan harga lebih rendah daripada harga pembeliannya.

Capital gain atau keuntungan modal tetap terkena pajak, di manapun lokasinya di dunia. Di Indonesia sendiri, BEI atau Bursa Efek Indonesia langsung memberikan potongan kepada tiap transaksi yang kamu lakukan, besarnya hanya 0.01% dari nilai transaksi.

Ilustrasi Capital Gain

Untuk mempermudah kamu, berikut ilustrasi capital gain dalam investasi.

Andi membeli 100 saham PT BCD dengan harga Rp1.000 per lembar saham. Lalu, bulan selanjutnya, ada kenaikan harga lembar saham hingga mencapai Rp1.200 per lembar. Andi peka melihat peluang ini lalu memutuskan untuk menjual saham BCD yang ia punya, hasilnya ia mendapatkan keuntungan Rp200 per lembar saham. Capital gain yang Andi dapatkan adalah Rp20.000.

Capital Gain dan Faktor Penting di Baliknya

Untuk mencapai capital gain, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan, beberapa di antaranya adalah:

Waktu adalah Kunci

Ketika kamu berinvestasi, ada masa kamu akan tergoda untuk menjual lembar saham yang kamu punya. Ini tentunya harus kamu tahan karena semakin lama kamu menahan untuk membeli, maka potensi capital gain yang lebih besar akan cepat tercapai. Apalagi jika kamu adalah tipe investor yang suka jual-beli saham.

Capital Gain untuk Hunian

Memiliki hunian tentunya juga bentuk investasi. Dan layaknya investasi yang baik, maka nilainya akan terus naik dari masa ke masa. Jika kamu memiliki hunian, maka penting juga untuk menggali potensi capital gain dari hunian yang ingin kamu jual atau sewakan.

Capital Gain Lebih Disukai daripada Dividen

Selain capital gain, dalam dunia saham dikenal juga dividen, yaitu keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemilik saham. Meskipun frekuensi dividen bisa lebih dari 10 kali setahun, namun capital gain lebih disukai karena mampu didapatkan bahkan setelah trader menutup transaksi.

Memahami apa itu capital gain bisa menjadi modal yang baik untuk dalam berinvestasi. Pelajari hal lain tentang investasi di blog Ajaib Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait