Emas, Investor Pemula

Pemanfaatan Emas Dilakukan Lintas Bidang

Ajaib.co.id – Siapa yang tidak mengenal emas? Semua orang tahu bahwa emas merupakan barang yang sangat berharga dan punya nilai tinggi. Selain menjadi primadona, emas juga bisa dijadikan sebagai investasi. Tidak hanya itu, ternyata emas juga memiliki manfaat lain. Berikut ini beberapa bidang yang melakukan pemanfaatan emas.

Bidang Ekonomi

Di zaman dulu, emas pernah digunakan sebagai pengganti uang dalam perdagangan. Emas juga berfungsi sebagai cadangan devisa (valuta asing) suatu negara karena nilai jualnya yang tinggi.

Hal itu juga dikarenakan emas bersifat convertible, yaitu seluruh negara bisa menggunakannya sebagai alat pembayaran internasional yang sah. Bentuk emas yang bisa dijadikan sebagai alat pembayaran adalah emas batangan. Emas sendiri bisa diperjualbelikan dalam bentuk fisik atau non fisik. Bentuk non fisik emas bisa dibeli dalam bentuk saham di bursa efek.

Bidang Sosial

Emas bisa dibilang sebagai simbol kemakmuran atau kekayaan, jadi kamu tidak perlu heran ketika melihat orang yang memiliki hobi memamerkan perhiasan emasnya, mulai dari anting emas, kalung emas, gelang emas, hingga jejeran logam mulia. Semakin banyak emas atau perhiasan yang dimiliki, maka semakin tinggi pula kedudukan dan status sosialnya. Sebab, emas dianggap sebagai barang mewah dan bernilai tinggi.

Bidang Agama

Emas juga dianggap suci oleh sebagian agama. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali peninggalan sejarah di Indonesia yang terbuat dari emas. Salah satunya adalah arca dari kerajaan Hindu dan Buddha. Arca tersebut menggambarkan para dewa yang disembah oleh umat Buddha. Saat zaman Nabi Muhammad SAW, koin emas digunakan sebagai alat transaksi dalam perdagangan.

Bidang Industri

Sifatnya yang lunak dan mudah ditempa (proses pengerjaan logam), membuat emas banyak dilirik oleh berbagai industri untuk dijadikan sebagai perhiasan. Emas bisa menjadi bentuk perhiasan, seperti kalung, gelang, dan cincin

Selain dijadikan perhiasan, sudah banyak industri yang menjadikan emas dalam bentuk lain, yaitu pajangan, souvenir, hingga gadget yang dilapisi emas. Penggunaan emas untuk barang-barang industri membuat harga jual dari barang-barang tersebut naik dan menghasilkan keuntungan.

Bidang Kesehatan

Emas di dunia kesehatan biasanya digunakan untuk mengatasi masalah gigi. Caranya, menambal gigi berlubang dengan emas atau mengganti gigi asli dengan gigi palsu berlapis emas. Selain itu, banyak pakar kecantikan yang membuat kosmetik dengan bahan emas, seperti krim emas, masker emas, lulur emas, dan lainnya. Emas juga dipercaya memiliki khasiat untuk memproduksi kolega yang membuat kulit menjadi lebih kencang, cerah, dan mengurangi kerutan.

Bidang Elektronik

Bagi kamu yang belum tahu, emas juga dimanfaatkan di bidang atau barang elektronik. Emas dipakai sebagai lapisan untuk perangkat kecil sebagai penghantar listrik di beberapa alat elektronik, seperti radio, komputer, dan handphone. Bahkan, kartu SIM juga mengandung emas. Namun, kandungan emas tersebut di kartu SIM tidak terlalu banyak.

Material Pembuatan Penghargaan

Bukan hanya diberikan untuk memberikan hadiah bagi yang tersayang, emas juga sering kali digunakan sebagai penghargaan dalam kejuaraan atau perlombaan. Entah dalam bentuk medali ataupun piala, emas biasanya menjadi salah satu bahan pembuatan penghargaan tersebut. Hal ini karena emas dinilai sebagai barang berharga yang memiliki prestise tinggi. Sehingga, sangat cocok digunakan untuk posisi juara.

Selain untuk investasi, ternyata ada banyak manfaat lain dari emas yang tidak kita ketahui. Namun, investasi emas juga menjadi tabungan yang bagus bagi kamu di masa depan. Setelah mengetahui beberapa manfaat emas, mulai tertarikkah kamu untuk berinvestasi emas? Ini merupakan investasi paling aman dan tidak termakan inflasi.

Namun, untuk berinvestasi emas, kamu harus memiliki tempat penyimpanan yang tepat dan aman, selain melidungi emas dari risiko pencurian, ini juga membantu kamu merawat emas tersebut, sehingga nilai dari emas itu sendiri tetap terjaga. Jadi, ketika kamu memilih investasi emas, pastikan kamu bisa merawatnya ya!

Bagi kamu yang tidak bisa merawat emas dengan benar, ada baiknya kamu memilih jenis investasi lainnya seperti reksa dana. Investasi reksa dana dapat kamu manfaatkan sebagai salah satu investasi dengan risiko rendah namun tetap memiliki keuntungan yang stabil.

Selain itu, kamu bisa memulai investasi reksa dana dengan lebih mudah, secara online kapan dan di mana saja. Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana yang dapat mempermudah kamu memiliki investasi dengan mudah. Hanya dengan menyimpan dana di dalam instrumen reksa dana mulai dari Rp10 ribu, kamu sudah bisa memulai investasi dan mendapatkan keuntungan. Yuk mulai berinvestasi sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait