Saham Perusahaan Pulsa TLKM Drop, Ini Kerugiannya

saham perusahaan pulsa
saham perusahaan pulsa tlkm

Saham perusahaan pulsa, TLKM sempat drop pada awal November 2019. Ini menunjukkan bahwa dunia investasi saham yang naik-turun dan sangat dinamis bisa membuat seorang investor rugi. Dalam dunia saham, kerugian adalah sesuatu yang umum namun masih bisa diminimalisir.

Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini tentunya menyita perhatian investor. Meskipun akan ada aksi korporasi terkait menurunnya kinerja saham tersebut, tetap saja nilai saham di bursa sekarang ini tidak bisa tertolong lagi.

Kerugian itu Perlu

Namun, untuk memperkuat mental seorang investor baru, layaknya ketika membangun usaha, kamu butuh untuk merasakan kerugian terlebih dahulu guna memahami kerasnya dunia saham, jika suatu waktu kejadian seperti saham perusahaan pulsa TLKM terjadi lagi.

Tidak ada yang bisa kamu lakukan. kamu akan kehilangan uang pada suatu waktu jika kamu melakukan investasi saham. Cepat atau lambar. Bahkan faktanya, mungkin hal ini sudah terjadi dan kamu tidak menyadarinya karena kerugian ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk.

Cara yang paling sederhana dan paling umum adalah, ketika kamu membeli saham dan menyaksikan harga saham turun dan tak beranjak naik. Di tahap ini, kamu memutuskan untuk menanggung sakit hati dan menjual saham. Kerugian ini disebut juga dengan kerugian modal karena melibatkan jumlah uang.

Lalu apa saja jenis kerugian investasi saham yang mesti kamu pahami?

Kehilangan Kesempatan

Kerugian, seperti kerugian modal ketika kamu investasi di perusahaan pulsa TLKM dan harga saham menurun, bisa hadir dalam berbagai bentuk. Tipe lain dari kerugian masih sangat menyakitkan dan umum terjadi.

kamu mungkin membeli saham dengan modal yang besar dan setahun setelahnya, setelah naik-turun, harga saham berada di angka yang mirip dengan modal awal dan kamu tergoda untuk menjualnya.

Ini tentunya bukan hal yang benar dilakukan karena setiap investasi datang dengan risiko. Jika harga saham kamu tidak menjamin keuntungan yang besar, maka walaupun uang yang kamu dapatkan sama dengan modal Awal, kamu tetap ‘kehilangan’ uang.

Kerugian Mendapatkan Keuntungan

Kerugian ini biasanya terjadi ketika kamu melihat harga saham naik tinggi dan jatuh dengan tiba-tiba, sesuatu yang bisa terjadi dengan saham yang lebih rapuh. Tidak banyak orang yang berhasil menjual ketika harga saham naik dan bingung ketika harga saham jatuh. Kamu mungkin merasa bahwa seharusnya kamu menjual ketika harga saham sedang naik. I.ni masih masuk kategori sebagai kerugian karena melewatkan kesempatan yang ada.

Saham perusahaan pulsa TLKM atau saham apapun itu masih rawan mengalami kerugian, meskipun risiko kerugiannya berbeda-beda. Contohnya, saham blue chip seperti Unilever tentunya akan lebih aman dan minim risiko kerugian jika dibandingkan dengan saham penny stock.

Dengan memahami dua jenis kerugian di atas, semoga tidak mengurangi minat kamu untuk melakukan investasi saham. Malah justru menggiatkan diri kamu untuk belajar lebih tentang dunia saham agar mampu beradaptasi dengan dinamika yang ada.

Bacaan menarik lainnya:

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi (Edisi Pertama ed.). Yogyakarta: Kanisius.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait