Return on Investment, dan Keuntungan Mempelajarinya

return of investment
return of investment

Return on Investment atau dikenal dengan ROI sering kamu dengar di beberapa konferensi saham atau berita-berita finansial. Tapi, sebenarnya apa itu Return On Investment dan kenapa ROI penting dalam dunia investasi?

Definisi Return On Investment

ROI dalam definisi yang sederhana adalah laba atas investasi yang perhitungannya merupakan hasil dari pembagian dari pendapatan yang dihasilkan dengan besaran modal yang ditanam. Artinya, ROI memiliki peran penting terhadap nilai profit sebuah perusahaan.

Karena pengertiannya relatif rumit, maka pakar keuangan di Indonesia memberikan defisini yang sederhana tentang ROI yaitu uang yang diperoleh atau hilang pada suatu investasi.

Investasi yang dimaksud di sini mengacu kepada aset, modal, serta anggaran biaya investai. Jika Return On Investment negatif, maka kamu harus mempertimbangkannya lagi, karena akan cenderung merugi. Sebaliknya, ROI positif akan memberikan keuntungan dalam bisnis kamu.

Keuntungan Belajar Analisis ROI

Seperti yang disinggung pada awal artikel, ROI bisa memberikan informasi terkait profit sebuah perusahaan. Itulah kenapa, analisis ROI penting dilakukan untuk memastikan efisiensi berbagai investasi yang disebutkan sebelumna, modal kerja, produksi, hingga penjualan dalam perusahaan kamu.

Sebuah analisis ROI yang dilakukan dengan baik merupakan indikasi bahwa segala hal yang berkaitan dengan keuangan dalam perusahaan kamu, baik praktik asuransi hingga manajemen keuangan, berjalan dengan lancar.

Faktor yang Bersinggungan dengan ROI

Return On Investment tentunya terdiri dari faktor-faktor pendukung yang ada di dalamnya, berikut beberapa faktor tersebut.

Tingkat Perputaran Aktiva

Terlepas dari ROI yang dihasilkan positif atau negarif, perhitungan sebuah rasio ROI bergantung kepada perputaran aktiva perusahaan. Jika perputaran aktiva cepat dalam suatu periode yang vital, maka akan memengaruhi tingkat pengembalian investasi.

Profit Margin

Seperti namanya, profit margin dalam Return On Investment adalah rasio pendapatan terhadap penjualan yang diperoleh dari margin atau selisih antara hasil penjualan bersih dengan harga pokok penjualan dibagi dengan penjualan bersih.

Angka yang keluar bisa memberikan indikasi tentang kemampuan perusahaan tersebut untuk menghasilkan keuntungan. Selain dari menjadi indikator manajemenin bisnis dalam mengontrol kebutuhan operasional.

Pemahaman tentang Return On Investment di atas barulah awal saja. Kamu harus lebih giat lagi dalam menggali tentang Return On Investment, terutama jika kamu memiliki bisnis. Hal yang perlu kamu gali termasuk cara menghitung Return On Investment dan bagaimana rumus yang ada.

Nah, jika kamu sudah belajar tentang Return On Investment. Maka kamu perlu terus mempelajari tentang dunia finansial lainnya. Tentunya termasuk apa itu investasi saham, investasi reksa dana, investasi emas hingga berbagai tipe asuransi yang ada. Cakupan pengetahuan yang luas akan mempermudah kamu untuk mempelajari tentang dunia finansial dan terjun ke berbagai investasi di masa depan.

Bacaan menarik lainnya:

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi (Edisi Pertama ed.). Yogyakarta: Kanisius.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait