Saham NUSA & Saham Lain yang Aktif saat IHSG Anjlok

Saham NUSA & 4 Saham Lain yang Aktif Ditransaksikan saat IHSG Anjlok
Saham NUSA & 4 Saham Lain yang Aktif Ditransaksikan saat IHSG Anjlok

Indeks Harga Saham Gabungan atau biasa disebut dengan IHSG pada sesi penutupan perdagangan Selasa (Kamis 17 Januari 2019) mengalami penurunan 0,17 persen menjadi ke level 6.274. Sebanyak 102 saham harganya naik, 327 saham turun, dan 128 saham tetap atau stagnan.

Dari hal itu, berdasarkan data dari RTI, salah satu aplikasi yang membantu investor saham memantau pergerakan harga saham secara real time, ada 5 saham yang paling aktif ditransaksikan, di antaranya ialah saham PT Sinergi Megah Internusa TBK (NUSA), HOME (PT Hotel Mandarine Regency Tbk), TRAM (PT Trada Alam Minera Tbk), ARMY (PT Armidian Karyatama Tbk), dan RIMO (PT Rimo Internasional Lestari Tbk). Untuk selanjutnya akan dijelaskan terkait beberapa saham yang sudah disebutkan di atas.

Saham NUSA

Saham dari perusahaan PT Sinergi Megah Internusa Tbk (NUSA) ini mengalami transaksi sebanyak 581 juta saham hingga penutupan perdagangan Selasa. NUSA sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam pengoperasian Lagayette Boutique Hotel, Yogyakarta. Menurut data, harga per lembarnya Rp50 per lembar saham. Di mana, angka ini stagnan sejak pertengahan November 2019. 

Pada Maret 2019, Benny Tjokro, salah satu pemilik saham mayroitas, menjual saham nusa hingga 3 kali. Pertama, ia melakukan penjualan 1,36 persen saham pada 4 maret, 5,87 persen pada 5 maret, dan 25,51 persen pada 6 Maret.

Menurut data BEI atau Bursa Efek Indonesia, pada 12 Maret 2019 telah disebutkan bahwa Benny menjual sahamnya sebanyak 25,51 persen atau senilai Rp1,96 miliar. Selain itu, Benny juga tidak menunjuk ataupun melirih pihak tertentu untuk menjual sahamnya. Ia memutuskan untuk pihak sekuritas yang diminta mencari pemilik sahamnya.

Update berita per 14 Januari 2020 kemarin, Benny Tjokrosaputro terseret dan menjadi tersangka dalam kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

Erick Thohir sebagai Menteri BUMN baru juga ikut mengomentari penahanan tersebut. Dikutip dari Kontan, Erick mengatkan bahwa “Kami mengapresiasi pihak BPK yang sudah melakukan investigasi dan juga pihak kejaksaan yang secara cepat dan responsif menangani kasus ini,”. Menurutnya, ini merupakan langkah tegas yang membuktikan bahwa Kejaksaan Agung RI tidak pandang bulu dalam menangani kasus Jiwasraya.

Saham HOME

PT Hotel Mandarine Regency Tbk (HOME) ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam penyediaan layanan perhotelan. Perusahaan ini memiliki dan mengoperasikan Goodway Hotel di Batam. Untuk segmen operasinya, HOME mencakup kamar, makanan dan minuman, klub keanggotaan, pusat kebugaran, departeman lain, dan lain-lain. Adapun anak perusahaannya adalah PT Warga Tri Manunggal yang bergerak dalam layanan rekreasi, konstruksi, perdagangan, transportasi, dan kegiatan agrikultur. Sementara, saham HOME hingga Selasa mengalami transaksi sebanyak 1,6 miliar saham.

Saham TRAM

Saham TRAM juga menjadi salah satu saham yang paling aktif ditransaksikan pada Selasa. Saham TRAM sendiri sudah ditransaksikan sebanyak 1,1 miliar saham. TRAM (PT Trade Alam Minera Tbk) sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam penyediaan jasa transportasi angkutan laut dan pengiriman. Kegiatan bisnisnya di antaranya mencarter dan mengoperasikan kapal-kapal transportasi laut, yang mencakup kapal tangki penyimpanan terapung, kapal pengangkut muatan curah cair, kapal pengangkut curah, dan kapal pengangkut gas alam cair.

Perusahaan ini juga menyediakan jasa lain termasuk jasa kapal lepas pantai, manajemen kapal dan anak buah kapal, logistik, layanan katering, agensi, dan penerbitan lisensi. Adapun anak perusahaannya yaitu PT Hanochem Tiaka Samudra, PT Trada Dryship, PT Trada Offshore Service, PT Hanochem Shipping, PT Trada Tug and Barge, PT Trada Shipping, PT Agate Bumi Tanker, dan Trada Dryship Singapore Pte Ltd.

Saham ARMY

Selanjutnya, ada saham ARMY (PT Armidian Karyatama Tbk) yang juga mengalami transaksi paling aktif yaitu sebesar 352,3 juta saham. Secara garis besar, PT Armidian Karyatam Tbk ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang realestat. Perusahaan ini terlibat dalam konstruksi dan pengembangan proyek kota mandiri yang berada di distrik Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Saham RIMO

Terakhir ada saham RIMO (PT Rimo Internasional Lestari Tbk) yang sudah ditransaksikan sebesar 341 juta saham. RIMO ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam pengoperasian toko serba ada di Jakarta. Anak perusahaannya meliputi PT Rimo Surabaya Lestari, PT Rimo Nusantara Mandiri, dan PT Rimonet Inti Cemerlang.

Itulah beberapa saham yang tetap aktif penjualannya meski IHSG sedang anjlok. Tertarik untuk menjadi salah satu investor dari beberapa saham di atas? Yuk cek sekarang di aplikasi Ajaib. Karena di aplikasi Ajaiblah kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam melakukan investasi saham dan reksa dana kapan dan di mana saja!

Selain itu, dengan Ajaib, kamu bisa melakukan investasi dengan lebih aman, di mana aplikasi ini telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga kamu tidak perlu ragu lagi mengenai keamanan data yang akan kamu investasikan di dalam instrumen saham maupun reksa dana. Selain itu, dengan Ajaib, kamu juga tidak perlu memikirkan analisis dan sebagainya, kamu hanya perlu menentukan tujuan investasimu sekaligus menentukan return dan risiko yang kamu inginkan.

Setelahnya, kamu hanya perlu mempercayakan investasimu dengan manajer invesatasi yang kamu pilih. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasimu sekarang juga di Ajaib dan dapatkan return terbaik dari perusaahaan yang kamu ingin danai! Jangan lupa juga untuk cek laporan keuangan dan prospektrum saham yang kamu ingin beli. Download aplikasi Ajaib sekarang!

Bacaan menarik lainnya:

Sadono Sukirno. (2012). Makroekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait