Saham MNCN Terindikasi Profit Taking dan UMA, Apa Maksudnya?

Saham MNCN Terindikasi Profit Taking dan UMA, Apa Maksudnya?
Saham MNCN Terindikasi Profit Taking dan UMA, Apa Maksudnya?

Sebagai salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia, MNC dengan saham MNCN dalam beberapa waktu kebelakang tengah mengalami masalah. Beberapa waktu lalu, 4 saham milik MNC, salah satunya saham MNCN terindikasi profit taking dan melakukan Unusual Market Activity atau UMA.

Bagi investor pemula, kedua istilah ini mungkin masih kurang familiar. Agar di masa depan kamu tidak memilih saham yang terindikasi kedua hal tersebut, penting bagi kamu memahami istilah profit taking dan UMA secara lebih dalam.

Memahami profit taking

Indikasi pertama yang dialami oleh saham MNCN adalah profit taking. Perlu dipahami bahwa profit taking bisa memengaruhi segala jenis sekuritas di awal. Mulai dari saham, obligasi hingga reksa dana. Namun, istilah ini biasanya lebih sering digunakan di dunia saham dan indeks ekuitas.

Hal yang menjadi pemicu dari protif taking beragam, namun biasanya karena harga saham bergerak di atas target yang spesifik. Namun, profit taking juga bisa terjadi hanya karena harga sekuritas menanjak tajam dalam periode waktu yang singkat. Profit taking biasanya terjadi akibat laporan pendapatan tahunan atau per kuartal. Ini adalah salah satu alasan kenapa saham mungkin lebih rawan seminggu sebelum periode pelaporan dilakukan. 

Jika saham terus menanjak secara signifikan, investor dan pedagang saham mungkin akan mengambil keuntungan sebelum laporan pendapatan perusahaan dilakukan, guna menghindari risiko jika pada akhirnya laporan pendapatan merugikan mereka. Investor juga mungkin keuntungan setelah pendapatan dilaporkan guna mencegah koreksi yang lebih jauh.

Memahami unusual market activity

Selain terindikasi profit taking, saham MNCN juga terindikasi melakukan unusual market activity atau UMA. Fenomena UMA sendiri di bursa efek Indonesia hampir merupakan hal yang umum, karena Anda selalu bisa mengakses catatan beberapa saham yang terindikasi UMA di tautan www.idx.co.id.

Lalu apa yang dimaksud dengan UMA? Menurut Bursa Efek Indonesia, Unusual Market Activity atau UMA adalah aktivitas perdagangan dan/atau pergerakan harga suatu efek atau saham yang tidak biasa dalam periode waktu tertentu, yang menurut BEI bisa mengganggu perdagangan efek atau saham yang teratur, wajar dan efisien.

Jenis saham lain yang terindikasi UMA

Pada September tahun lalu, salah satu saham yang terindikasi UMA adalah saham PT Mahaka Media TBK yang pada akhirnya terkena suspensi akibat harga saham yang melonjak hingga 290%. Memahami apa itu profit taking dan unusual market activity bisa menjadi modal bagi kamu untuk lebih peka jika di masa depan ada saham-saham lain yang serupa dengan kasus saham MNCN. Jadi, jika saham yang Anda beli terindikasi akan dikoreksi karena UMA, Anda bisa menjadikannya pembelajaran untuk lebih berhati-hati dalam investasi saham. Perkaya pengetahuan kamu tentang investasi saham dengan berkunjung ke blog Ajaib Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait