Saham

LSIP Saham: Perusahaan Perkebunan yang Bisa Kamu Lirik

Saham LSIP: Perusahaan Perkebunan yang Bisa Kamu Lirik

Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan tanah yang subur di dunia. Hal ini juga dikarenakan faktor alam yaitu Indonesia memiliki banyak gunung-gunung api yang masih aktif sehingga kesuburan tanah di Indonesia tidak perlu diragukan lagi.

Kesuburan tanah di Indonesia banyak dimanfaatkan untuk area perkebunan dengan komoditas produk perkebunan antara lain kelapa sawit, karet, tebu, kakao, kelapa, kopi, cengkeh, tembakau, lada, dan masih banyak lagi. Di mana hasil perkebunan tersebut merupakan komoditas unggulan di Indonesia.

Banyak perusahaan di Indonesia yang bergerak pada sektor perkebunan, salah satunya adalah PT. Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP). Perusahaan tersebut merupakan salah satu dari 18 perusahaan perkebunan yang melantai di bursa saham dengan kode saham LSIP.

Di mana, saat ini bagi kamu yang berminat ingin menanamkan modal yang dimiliki di sektor perkebunan. Mungkin saham ini bisa menjadi opsi atau bahan pertimbangan kamu untuk menggelontorkan dana investasi ke perusahaan tersebut. Berikut ini informasi profil dan serba-serbi dari perusahaan perkebunan dengan kode saham LSIP tersebut.

Sejarah dan Profil PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP)

Perusahaan perkebunan ini bergerak dengan komoditas utama kelapa sawit dan karet, yang memang merupakan komoditas unggulan dari sektor perkebunan di Indonesia.

Selain itu, PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) juga memiliki sejumlah kecil lahan kakao dan biji-bijian.

Dalam membantu lini usaha perusahaan perkebunan ini, LSIP memiliki anak-anak perusahaan antara lain:

a. PT. Tani Musi Persada

b. PT. Sumatra Agri Sejahtera

c. Dan masih banyak lagi

Kepemilikan Saham LSIP

Saham LSIP saat ini dikuasai oleh perusahaan induk mereka, yaitu PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) 59,51%, publik 40,38% , Indofood Agri Resources Ltd 0,11%, dan Treasury Stock.

Saat ini terdapat ada 18 perusahaan perkebunan yang sahamnya bisa dibeli oleh publik, saham LSIP adalah salah satunya. Di mana, IPO saham ini dilangsungkan pada 5 Juli 1996 dengan persentase saham sebesar 19,18% atau berjumlah 38.800.000 saham. Harga saham penawaran senilai Rp4.650 per saham, dan mendapatkan dana investor sebesar Rp 180.420.000.000.

Saat ini harga saham LSIP senilai Rp1.160-Rp1.220 per saham, dengan saham yang beredar di pasaran sebanyak 6.819.963.965. Saham ini memiliki market cap senilai Rp8,22 triliun.

Dalam sejarah melantai di bursa saham, LSIP pernah membagikan dividen tunai sebanyak 5 kali pada 2014, 2015, 2016, 2017, 2018. Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), dividen tunai pada 2018 disepakati sebesar Rp19 per saham.

Kinerja PT. Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP)

PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) berhasil memperoleh pendapatan Rp667,78 miliar di kuartal 2 2019. Pendapatan ini turun dibandingkan kuartal 2 2018 sebesar Rp894,93 miliar.

Demikianlah informasi terkait saham LSIP, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan di Indonesia. Jika kamu tertarik dengan saham ini latar belakang perusahaan serta lini usaha yang mereka jalankan, saham LSIP bisa kamu memiliki saat ini juga.

Harga Saham LSIP Menguat di 2020

Pada 17 Januari 2020, harga saham LSIP terus menguat dan kini mencapi Rp 1.340. Salah satu penyebab menguatnya saham ini dikarenakan harga minyak sawit mentah (crude palm oil atau CPO) ditutup anjlok dan kemarin, 17 Januari 2020 ditransaksikan melemah.

Itulah beberapa hal terkait LSIP Saham yang semakin hari semakin mengalami peningkatan. Jadi bagaimana? Tertarik menjadi salah satu investor saham LSIP da meraih keuntungan besar? Yuk mulai investasi sekarang juga di Ajaib!

Bacaan menarik lainnya:

Abdul, Wahab. (2012). Pengantar Ekonomi Makro, Samata:Alauddin University Pers


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait