

Ajaib.co.id – Perusahaan Rohartindo Nusantara Luas (Merek Utama Nankai), yang satu ini sudah malang melintang di industri peralatan dan kebutuhan rumah tangga, mereka menyediakan berbagai produk alat-alat teknik, dan perkakas yang dapat mendukung kegiatan serta aktivitas sehari-hari.
Profil Singkat Emiten
PT Rohartindo Nusantara Luas Tbk (TOOL) merupakan perusahaan trading dengan merek utama Nankai, yang menjual produk alat-alat teknik, perkakas, kebutuhan rumah tangga (Home and Living) dan keselamatan. Perseroan menawarkan rangkaian produk yang lengkap dengan 3 kategori utama yaitu Peralatan Rumah Tangga, Perkakas, dan Tas Koper.
Perseroan melalui Entitas Anak mulai memasarkan dan melakukan penjualan produk melalui online pada tahun 2022. Dan pada tahun yang sama Perseroan membangun situs http://www.nankai.co.id/ yang dipergunakan sebagai platform Perseroan untuk menawarkan produk kepada masyarakat.
Struktur permodalan dan susunan pemegang saham Perseroan pada saat Prospektus ini diterbitkan adalah sebagai berikut, terdiri atas Ronald Hartono Tan (4,39%), Tan Ngo Moy (0,49%), dan PT Rohartindo Maju Perkasa (95,12%).
Detail Rencana IPO Saham TOOL
Saham TOOL melakukan penawaran saham perdana melalui mekanisme e-IPO. Perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya sebesar 410 juta saham baru atas nama dengan nominal Rp50 setiap lembar saham, atau sama dengan 20,00% dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham kepada masyarakat dengan harga penawarannya sebesar Rp 127.
Perseroan juga berencana menerbitkan Waran Seri I sebanyak-banyaknya 205.000.000 lembar, atau sebanyak-banyaknya 12,50% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan dalam Penawaran Umum Perdana Saham.
Rasio Saham dengan Waran Seri I adalah 2 : 1 , Artinya setiap pemegang 2 (Dua) saham baru ketika penjatahan final IPO akan memperoleh 1 (Satu) waran Seri I.
Perkiraan struktur pemegang saham setelah aksi IPO Ronald Hartono Tan (3,51%), Tan Ngo Moy (0,39%), PT Rohartindo Maju Perkasa (76,10%), dan Masyarakat (20,00%).
Penjamin pelaksana emisi efek saham IPO TOOL adalah PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Penjamin Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (Full Commitment) terhadap terhadap sisa saham yang ditawarkan yang tidak dipesan dalam Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.
Jadwal Penawaran Saham IPO TOOL
Jadwal penawaran saham berdasarkan prospektus adalah sebagai berikut:
- Masa Penawaran Awal (Bookbuilding Saham IPO TOOL) : 19 – 26 Juli 2022
- Tanggal Efektif : 29 Juli 2022
- Masa Penawaran Umum : 2 – 5 Agustus 2022
- Tanggal Penjatahan : 5 Agustus 2022
- Tanggal Distribusi Saham dan Waran : 8 Agustus 2022
- Tanggal Pencatatan Pada BEI : 9 Agustus 2022
- Masa Perdagangan Waran Seri I – Pasar Reguler : 9 Agustus 2022 – 5 Agustus 2024
- Tanggal Awal Pelaksanaan Waran Seri I : 8 Februari 2023
- Akhir Masa Berlakunya Waran Seri I : 8 Agustus 2024
Rencana Penggunaan Dana IPO Saham TOOL
Berdasarkan prospektus saham IPO TOOL, dana yang dihimpun dari kegiatan IPO setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan untuk:
1. Sekitar 54,08% akan digunakan untuk Pembelian Aset berupa 3 unit Ruko yang beralamat di Jl. RE Martadinata, Komplek Ruko Mahkota Ancol dan 2 unit Gudang yang beralamat Jl. Raya Perancis, Komplek Pergudangan Kosambi Permai.
2. Sekitar 45.92% akan digunakan untuk Modal Kerja dalam rangka pengembangan bisnis Perseroan yaitu penambahan barang-barang inventory Perseroan untuk di jual.
Sedangkan dana yang diperoleh Perseroan dari aksi pelaksanaan Waran Seri I, akan digunakan seluruhnya untuk Modal Kerja Perseroan yaitu untuk barang-barang inventory Perseroan yaitu Perkakas, Peralatan Rumah Tangga dan Tas Koper.
Kinerja Laporan Keuangan TOOL
Prospektus IPO saham TOOL menunjukan bahwa dalam 3 tahun terakhir, TOOL berhasil mencatatkan kinerja yang sangat baik, mengacu pada laporan keuangan perusahaan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 dengan Pendapatan tercatat Rp111 miliar atau naik 4% secara YoY dibandingkan dengan kinerja pada periode 31 Desember 2020 yang mencatatkan Pendapatan sebesar Rp106 miliar.
Alhasil berbuah manis pada Laba Usaha TOOL per tanggal 31 Desember 2021 menjadi senilai Rp16 miliar atau naik 13% secara YoY dibandingkan dengan kinerja pada periode 31 Desember 2020 yang mencatatkan Laba Usaha sebesar Rp14 miliar.
Rasio Keuangan TOOL
Berikut merupakan rangkuman rasio keuangan saham IPO TOOL selama bulan Desember 2019 hingga kinerja Maret 2022:
Data di atas menunjukkan TOOL secara fundamental dengan kinerja sangat baik, rasio profitabilitas mengalami peningkatan yakni, Return on Equity (ROE) menjadi 10,6% dan Net Profit Margin (NPM) menjadi 9,7%, bersamaan dengan rasio solvabilitas yang sehat dan wajar, terlihat pada Debt to Asset Ratio (DAR) hanya sebesar 0,24x dan Debt to Equity Ratio (DER) hanya sebesar 0,31x. Mencerminkan TOOL memiliki kinerja yang semakin sehat dari tahun ke tahun dan mempunyai strategi untuk meningkatkan performa rasio profitabilitas.
Kebijakan Dividen Saham TOOL
Prospektus saham IPO TOOL menuturkan bahwa pemegang saham yang tercatat dalam rekening efek berhak atas pembagian dividen saham TOOL, untuk setiap tahunnya Perseroan berencana membayarkan dividen tunai kepada pemegang saham dengan jumlah sebanyak – banyaknya 50% atas laba bersih tahun berjalan Perseroan mulai tahun buku 2023 dan seterusnya.
Prospek Bisnis
Kegiatan utama usaha Perseroan adalah masuk ke dalam kategori sektor retail dan/atau konsumsi di mana sangat erat dengan pertumbuhan dari ekonomi dan daya beli masyarakat.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Indonesia tahun 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 3,69%, lebih tinggi dibanding tahun 2020 yang mengalami kontraksi pertumbuhan sebesar 2,07%. Perekonomian Indonesia tahun 2021 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp16.970,8 triliun dan PDB per kapita mencapai Rp62,2 juta atau US$4.349,5.
Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, kinerja industri retail diproyeksikan mencapai titik pembalikan untuk mencapai peningkatan mulai Kuartal II-2022 seiring dengan optimisme pemulihan konsumsi masyarakat.
Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N. Mandey. kinerja industri retail pada Kuartal IV-2021 setidaknya mampu mendekati pencapaian pada Kuartal II-2021 atau saat penjualan retail bertumbuh sekitar 5,4%. Dan diproyeksi industri retail akan bertumbuh pada kisaran 5% – 5,5% untuk Kuartal IV-2021.
Indeks Kepercayaan Konsumen juga mengalami tren peningkatan di mana hal ini juga menunjukkan tren positif bagi daya beli konsumen:
Selain itu diproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia di mana didalamnya adalah transaksi online akan mengalami peningkatan yang signifikan untuk periode mendatang yaitu Gross Merchandise Value hingga mencapai US$146 miliar pada tahun 2025:
Dengan melihat data-data di atas, maka Perseroan melihat bahwa pulihnya keadaan ekonomi setelah adanya peningkatan kualitas terhadap penanganan pandemi akan membawa potensi yang sangat baik bagi Perseroan.
Dengan membaiknya kondisi ekonomi secara keseluruhan, tidak dapat dipungkiri bahwa potensi Perseroan dalam mencapai angka-angka yang lebih baik lagi menjadi sangat tinggi sehingga prospek dari performa Perseroan menjadi sangat menarik di masa yang akan datang.
Prospek usaha industri peralatan rumah tangga akan semakin maju dengan peralatan yang canggih. Masyarakat dunia yang menggunakan teknologi untuk keperluan rumah tangga semakin bertambah seiring dengan pertimbangan efisiensi waktu dan kemudahan yang diperoleh.
Di sisi lain, peningkatan pada middle class atau kelas menengah penduduk di Indonesia serta jumlah usia produktif penduduk Indonesia yang kian tumbuh secara agresif tentu memperluas prospek pertumbuhan yang demikian besar bagi industri perkakas dan alat rumah tangga.
Berikut adalah strategi usaha yang akan dilakukan Perseroan dalam meningkatkan kinerja usaha dan bisnis dalam beberapa tahun kedepan, yaitu :
• Membuka service centre di kota-kota besar dimana Perseroan memberikan service berupa perbaikan atau penggantian barang yang rusak sebagai bagian dari engagement dengan meningkatkan kepuasan terhadap konsumen Perseroan;
• Menambah variasi produk yang ditawarkan Perseroan serta terus mengembangkan produk yang diminati di masyarakat sesuai dengan perkembangan selera yang terkini;
• Rencana memiliki gudang sendiri yang lebih luas, sejalan meningkatnya penjualan dan antisipasi penambahan jumlah produk, serta ruang untuk tambahan karyawan dengan lingkungan/prasarana yang lebih nyaman;
• Dibentuk tim khusus di entitas anak untuk digital marketing sehingga platform milik grup Perseroan menjadi semakin optimal;
• Semakin meningkatkan dan optimalisasi platform online milik Entitas Anak sehingga semakin meningkatkan minat konsumen untuk berbelanja produk Perseroan dan Entitas Anak.
Kesimpulan
Berdasarkan laporan prospektus IPO saham TOOL, 3 tahun terakhir memiliki kinerja yang sangat sehat di dukung prospek bisnis yang selalu bertumbuh, bersamaan dengan TOOL yang menggunakan strategi pemasaran berbasis kinerja dan hemat biaya.
Dengan prospek kinerja bisnis Perseroan, serta keunggulan kompetitif yang dapat meningkatkan kinerja usaha dan bisnis, mengindikasikan IPO saham TOOL ini menarik untuk dimasukan kedalam watchlist teman-teman.
Disclaimer: Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib Sekuritas membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.