Asuransi & BPJS

Rekomendasi Asuransi Swasta Terbaik di Indonesia

asuransi smartmed premier

Ajaib.co.id – Memiliki asuransi kesehatan di usia muda saat ini sudah menjadi keharusan. Karena dengan gaya hidup yang serba instan, penyakit bisa datang kapan saja. Meskipun kamu sudah memiliki asuransi BPJS, sebaiknya kamu juga harus memiliki asuransi swasta untuk lebih amannya.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, itu bisa meringankan biaya pengobatan. Karena untuk urusan kesehatan, biasanya mahal dan bisa menguras isi saldo kamu. Dengan memiliki asuransi, kamu tidak perlu lagi khawatir akan biaya pengobatan tersebut.

Asuransi BPJS kesehatan memang diwajibkan bagi setiap warga Negara Indonesia. Banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti pelayanan yang lengkap mencakup biaya rawat jalan, biaya persalinan dan memiliki premi yang terbilang ringan.

Yang harus kamu ingat bahwa tidak semua rumah sakit melakukan kerjasama dengan asuransi BPJS. Pelayanan yang diberikan membutuhkan waktu yang lebih lama dan seterusnya. Maka untuk amannya memang memiliki dua asuransi sekaligus. BPJS dan asuransi swasta.

Dengan memiliki asuransi swasta. Kamu bisa lebih leluasa untuk memilih rumah sakit juga mendapatkan penanganan yang lebih cepat dalam keadaan darurat. Sedangkan untuk keadaan yang tidak terlalu darurat, kamu bisa memanfaatkan asuransi BPJS kesehatan.

Banyak jenis asuransi kesehatan di Indonesia. Namun idealnya asuransi mampu memberikan ketenangan dan kenyamanan pada setiap nasabahnya. Jadi ketika kamu mengalami gangguan kesehatan, kamu tidak perlu cemas akan biaya juga prosedur klaim asuransi yang merepotkan.

Asuransi kesehatan yang bagus harus memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Memiliki skema dan premi yang bisa disesuaikan dengan budget nasabah. Bisa klaim asuransi tanpa uang tunai yang membuatnya lebih praktis dan seterusnya

Untuk jaga-jaga, di bawah ini Ajaib akan memberikan beberapa daftar asuransi kesehatan swasta yang bisa kamu pilih untuk menjaga kesehatan jasmani mu di kemudian hari.

Allianz Smartmed Premier

Jika kamu sedang mencari asuransi kesehatan untuk pribadi atau keluarga. Maka asuransi Allianz Smartmed Premier ini bisa menjadi pilihan. Perlindungan yang diberikan cukup lengkap dengan jangkauan di seluruh dunia.

Salah satu asuransi kesehatan terbaik ini memiliki 10 plan dengan fasilitas yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Manfaat pertanggungan yang ditawarkan dari asuransi ini mencapai Rp6 miliar per orang dalam satu tahun.

Manfaat tersebut meliputi fasilitas cashless rawat inap, perawatan kemoterapi, HIV AIDS serta biaya pemakaman, hingga Hemodialisis. Setiap nasabah juga bisa menambah fasilitas tambahan seperti manfaat melahirkan, rawat jalan dan rawat gigi.

Semua tindakan yang dilakukan oleh rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan Allianz bisa menggunakan fasilitas pembayaran non tunai. Sedangkan untuk tindakan diluar jaringan Allianz tetap dapat ganti rugi dengan sistem reimbursement.

Untuk proses klaim reimbursement kamu bisa melakukannya secara online dengan aplikasi Allianz Eazy Claim. Kamu cukup mengirimkan foto tagihan. Di aplikasi tersebut juga memiliki informasi mengenai manfaat per polis, klaim yang diajukan sampai riwayat klaim sebelumnya.

Yang paling menyenangkan dari asuransi ini adalah kamu akan mendapatkan potongan 20% untuk premi polis perpanjangan jika kamu tidak mengajukan klaim selama setahun periode asuransi. Selain bisa untuk menghemat kesehatan juga terjamin.

Simas Sehat Gold dari Sinarmas

Jika kamu mencari asuransi kesehatan dengan biaya yang cukup terjangkau. Maka asuransi simas sehat dari sinarmas ini yang cocok untukmu. Untuk pembayaran premi dari asuransi ini bisa kamu lakukan dengan cicilan Rp77 ribu perbulan.

Cukup murah bukan. Namun meskipun murah, fasilitas yang diberikan juga cukup lengkap. Seperti ruang ICU, rawat inap, biaya operasi dan aneka perawatan serta biaya untuk mobil ambulance.

Untuk mengajukan asuransi dari simas sehat gold ini cukup praktis. Karena tidak membutuhkan medical check up. Kamu hanya diharuskan melengkapi formulir aplikasi asuransi yang berisi tentang riwayat kesehatan.

Asuransi ini tidak menetapkan limit kecuali pada biaya kamar dan ruang ICU. jadi jaminan akan diberikan sesuai dengan tagihan sampai batas limit maksimal. Untuk klaim sendiri dapat dilakukan non tunai untuk perawatan dan tindakan pada rumah sakit jaringan.

Untuk pengajuan klaim reimbursement sendiri masih dilakukan secara konvensional yaitu dengan cara mengirimkan formulir klaim serta dokumen penunjang lainnya ke kantor pusat PT Asuransi Sinar Mas. Penggantian klaim selambat-lambatnya 14 hari setelah dokumen sudah dikirim lengkap.

Jaga Sehat Plus dari Asuransi Jagadiri

Asuransi ini memberikan pelayanan yang praktis dan mudah. Untuk proses pengajuan asuransinya sendiri juga bisa dilakukan secara online melalui website resminya. Layanan bantuan asuransi jaga sehat plus ini sudah 24 jam.

Dengan begitu kamu bisa bertanya-tanya dulu perihal manfaat dan sebagainya dengan bebas kapan saja dimana saja yang penting memiliki sinyal juga pulsa. Asuransi ini memberikan santunan untuk perawatan rumah sakit dari Rp300 ribu sampai Rp900 ribu per hari.

Dan santunan sampai Rp18 juta jika meninggal dunia. Asuransi jaga sehat plus akan memberikan pengembalian premi 50% yang dibayarkan setiap tiga tahun, tanpa ataupun ada klaim. Untuk preminya sendiri sebesar Rp90.000 per bulan.

Untuk pembayarannya sudah menggunakan sistem non tunai yang membuatnya lebih praktis. Meski masih cukup baru, asuransi ini memiliki 650 rekan rumah sakit dan juga sudah memiliki izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta sudah menjadi anggota AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia).

Itulah beberapa asuransi swasta yang bisa kamu gunakan sebagai jaminan kesehatan saat keadaan darurat dan membutuhkan penanganan yang cepat. Kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi esok, namun kamu bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

Bedanya Perusahaan Asuransi Swasta Vs BPJS Kesehatan dari Pemerintah

Banyak orang yang memercayakan kesehatannya hanya di BPJS Kesehatan tanpa memiliki cadangan untuk mendaftar di perusahaan asuransi swasta. Nah, agar lebih jelasnya, di bawah ini Ajaib akan memberikan beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui tentang perusahaan swasta dan BPJS.

#1. Limit proteksi

Asuransi swasta memiliki limit proteksi berdasarkan kelas premi yang kamu ambil. Di mana, semakin mahal premi yang kamu bayar, maka semakin lengkap fasilitas yang akan kamu dapat. Biasanya, kamu akan mendapatkan daftar limit proteksi dari perusahaan asuransi tersebut. Sedangkan, ketika biaya dari plan kamu melewati batas, kamu perlu membayar sendiri selisih biaya tersebut.

Sedangkan, BPJS Kesehatan menjamin setiap pesertanya untuk mendapatkan pelayanan gratis hingga mereka sembuh. Namun, ada beberapa hal umum yang tidak bisa di cover BPJS yaitu jenis obat yang diberikan dokter tidak terdaftar pada jenis obat yang terdaftar di BPJS atau kamu menginginkan kelas kamar yang lebih baik dari kamar kelas 1 yang menjadi maksimal pelayanan BPJS.

#2. Manfaat yang akan di dapat

Hampir sebagian perusahaan asuransi swasta menawarkan fasilitas rawat inap, operasi, kunjungan dokter, dan obat gratis untuk setiap proses pengobatan pasien di rumah sakit. Untuk rawat jalan biasanya perusahaan asuransi akan memberikan premi yang sedikit lebih mahal. Biasanya, asuransi swasta akan memberikan biaya premi yang tinggi ketika ingin mendapatkan manfaat lengkap seperti gigi, perawatan untuk ibu hamil dan mata. Sedangkan, dengan BPJS, kamu bisa mendapatkan semua manfaat yang dibutuhkan mulai dari biaya gigi, kehamilan, mata, imunisasi dan program keluarga berencana.

#3. Harga premi

Harga premi yang ditawarkan perusahaan asuransi swasta sangat bervariasi dan tergantung proteksi yang dapat di cover pihak asuransi. Semakin banyak proteksi, semakin mahal juga biaya preminya. Selain itu, saat ini banyak asuransi swasta yang lebih memfokuskan asuransi – investasi. Sehingga, dana premi yang kalian bayarkan sebagian akan dimasukan ke dana asuransi dan investasi, biasanya perbandingan dana yang masuk adalah 60% untuk asuransi dan 40% untuk investasi. Besaran nominal harga standard premi asuransi swasta mulai dari Rp350 ribu per bulan hingga Rp3 juta per bulan. Besaran ini disesuaikan juga dari usia kamu ataupun pemegang asuransi tersebut. Semakin muda kamu ikut asuransi, semakin murah juga biayanya.

Sedangkan, harga premi asuransi bagi peserta BPJS Kesehatan terbilang sangat murah dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia. Di mana, asuransi ini memiliki 3 (tiga) kelas. Di mana, masing-masing kelas memiliki harga yang berbeda dengan manfaat proteksi yang berbeda juga. Untuk kelas I, kamu akan dikenakan premi Rp80 ribu, kelas II Rp51 ribu, dan kelas III Rp25ribu.

#4. Rumah sakit

Beberapa asuransi mungkin tidak bekerja sama dengan rumah sakit tertentu, namun agen asuransi swasta biasanya akan mengganti biaya dari rumah sakit tersebut. Kamu hanya perlu memberikan invoice pembayaran setelah perawatan selesai. Sehingga, kemungkinan kalian akan lebih bebas mencari rumah sakit terdekat yang kalian inginkan. 

Berbeda dengan BPJS yang memiliki flow rujukan untuk setiap pasien. Di mana, sebelum melakukan rawat inap, kamu harus datang ke faskes 1 atau fasilitas kesehatan tingkat 1 terdekat. Faskes tingkat I itu bisa berbentuk klinik, puskesmas, atau dokter keluarga. Namun, jika faskes tidak mampu merawat penyakitmu, kamu akan diberikan surat rujukan ke rumah sakit tertentu. Disinilaj kamu bisa request rumah sakit yang diinginkan setelah mengisi form rujukan lain. Namun, jika penyakit tersebut tidak darurat, kamu harus menunggu sekitar 3 bulan untuk pemindahan rumah sakit.

#5. Wilayah

Banyak perusahaan asuransi swasta yang dikelola langsung oleh perusahaan asing. Hal inilah yang membuat kamu bisa tetap mendapatkan fasilitas meski sedang berada di luar negeri ataupun luar kota. Sedangkan, BPJS Kesehatan biasanya hanya berlaku di satu daerah sesuai dengan faskes yang kamu pilih di awal.

#6. Investasi dan Asuransi Jiwa

Asuransi swasta lebih fokus untuk menggabungkan asuransi dan investasi, atau yang biasa disebut unit link. Dengan asuransi ini kamu bisa mendapatkan manfaat keduanya yang biayanya sudah dimasukan di total premi. Asuransi swasta juga menawarkan asuransi jiwa untuk pelanggannya. Sehingga, kamu bisa mendapatkan kedua benefit ini. Sedangkan, BPJS hanya untuk menjamin kesehatan kamu sebagai peserta asuransi

Artikel Terkait