Milenial

Jenis Olahraga Murah yang Bisa Dimulai Sekarang Juga

Ajaib.co.id – Meluasnya informasi positif yang menekankan pentingnya olahraga mulai banyak menumbuhkan kesadaran. Kita akan dengan mudah menemukan artikel dan tulisan sejenis seputar olahraga untuk kesehatan, baik di surat kabar, majalah, maupun situs web. Banyak yang kemudian menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Jamak pula kita temui, gaya hidup berolahraga ini melibatkan alat atau perlengkapan yang mahal. Mulai dari pakaian, sepatu, hingga piranti pendukung olahraga khusus, misalnya sepeda atau alat-alat kebugaran. Padahal, olahraga tidak melulu harus mahal. Banyak jenis olahraga yang mudah dan murah. Selain murah, pastinya olahraga ini juga olahraga yang aman dan sehat. Apa saja jenis olahraga murah yang bisa dicoba?

Naik Turun Tangga

Beruntung kalau kamu punya rumah bertingkat. Kamu tidak perlu ke mana-mana untuk berolahraga, cukup naik turun tangga yang dilakukan di rumah. Ketika di kantor atau pusat perbelanjaan, kamu juga bisa memanfaatkan tangga alih-alih lift atau eskalator. Setiap menitnya bisa bakar dua kalori, lho.

Alternatif lain dari olahraga naik turun tangga jika kamu tidak memiliki tangga di rumah atau kantor adalah naik turun kursi. Siapkan kursi yang cukup kokoh dan gunakan sebagai pengganti anak tangga. Sedikit berbeda dengan menggunakan tangga, naik turun kursi dilakukan dengan kaki kanan naik ke kursi, diikuti kaki kiri, lalu turunkan kembali kaki kanan, diikuti kaki kiri. Lakukan dengan frekuensi yang semakin cepat.

Lompat Tali

Permainan masa kecil seperti lompat tali ternyata sama dengan olahraga kardio yang mampu mengencangkan otot paha, pantat, lengan, dan bahu. Kamu bisa buat tali sendiri dari karet gelang yang dirangkai sekaligus nostalgia masa anak-anak. Tali khusus lompat tali pun banyak dijual di toko olahraga dengan harga terjangkau. Sebesar 10-15 kalori bakal hilang setiap lompat tali selama satu menit.

Lompat Jongkok

Tanpa alat dan tanpa perlu ke mana-mana, pilihannya adalah olahraga lompat jongkok. Dimulai dengan jongkok tetapi bagian tumit tidak menyentuh lantai, lalu ayunkan tangan sambil berdiri tegak. Lakukan sebanyak 30 kali dengan diselingi istirahat selama 30 detik. Cara ini bisa membakar 100 kalori dari tubuh kamu.

Berlari

Kalau merasa bosan berolahraga di dalam rumah, berlari adalah salah satu pilihannya. Kamu hanya perlu sepatu yang nyaman untuk berlari. Ingat, sepatu yang nyaman tidak harus yang berharga mahal.

Tidak perlu langsung jauh-jauh, cukup lari keliling kompleks atau sekitaran rumah pada pagi atau sore hari. Kalau pun kamu malas untuk berolahraga dengan lari keluar rumah, kamu bisa coba lari di tempat. Cukup cari ruangan yang cukup longgar di rumah, dan larilah di tempat.

Angkat Beban

Buat kamu yang tidak suka banyak gerak tetapi masih ingin olahraga, bisa coba angkat beban. Olahraga ini bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot tubuh bagian atas. Kamu bisa menggunakan barbel yang dimulai dari bobot paling ringan. Pilihan lebih murah adalah dengan membuat barbel sendiri dari botol bekas air mineral yang diisi air atau pasir.

Hula Hoop

Hula hoop bisa jadi salah satu pilihan olahraga yang aman dan sehat dilakukan bersama anak-anak. Hanya bermodal hula hoop, kamu bisa membentuk pinggan yang indah dan kaki yang berstamina. Olahraga ini juga bisa dilakukan setiap waktu, baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

Jalan Cepat

Tidak sedikit orang yang meremehkan olahraga jalan cepat dan lebih memilih olahraga lari. Padahal, manfaatnya sama besar, terutama untuk kesehatan jantung. Jenis olahraga murah ini juga praktis dilakukan bahkan sambil beraktivitas sehari-hari. Misalnya, ketika berjalan ke kantin saat makan siang, atau ketika mondar-mandir mengerjakan pekerjaan rumah, berjalanlah dengan cepat. Hemat waktu, bukan?

Push Up

Sudah tak asing dengan olahraga push up, bukan? Ya, jenis olahraga murah ini hanya menuntut kamu untuk memposisikan diri seperti tengkurap, dengan ditopang kedua tangan dan kedua ujung kaki. Lalu, perlahan turunkan badan hingga hampir menyentuh lantai, lalu angkat kembali. Selain membentuk otot tubuh, push up dapat meningkatkan kekuatan tulang, mengencangkan perut, menyeimbangkan ukuran tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.

Senam Aerobik

Senam aerobik bisa jadi pilihan menyenangkan bagi yang suka berjoget atau menari diiringi musik. Badan sehat, semangat pun meningkat. Kamu bisa mencari panduan senam aerobik dari internet, misalnya dari YouTube. Tinggal cari waktu yang tepat dan ruangan yang cukup longgar, kamu bisa langsung memulai senam aerobik.

Kalau mau senam tetapi tidak suka gerakan yang terlalu aktif, senam lantai bisa jadi solusi. Panduan senam ini juga banyak ditemukan di internet. Sebagian besar gerakan senam lantai adalah gerakan yang lebih kalem tetapi juga memiliki manfaat besar untuk kekuatan otot.

 Yoga

Yoga selama ini kerap dianggap olahraga yang eksklusif dan tidak murah. Kita harus membayar sejumlah uang yang tidak sedikit untuk satu kali pertemuan yoga bersama instruktur. Padahal, banyak juga panduan yoga di internet yang dipandu langsung oleh instruktur berpengalaman. Tentunya, panduan seperti ini bisa memudahkan kita untuk yoga di rumah saja tanpa keluar biaya. Kamu hanya perlu menyiapkan matras atau karpet yang cukup nyaman untuk menopang kaki ketika melakukan yoga.

Nah, ternyata olahraga itu tidak harus mahal, bukan? Banyak di antaranya bisa dilakukan kapan saja. Tinggal tekad yang kuat untuk konsisten berolahraga demi badan yang sehat. Jangan lupa lakukan pemanasan sebelum berolahraga untuk meregangkan otot-otot dan mencegah cedera. Semangat olahraga! 

———————————————————————————————

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait