Investasi, Investor Pemula, Milenial

Raih Cuan dengan Investasi Zaman Now, Pilih yang Mana?

Ajaib.co.id – Zaman now nggak keren kalau nggak investasi. Kalimat seperti ini sering terdengar dalam obrolan anak muda generasi milenial bahkan generasi Z. Dalam forum-forum diskusi tentang investasi pun, tidak sedikit anggota yang masih sekolah dan baru saja memiliki KTP. 

Memang, dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, kesadaran masyarakat tentang pentingnya investasi terus meningkat. Apalagi biaya hidup semakin variatif dari masa ke masa. 

Dahulu kebutuhan primer manusia hanya berkisar antara sandang, pangan, dan papan. Namun saat ini banyak kebutuhan lainnya yang dianggap kebutuhan primer bagi banyak orang. Salah satunya adalah pendidikan, termasuk sarana dan prasarana penunjangnya yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tidak heran jika banyak orang yang giat menambah penghasilan dan berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan di masa depan dan bisa bebas finansial di usia muda. Termasuk generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah maupun kuliah yang giat mencari penghasilan tambahan dengan merintis usaha kecil-kecilan.

Jangan ketinggalan! Kamu juga bisa meraih cuan atau keuntungan dari investasi zaman now. Yuk, simak pentingnya investasi dan jenis-jenis investasi berikut ini.

Mengapa Investasi Penting?

Dengan semakin berkembangnya peradaban manusia, semakin banyak bidang kehidupan yang muncul dengan berbagai tuntutan masing-masing. Gaya hidup pun semakin beragam. Hal ini berbanding lurus dengan meningkatnya biaya hidup yang dibutuhkan.

Untuk memenuhi biaya hidup yang meningkat dari waktu ke waktu ini kita membutuhkan percepatan dari sumber daya yang dimiliki. Seperti diketahui, kemampuan seorang manusia untuk bekerja mencari uang itu terbatas. Tidak semua dalam rentang usia manusia merupakan usia produktif. Ada saat-saat tertentu dimana kita tidak lagi bisa bekerja.

Oleh karena itu, investasi menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan pada saat kita tidak bekerja. Baik itu karena sudah tidak mampu lagi bekerja, maupun karena keputusan ingin bersenang-senang dan pensiun dini. Ada banyak jenis-jenis investasi yang bisa dipilih sesuai dengan karakter masing-masing.

Mengapa tidak mengumpulkan uang dengan menabung saja? Bukankah uang yang ditabung pun bisa memenuhi kebutuhan jika diperlukan? Mengapa perlu investasi?

Menabung uang tidak efektif dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan adanya inflasi yang memengaruhi harga pasar dan menggerus nilai dari uang yang disimpan. Sehingga dalam beberapa tahun, nilai uang yang disimpan akan berkurang walaupun jumlahnya tetap. Bunga tabungan di bank tidak bisa menutupi kekurangan dari pengaruh inflasi ini.

Selain itu, investasi juga sangat penting untuk memberdayakan aset yang dimiliki. Setelah bekerja bertahun-tahun dan mengumpulkan sejumlah uang, tentu sangat disayangkan jika uang tersebut tidak dimanfaatkan. Padahal jika diinvestasikan, uang yang dimiliki tersebut dapat menjadi modal yang bisa mendatangkan keuntungan.

Jika modal yang digulirkan semakin besar, maka potensi cuan atau keuntungan yang dihasilkan akan semakin besar. Keuntungan ini bisa menjadi passive income yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membantu mewujudkan cita-citamu. 

Jenis-Jenis Investasi Zaman Now

Saat ini, iklim investasi di Indonesia telah dirancang sekondusif mungkin agar dapat merangkul para investor pemula. Terbatasnya jumlah modal yang dimiliki bukan lagi halangan untuk melakukan investasi sejak dini. Kamu bisa memilih jenis-jenis investasi zaman now berikut ini.

Saham

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang sangat menarik. Pemerintah pun mempermudah para investor pemula yang memiliki modal terbatas dengan menetapkan batas minimal pembelian saham sebanyak 1 lot saja. Sehingga kamu bisa mulai investasi saham hanya dengan modal 5 ribu sampai 100 ribu tergantung harga saham perusahaan yang ingin kamu miliki.

Potensi cuan atau keuntungan yang bisa kamu peroleh dari investasi saham cenderung paling tinggi dibandingkan investasi lainnya. Hal ini berbanding lurus dengan risiko investasi yang menyertainya. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Kamu dapat memilih saham-saham dari perusahaan yang memiliki reputasi baik untuk memperkecil risiko yang mungkin terjadi.

Keuntungan yang bisa didapat dari investasi saham ada dua jenis, yaitu dividen dan capital gain. Dividen merupakan bagian dari laba keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Jumlah dan waktu pembagian dividen ini sesuai ketetapan dari manajemen perusahaan. 

Capital gain merupakan pertumbuhan dari nilai saham yang kamu miliki. Seperti yang diketahui, harga jual saham di pasaran fluktuatif. Jika kamu membeli saham dengan harga 800/lembar, kemudian menjualnya dengan harga 900/lembar, makan kamu akan mendapatkan keuntungan 100/lembar.

Cara memulai investasi saham sangat mudah. Pada era digital ini, kamu bisa mendaftarkan diri ke perusahaan sekuritas terbaik dan membuat rekening dana nasabah atau RDN secara online. Setelah proses verifikasi dan RDN aktif, kamu bisa menyetorkan modal dan mulai melakukan investasi pada saham pilihanmu.

Reksa Dana

Selain saham, reksa dana juga merupakan instrumen investasi zaman now yang menarik. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk melakukan analisis fundamental, teknikal, dan membaca sentimen pasar, kamu bisa memilih produk investasi reksa dana. Pada investasi reksa dana, ada manajer investasi yang akan mengelola modal yang kamu setorkan.

Berikut ini jenis-jenis reksa dana yang bisa kamu pilih:

  1. Reksa dana saham
  2. Reksa dana obligasi
  3. Reksa dana campuran
  4. Reksa dana pasar uang

Cara memulai investasi reksa dana pun tidak sulit. Seperti investasi saham, kamu juga bisa menempatkan dana yang kamu ingin investasikan pada reksa dana secara online. Agar lebih praktis, kamu bisa download aplikasi Ajaib pada smartphone-mu. Dengan satu aplikasi Ajaib, kamu bisa investasi saham dan reksa dana.

Zaman now, investasi semakin mudah dilakukan. Kamu dapat dengan mudah mengakses informasi untuk belajar melakukan analisis terhadap jenis-jenis investasi yang kamu pilih. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas investor lainnya agar selalu up to date dengan kabar terkini terkait investasi.

Di aplikasi Ajaib, ada laman kabar yang berisi berita ekonomi terbaru dan forum diskusi komunitas investor. Sehingga kamu bisa menambah pengetahuan dan memperoleh tips investasi yang tepat. Selamat meraih cuan!

Artikel Terkait