Emas, Investasi, Investor Pemula, Reksa Dana

5 Jenis Investasi Paling Menguntungkan di Tahun Ini

investasi paling menguntungkan

Ajaib.co.id – Sebelum berinvestasi, kamu harus tahu jenis investasi paling menguntungkan yang bisa kamu ambil. Oleh itu, ada baiknya simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini mengenai empat jenis investasi paling menguntungkan.

Investasi merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh seseorang untuk mengatur finansial di masa depan. Beberapa produk investasi dikenal dapat menjadi tabungan di masa depan nanti.

Untuk kamu pahami, investasi juga bisa mengurangi persaingan antar perusahaan yang bergerak di bidang yang sama. Selain itu, investasi juga punya banyak manfaat, salah satunya meningkatkan aset.

Sebagai contoh, jika kamu membeli tanah sebagai investasi masa depan. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah jika menjual tanah tersebut di masa depan. Nah, apa saja investasi paling menguntungkan untuk kamu ambil? Simak di bawah ini.

Emas

Sudah tentu investasi emas atau logam mulia merupakan yang paling digemari di kalangan masyarakat. Sebab, harga emas itu tidak pernah turuh setiap tahunnya, cenderung naik dan terus menguntungkan. Beberapa kajian sudah menceritakan bagaimana emas zaman dahulu kala bernilai sama dengan saat ini.

Jadi misalnya satu gram emas dua puluh tahun lalu bisa membeli kambing, ternyata saat ini juga masih bernilai satu kambing. Saking stabilnya, makanya emas sempat digunakan sebagai basis untuk mencetak mata uang sebelum berubah seperti sekarang. Bagaimana dengan potensi di tahun 2019? Sudah pasti menguntungkan, karena di akhir tahun 2019, harga emas diprediksi menembus Rp800.000 per gram.

Saham

Bagi kamu yang masuk golongan generasi milenial, maka tidak ada salahnya memahami saham. Sebab, di zaman sekarang, kamu harus mencari cara untuk berinvestasi di masa depan, salah satunya adalah saham.

Pasalnya investasi jenis ini sangat berpotensi memberikan keuntungan besar bagi kamu dalam jangka waktu lama, namun juga memiliki risiko yang tinggi. Dewasa ini, saham merupakan bukti penyertaan kertas yang ada di Bursa Efek Indonesia kepada para investor.

Kertas-kertas saham itu diterbitkan oleh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Nilai jual suatu saham bisa terhitung tinggi bila kondisi keuangan perusahaan tersebut sehat.

Kini kamu bisa memulai investasi saham dengan mudah hanya lewat handphone, kapan dan di mana saja dengan Ajaib. Melalui Ajaib, kamu bisa mengecek kinerja emiten saham dengan mudah, serta membaca berita terbaru mengenai emiten tersebut. Sehingga bisa membantu kamu memulai investasi dengan lebih tepat dan terhindar dari risiko investasi.

Reksa Dana

Seperti yang redaksi Ajaib kutip dari halaman resmi Bursa Efek Indonesia, reksa dana bisa didefinisikan wadah untuk menghimpun dana dari pemodal untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Reksa dana, dalam kegiatannya, manjer investasi bekerja dengan didukung oleh tenaga profesional dalam pengelolaan investasi, yang terdiri dari Komite Investasi dan Tim Pengelola Investasi.

Sebagai gambaran, kamu tak perlu modal puluhan juta untuk berinvestasi reksa dana. Sistemnya sangat sederhana, kamu menyimpan sejumlah uang untuk investasi di reksa dana. Kemudian memilih jenis reksa dana dan manajer investasi yang bakal mengelola uang kamu. Bahkan, kamu bisa memulai reksa dana hanya dengan uang Rp10.000.

Jenis reksa dana yang bisa kamu pilih pun ada bermacam-macam mulai dari reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campran, dan juga instrumen investasi reksa dana saham. Di mana, semakin besar imbal hasil yang kamu terima, maka semakin besar juga risiko investasi yang kamu dapatkan. Perlu diketahui juga bahwa jenis investasi ini adalah jangka pendek. Sehingga bisa dianggap investasi likuid yang lebih mudah dicairkan ketika suatu saat nanti kamu membutuhkan dana darurat.

Nah, di Ajaib, kamu juga bisa memulai investasi reksa dana mulai dari Rp10 ribu. Dengan reksa dana, kamu tidak perlu repot-repot melakukan analisa investasi secara mendalam. Kamu hanya perlu membaca prospektus dan fundfact instrumen yang kamu pilih. Bukan hanya itu, dengan reksa dana kamu juga tidak perlu khawatir masalah risiko, karena risikonya lebih rendah dibanding investasi saham. Kamu juga akan dibantu oleh manajer investasi profesional dalam mengelola dana investasi tersebut.

Properti

Sejak dulu sampai sekarang, tanah masih menjadi salah satu alat investasi yang menggiurkan untuk investor lokal. Pasalnya, dengan sistem wait and see, pertumbuhan harga tanah bakal naik setiap tahunnya.

Kebutuhan membeli tanah tidak akan turun meski pendapatan warga tidak tumbuh, dampaknya hunian level menengah ke bawah diramal akan ramai terlebih di daerah luar kota besar. Namun, kenaikan suku bungan menjadi kebijakan yang bisa menurunkan daya beli masyarakat yang ingin berinvestasi dengan tanah.

Bukan hanya tanah, ada jenis investasi properti yang juga menguntungkan seperti rumah. Selain bisa kamu gunakan untuk tempat tinggal, investasi rumah juga bisa membantu kamu mendapatkan dana segar setiap harinya. Kamu bisa menyewakan rumah tersebut untuk mendapatkan pendapatan pasif setiap bulannya.

P2P Lending

P2P lending atau Peer to Peer Lending menjadi salah satu tren investasi masa kini. Tapi taukah kamu apa itu investasi P2P Lending? P2P Lending adalah kegiatan pinjam meminjam antar perseorangan.

Dalam peer lending, kegiatan dilakukan secara online melalui platform website dari berbagai perusahaan peer lending. Terdapat berbagai macam jenis platform, produk, dan teknologi untuk menganalisa kredit. Peminjam dan pendana tidak bertemu secara fisik dan seringkali tidak saling mengenal.

Peer lending tidak sama dan tidak bisa dikategorikan dalam bentuk institusi finansial tradisional seperti himpunan deposito, investasi, ataupun asuransi. Karena itu, peer lending dikategorikan sebagai produk finansial alternatif.

Di mana, keuntungan investasi ini hampir sama dengan investasi reksa dana maupun saham. Bedanya, kamu tetap mendapatkan return dari setiap investasi yang kamu pilih. Namun, risiko tidak dibayarnya piutang menjadi salah satu risiko yang cukup besar dan jarang terjadi.

Itulah beberapa jenis investasi yang bisa kamu pilih untuk memulai investasi sesuai dengan tujuan keuangan kamu. Sebelum memilih jenis investasi, pastikan kamu memilih instrumen investasi sesuai dengan tujuan keuangan kamu. Jika kamu ingin investasi jangka pendek, maka kamu bisa memilih investasi reksa dana atau P2P Lending. Sedangkan bagi kamu yang ingin berinvestasi jangka panjang, kamu bisa berinvestasi dalam instrumen saham, emas, ataupun properti. Jadi, apa investasi yang ingin kamu lakukan?

Artikel Terkait