Dunia Kerja

Prinsip Kerja yang Bisa Diterapkan Agar Sukses Berkarir

Ajaib.co.id – Prinsip kerja perlu kamu miliki agar karirmu sukses di masa depan. Memang sukses menurut masing-masing orang berbeda. Cara meraihnya pun mungkin akan berbeda pula. Namun, prinsip-prinsip ini tetap bisa diterapkan karena sifatnya umum. Jika kamu menerapkan prinsip ini secara nyata, kamu bisa meraih apa yang diinginkan.

Memiliki Target di Masa Depan

Target di masa depan ini sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jadi, setiap orang pasti punya target yang berbeda-beda. Kamu juga bisa memasang target sendiri. Dengan memiliki target yang jelas, kamu akan lebih semangat untuk meraihnya. Kamu akan lebih terpacu bekerja dengan sungguh-sungguh.

Untuk meraih target ini pastikan kamu tahu bagaimana cara-cara untuk mencapainya. Lalu, lakukan secara konsisten dalam kurun waktu tertentu. Kamu pasti mendapatkan apa yang diinginkan.

Menerima Kritikan dengan Baik

Prinsip kerja berikutnya adalah jangan takut ketika menerima kritikan. Kamu yang paling tahu tentang dirimu, jadi kamu bisa menyaring kritikan sesuai dengan kinerjamu. Jika kritikan itu hanya gertakan semu saja, kamu tidak perlu mendengarnya. Bos yang baik biasanya akan memberikan kritikan yang baik, disertai dengan solusi dan bersedia berbagi pengalaman denganmu. 

Di sini kamu perlu memiliki mentor yang kamu percaya dan bersedia membantumu ketika membutuhkan pencerahan. Perlu diingat tidak semua kritikan perlu kamu dengar, terutama yang berbau nyinyir dan asal bunyi.

Jangan Ragu Menyampaikan Ide pada Atasan

Prinsip kerja lain yang perlu kamu terapkan adalah ketika memiliki ide untuk proyek kantor, jangan ragu menyampaikannya. Keraguan muncul mungkin karena kamu takut idemu itu jelek atau takut ditertawakan. Padahal sebenarnya itu hanya ketakutanmu, jadi buang jauh pikiran yang terlalu berlebihan itu.

Bos biasanya akan menghargai usulan dari anak buahnya. Jika usulan ditolak, jangan panik. Kamu sudah punya keberanian untuk speak up saja sudah bagus. Bos biasanya akan memperhatikan karyawannya yang aktif. Jika ide yang kamu sampaikan diterima, itu akan sangat bagus untukmu ke depannya. 

Jangan Ragu Bilang Tidak Ketika Pekerjaan Sudah Menumpuk

Hal ini biasanya yang menjadi dilema para pekerja kantoran. Biasanya bos menawarkan proyek yang banyak pada kamu karena ia percaya padamu. Namun, kamu sebenarnya bukan robot yang mampu mengerjakan banyak proyek sekaligus. Kalau kamu paksakan, kamu yang akan sakit karena beban kerjanya jadi berat. Harusnya pekerjaan dilakukan berimbang pada rekan kerjamu yang lain.

Jadi, jangan takut untuk berkata tidak. Ini juga berlaku ketika ada orang-orang yang meminta bantuanmu atau mengajak melakukan hal yang sebenarnya tidak kamu sukai. Jika kamu tidak menyukainya, kamu jangan tidak enakan, tetap berani bilang tidak. Kamu bisa saja membantu orang, tapi selesaikan urusanmu terlebih dahulu.

Tentukan Target Kerja Per Hari

Target per hari bisa dikatakan target kecil. Walaupun terlihat biasa, tapi akan membantumu bekerja secara konsisten dengan baik. Kamu pun tidak akan menunda-nunda pekerjaan jika menerapkan target harian dengan baik. Targetnya tuliskan saja di memo atau buku catatan agar kamu tidak melupakannya. 

Target kerja per hari ini bisa juga berhubungan dengan target masa depan yang lebih besar. Jika kamu mencicilnya dari sekarang akan lebih baik. Jangan lengah terhadap waktu kosong. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk menyelesaikan target pekerjaan harian.

Membangun Networking

Membagun networking yang baik akan bagus untuk karirmu. Networking itu tidak hanya teman, tapi bisa menjadi rekan kerja mewujudkan kerja sama baru ke depannya. Kamu bisa membangun networking dengan orang-orang yang punya visi yang sama denganmu. Ada juga yang berhasil membangun jaringan dari hal-hal yang disukainya bersama-sama. Kesempatan untuk karir yang lebih tinggi bisa didapat dari jaringanmu yang luas itu. 

Belajar Sesuatu yang Baru

Tidak ada salahnya belajar sesuatu yang baru, yang bisa membuat skill-mu lebih meningkat. Misalnya saja selama ini kamu tidak terlalu memperhatikan keuanganmu, kamu bisa belajar bagaimana caranya mengatur uang dengan baik sehingga target finansialmu tercapai. Atau kamu mempelajari hal yang berkaitan dengan posisimu di kantor. 

Belajar bahasa baru juga sangat bagus mengingat saat ini dunia kerja semakin global. Kamu tidak hanya memiliki rekan sesama orang Indonesia, tapi juga berasal dari luar negeri. Tentu akan sangat bagus memperluas jaringanmu hingga ke luar.

Jangan Lupa Istirahat yang Cukup

Prinsip kerja selanjutnya adalah jangan lupa istirahat yang cukup. Hal ini sering dianggap remeh, padahal sama pentingnya dengan bekerja. Setelah sibuk bekerja, kamu harus beristirahat. Istirahat yang cukup akan sangat baik untuk kesehatanmu. Tidak perlu begadang apabila tidak ada pekerjaan yang mendesak.

Ketika kelelahanmu sudah menumpuk jangan memaksakan diri, kamu perlu beristirahat sampai tenaga kembali. Jika terus sehat, kamu pun akan bisa bekerja seperti biasa tanpa harus khawatir jatuh sakit. Sakit itu akan merepotkan. Cara menjaga kesehatan dengan baik salah satunya adalah istirahat yang cukup. 

Manfaatkan Waktu Cuti dengan Baik

Setiap kantor atau tempat kerja biasanya menyediakan cuti untuk para karyawan. Kamu bisa saja menunggu waktu yang tepat untuk bisa cuti dalam waktu yang lama. Ikuti syarat dari kantor kapan kamu bisa mengambil waktu cuti yang lama. Waktu cuti ini harus dimanfaatkan dengan baik. Kamu mengisinya dengan liburan ke tempat yang sudah lama ingin dikunjungi.

Liburan seperti itu mampu untuk mengembalikan pikiranmu lebih fresh, apalagi kamu bekerja setiap hari. Kamu berhak untuk mendapat reward dari kerja kerasmu selama ini.

Artikel Terkait