Kenalan dengan Emas Xuping & Jenis-Jenisnya Yuk!

Pernah Dengar Emas Xuping? Ini Dia Jenis-Jenisnya
Pernah Dengar Emas Xuping? Ini Dia Jenis-Jenisnya

Apa itu emas xuping? Perhiasaan mewah biasanya digunakan oleh orang-orang yang memiliki status sosial yang tinggi biasanya mereka berasal dari selebritas bahkan keluarga orang kaya. Penggunaan perhiasan mewah seperti emas, sudah bukan barang langka lagi kita temukan di masyarakat sekitar. Dikarenakan kini seiring dengan perkembangan zaman, perhiasaan emas bukan hanya melekat kepada orang-orang dari keluarga yang berada saja melainkan semua orang saat ini bisa menggunakan dan memiliki perhiasaan emas untuk menunjang penampilan mereka khususnya bagi kaum wanita.

Bagi kamu pecinta perhiasaan imitasi, mungkin saja perhiasan xuping masih terdengar asing di telinga kita semua. Sebenarnya, jenis perhiasaan emas ini sudah cukup lama eksis sebagai perhiasaan aksesoris untuk wanita. Nah buat kamu yang masih asing dengan apa itu xuping, berserta jenis-jenisnya? Anda bisa simak artikel dari Ajaib berikut ini.

Apa Itu Emas Xuping?

Emas ini merupakan salah satu perhiasaan dan aksesoris yang berasal negara Tiongkok. Walaupun memiliki nama “Emas Xuping”, faktanya perhiasaan emas ini bukan berbahan utama dari emas melainkan berbahan utama dari tembaga. 

Guna mempercantik tampilan perhiasaan emas xuping, biasanya perhiasaan ini dilapisi dengan rhodium, yaitu suatu logam yang berwarna keperakan yang berfungsi untuk memberikan efek kilauan dan tahan karat pada perhiasaan.

Biasanya perhiasaan emas xuping dijadikan sebagai opsi atau alternatif bagi kamu yang memang pecinta perhiasaan imitasi. Di mana, kamu terkadang mengalami alergi ketika menggunakan perhiasaan imitasi. Walaupun bahan tembaga sebagai bahan utamanya, tak jarang perhiasaan ini dilapisi oleh emas 18 karat. Oleh karena itu, perhiasaan emas ini tergolong sebagai perhiasaan aksesoris yang awet ketika digunakan. 

Harga Emas Xuping

Dari segi harganya pun, perhiasaan emas ini dapat dikatakan relatif murah, di mana jika kamu membeli perhiasaan ini dalam 1 set yang terdiri dari gelang, kalung, dan lain sebagainya. Kamu hanya akan merogoh kocek sekitar ratusan ribu saja. Berbeda halnya, dengan perhiasaan dari emas asli tentu sudah bisa kamu bayangkan berapa jumlah nominal uang yang harus dikeluarkan untuk membeli perhiasaan emas asli tersebut.

Setelah, kamu mengetahui pengertian dari emas xuping. Tentu saja, banyak dari kamu yang pasti jatuh cinta dengan perhiasaan emas satu ini. Apalagi harga yang ditawarkan yang relatif murah dan terjangkau untuk kantong dompet Anda. Namun sebelum memutuskan ingin membeli aksesoris emas xuping tersebut, tidak ada salahnya. Anda simak jenis-jenis perhiasaan emas xuping berikut ini.

Jenis Emas Xuping

a. Jenis Lapisan Rhodium & Emas

Perhiasaan xuping dengan lapisan rhodium dan emas guna memberikan efek tahan karat dan berkilau. Serta, menggunakan permata dari bahan dasar zircon yang biasanya digunakan sebagai pengganti berlian di toko emas.

b. Jenis Lapisan Emas 14 Karat

Perhiasaan xuping yang dilapisi oleh emas 14 karat akan memiliki warna kuning dan kilauannya sedikit meredup.

c. Jenis Lapisan Emas 18 Karat

Penggunaan lapisan emas 18 karat memberikan warna kuning kecokelatan dan berwarna lembut mencerminkan sisi feminim bagi wanita yang menggunakannya, kilauannya juga sedikit meredup.

d. Jenis Lapisan Emas 24 Karat

Perhiasaan xuping dengan dilapisi emas 24 karat akan memperlihatkan warna kuning terang serta berkilau.

e. Berlapis Rhodium

Jika perhiasaan xuping hanya dilapisi oleh rhodium, warna perhiasaan ini akan berwarna perak dan berkilau seperti perhiasaan perak.

f. Xuping Lapis Rose Gold

Rose gold juga dikenal sebagai emas merah akan memberikan warna pink kecokelatan dan lebih pekat dari warna lainnya. Biasanya, rose gold sangat ideal digunakan untuk segala macam perhiasaan.

Cara Membedakan Xuping Asli dan Palsu

Tidak semua emas dan perhiasan xuping asli. Pasalnya, meskipun termasuk ke dalam jenis perhiasan imitasi, masih banyak oknum yang membuat xuping palsu dengan tampilan yang menyerupai perhiasan xuping demi mendapatkan keuntungan pribadi.

Lalu bagaimana membedakannya? Kamu bisa melihat logo xuping yang ditandai dengan tulisan ‘xuping’ di setiap perhiasannya. Biasanya tulisan ini memiliki ukuran kecil, sehingga Anda harus jeli dalam melihatnya. Sedangkan perhiasan xuping palsu tidak memiliki logo tersebut.

Keunggulan Perhiasan Xuping

Meski tergolong perhiasan imitasi, jenis emas xuping juga memiliki keunggulan yang membuatnya diminati banyak orang. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

a. Cocok Digunakan Bagi Kulit Sensitif: Emas ini bisa jadi alternatif bagi kamu yang memiliki alergi terhadap jenis perhiasan lainnya. Dengan emas xuping, kamu masih bisa menggunakan perhiasan dengan tampilan yang gak kalah memesona seperti emas pada umumnya.

b. Memiliki Daya Tahan yang Lama: Emas ini mampi bertahan hingga lebih dari 1 tahun jika dirawat dengan baik. Jadi, ketika kamu memilih emas ini, pastikan kamu bisa merawatnya dengan baik.

c. Dapat Disepuh Ulang

Jika warna emas sudah terlihat kusam, kamu bisa melakukan penyepuhan untuk membuatnya cantik kembali. Namun biasanya hasil celup tidak akan seindah dengan warna ketika pertama kali kamu membelinya.

d. Tersedia dalam Beberapa Warna: Tidak hanya berwarna keemasan, xuping juga memiliki warna silver dengan tampilan yang juga menarik.

e. Murah: Alasan utama membeli xuping adalah harga yang bersahabat. Jika dibandingkan dengan emas ataupun perak, harga xuping ini jauh lebih terjangkau. Di mana, kamu bisa mendapatkan set perhiasan xuping yang terdiri dari anting, cincin, gelang, dan kalung hanya dengan ratusan ribu rupiah.

Perhiasaan emas ini bisa dijadikan opsi buat kamu yang mau tampil menawan, namun tak perlu harus mengeluarkan terlalu banyak uang. Tetapi Anda pun juga harus merawatnya dengan baik, umumnya perhiasaan ini mampu bertahan lebih dari satu tahun. Tampil memesona, tak perlu mahal kan? Namun buat kamu yang mau tampil memesona sekaligus investasi, kamu bisa membeli emas yang sesungguhnya. Atau, jika kamu tipe orang yang malas membeli perhiasan emas, kamu bisa berinvestasi dengan membeli saham atau reksa dana di Ajaib!

Bacaan menarik lainnya:

Ahmad, Komaruddin. (2004). Dasar-Dasar Manajemen Investasi dan Portofolio. Jakarta: PT Rineka Cipta


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait