Ajaib.co.id – Bagi perusahaan yang mencatatkan namanya di papan bursa sebagai perusahaan terbuka, tentu harus terus mempertahankan bisnisnya. Di mana, hal tersebut memengaruhi pergerakan dari harga sahamnya di pasar modal. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut dalam istilah ekonomi dikenal dengan economic moat.
Di mana, istilah tersebut mengacu pada kemampuan setiap perusahaan dalam mempertahankan keunggulan secara kompetitif. Hal ini juga menyangkut hasil keuntungan dan market share yang dilakukan oleh perusahaan.
Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan economic moat dan manfaat bagi sebuah perusahaan?
Pengertian Economic Moat
Pada dasarnya, economic moat merupakan istilah yang ditujukan bagi perusahaan dengan karena memiliki keunggulan berbeda yang dimiliki perusahaan sehingga memungkinkan untuk melindungi pangsa pasar maupun profitabilitasnya. Keunggulan ini nantinya menjadi keuntungan bagi perusahaan karena sulit untuk ditiru maupun diduplikasi oleh perusahaan lain.
Oleh karena itu, perusahaan yang ingin terus menghasilkan dan juga meningkatkan keuntungan bisnis, perlu membuat economic moat secara tepat. Selain itu, keunggulan ini mencakup faktor maupun hal yang memungkinkan setiap perusahaan untuk menyediakan produk barang maupun jasa serupa dengan pesaingnya, namun bisa lebih unggul.
Tidak hanya bagi perusahaan, konsep economic moat yang membuat perusahaan memiliki suatu keunggulan juga berdampak pada calon investor terutama bagi perusahaan terbuka. Mereka akan mempertimbangkan perusahaan-perusahaan yang memiliki keunggulan dalam mempertahankan kinerjanya sehingga terdapat prospek yang menjanjikan.
Hal ini berarti economic moat bisa dijadikan acuan bagi investor untuk melihat posisi produk barang atau jasa dari sebuah perusahaan terhadap kompetitornya di pasar.
Contoh Penerapan Economic Moat di Sebuah Perusahaan
Jika kamu sudah sedikit memahami arti dan konsepnya, maka kamu bisa langsung berpikir bahwa Aqua merupakan salah satu produk yang memiliki economic moat secara kuat.
Hal ini dapat dilihat dari kebiasaan para konsumen yang ingin membeli air mineral kemasan, selalu menggunakan kata Aqua. Padahal, air mineral yang dibeli justru merek lain.
Hal inilah yang menandakan jika Aqua memiliki economic moat yang begitu kuat. Mengingat, pasar Aqua dalam negeri sendiri memiliki market share terbesar jika dibandingkan dengan merek air mineral kemasan lainnya.
Walaupun, nantinya perusahaan akan menaikkan harga jual produk Aqua, mereka tidak perlu khawatir untuk kehilangan konsumen karena produknya sudah menjadi pilihan nomor satu masyarakat.
Jenis-Jenis Economic Moat
Economic moat juga memiliki jenis-jenis yang dapat diadopsi dan diterapkan pada bisnis sebuah perusahaan. Mengingat, setiap bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tentu berbeda-beda sehingga membutuhkan formula yang tepat dan sesuai untuk diterapkan.
Lalu, jenis-jenis seperti apa yang ada? Berikut beberapa jenis yang dimaksud:
Keunggulan dari Segi Biaya atau Cost Advantage
Jenis economic moat yang dapat diterapkan oleh suatu perusahaan bisa dari segi biaya atau cost advantage. Di mana, keunggulan biaya yang tidak bisa ditiru oleh pesaing mampu menjadi economic moat sangat efektif.
Perusahaan dengan keunggulan di segi biaya secara berkelanjutan mampu mempertahankan pangsa pasar mereka dalam jumlah sangat besar. Hal ini biasanya dilakukan dengan menekan pesaing baru yang ingin mencoba masuk di industri tertentu.
Keunggulan dari Biaya Peralihan Besar atau High Switching Cost Advantages
Selanjutnya, sebuah perusahaan yang memiliki kemampuan untuk memantapkan bisnisnya di suatu industri akan melakukan biaya peralihan secara tinggi bagi pemasok dan pelanggan yang lebih memilih untuk bertransaksi dengan pesaing baru.
Hal ini akan membuat pesaing baru membutuhkan waktu yang sangat lama dan sulit dalam mengambil pangsa pasar dari perusahaan yang memimpin industri karena adanya biaya peralihan rumit dan besar.
Keunggulan Aset Tidak Berwujud atau Intangible Asset advantages
Aset tidak berwujud yang dimiliki oleh perusahaan menjadi salah satu jenis lainnya. Di mana, aset tidak berwujud ini meliputi hak paten, pengenalan merek, lisensi pemerintah, dan masih banyak lainnya.
Selain itu, pengenalan nama merek yang begitu kuat juga memungkinkan setiap perusahaan dalam membebankan biaya premium pada produk mereka dibanding barang milik pesaing sehingga bisa meningkatkan keuntungan.
Soft Moats
Jenis yang terakhir adalah soft moats yang membuat beberapa perusahaan sulit diidentifikasi. Dalam hal ini, soft moat diciptakan melalui manajemen perusahaan secara baik maupun budaya perusahaan yang cukup unik.
Walaupun cukup sulit untuk dijelaskan, baik kepemimpinan dan juga lingkungan perusahaan yang unik mampu menghasilkan kontribusi untuk kesuksesan ekonomi perusahaan secara berkepanjangan.
Memahami Karakteristik Keuangan Perusahaan dengan Economic Moat
Setiap perusahaan memiliki karakteristik keuangan yang berbeda-beda dalam menerapkan konsep economic moat. Mulai dari aset tidak berwujud yang dimiliki perusahaan berupa merek terkenal seperti Nike, kekuatan harga pada Apple, keunggulan biaya pada Walmart, dan masih banyak lagi.
Selain itu, skala yang efisien dan efek jaringan menjadi semua keuntungan yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis dalam menciptakan economic moat secara luas.
Di mana, karakteristik keuangan paling jelas pada perusahaan dengan economic moat luas adalah kepada mereka yang mampu menghasilkan arus kas bebas dalam jumlah besar. Ditambah dengan kepemilikan rekam jejak pengembalian yang kuat.
Pada dasarnya, membangun bisnis yang kuat memang balik lagi ke masing-masing perusahaan. Di mana, ada sejumlah strategi yang dapat diterapkan, salah satunya economic moat, yang harus disesuaikan dengan perusahaan itu sendiri.
Dengan begitu, tujuan bisnis dalam memperkenalkan produk hingga bisa dinikmati setiap pelanggan secara berulang bisa tercapai.
Hal ini tentunya akan berdampak baik bagi keuntungan perusahaan. Perusahaan yang memiliki economic moat jelas menjadi incaran bagi para investor karena dianggap memiliki strategi bisnis yang tepat untuk menghasilkan prospek bisnis menjanjikan di masa mendatang.
Bagi kamu yang baru memulai investasi, economic moat bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih saham perusahaan.
Apalagi jika investasi saham dilakukan secara jangka panjang sehingga membutuhkan emiten-emiten yang memiliki prospek baik ke depannya. Ditambah, investasi saham saat ini semakin mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi Ajaib.
Media investasi online yang satu ini bisa membantu kamu berinvestasi di instrumen saham secara aman dan mudah.
Di mana, kamu bisa membuat rekening saham secara online langsung dari aplikasinya untuk memulai transaksi saham. Selain itu, ada sejumlah emiten saham yang dapat dipilih sesuai analisa kamu sebelumnya sehingga dapat meraih keuntungan.
Investasi saham di Ajaib juga bisa membantu kamu dalam merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang seperti membuka bisnis maupun membeli properti impian.
Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk mulai berinvestasi saham dan hasilkan keuntungan, sekarang!