Dunia Kerja

Pengertian Perusahaan Jasa dan Ciri Khasnya

Pengertian Perusahaan Jasa

Ajaib.co.id – Rasanya tidak perlu menjadi pakar ekonomi untuk memahami pengertian perusahaan jasa. Bahkan bisa dikatakan jika sektor bisnis ini belakangan dinilai lebih menjanjikan dibandingkan produksi. Khususnya bagi yang memiliki keterbatasan dalam hal modal karena lebih menonjolkan pada skill.

Pengertian perusahaan jasa adalah unit bisnis yang kegiatannya menghasilkan produk yang tidak berwujud. Dengan jasa yang diberikan itu maka pelaku usaha memperoleh laba atau keuntungan. Jadi produk yang dihasilkan berupa pelayanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara umum.

Pada praktiknya, saat ini anak muda semakin kreatif menyediakan usaha yang sifatnya jasa. Salah satu yang paling populer di media sosial seperti jasa titip beli alias jastip. Bisnis ini menawarkan jasa belanja untuk konsumen yang memiliki keterbatasan waktu atau jarak untuk datang ke store yang diinginkan. Pameran buku atau sale akhir tahun di mall biasanya jadi momen paling ramai munculnya bisnis jasa ini.

Perusahaan jasa yang paling kita kenal belakangan ialah Gojek dengan berbagai variasi layanannya. Perusahaan ini tidak membutuhkan produk dalam bentuk fisik sendiri. Contohnya ialah Gofood yang tidak memproduksi makanan sendiri melainkan hanya mengantarkan produk yang dijual. Belakangan konsep perusahaan jasa memang makin beragam seperti Gojek yang modalnya adalah partnership.

Memahami Pengertian Perusahaan Jasa Agar Bisa Dapat Untung Dari Peluangnya

Buat kamu yang sudah lulus kuliah, tak ada salahnya bekerja di bidang pelayanan. Pasalnya, bidang tersebut semakin bermunculan dan membutuhkan karyawan yang tak sedikit. Bahkan, kamu juga bisa merintis bisnis sendiri untuk kemudian berkembang menjadi perusahaan jasa sendiri.

Bisa dikatakan jika perusahaan jasa saat ini memeliki peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih optimal. Skill atau keahlian yang ditawarkan bisa saja dibayar dengan tingkat harga yang tinggi. Terbukti banyak perusahaan besar yang berbasis dari layanan jasa yang tidak memiliki wujud seperti Traveloka sebagai penyedia jasa booking pesawat dan Grab selaku penyedia layanan transportasi.

Murah atau mahalnya harga jasa tersebut biasanya ditentukan oleh faktor yang sangat beragam. Jika manfaatnya dapat dirasakan sangat membantu maka tak heran kemudian layanannya diminati. Misalnya jasa untuk membuat laporan keuangan tentu akan dibayar lebih mahal dibandingkan cleaning service.

Namun untuk bisa membedakannya tanpa kebingungan, baiknya kamu memahami sejumlah sifat dari jasa itu sendiri. Pertama ialah tidak memiliki wujud alias abstrak. Kedua, produk yang dihasilkannya tidak standar atau bervariasi sehingga layana yang diberikan bisa berbeda dengan konsumen lainnya.

Ketiga ialah tidak dapat dipisahkan produk dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama. Sifat terakhir ialah tidak dapat disimpan karena tidak memiliki wujud.

Adapun, perusahaan jasa memiliki beberapa pengertian dari para ahli. Namun intinya, pengertian perusahaan jasa adalah sebuah kegiatan usaha yang menjual pelayanan (bukan produk atau barang) yang dibutuhkan oleh konsumen. Kegiatan usaha ini bertujuan untuk memperoleh keuntungan.

Menurut Philip Kotler, ahli pemasaran dari Amerika Serikat, perusahaan jasa adalah perusahaan yang menawarkan tindakan yang abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan pengalihan kepemilikan kepada orang lain.

Jangan berhenti di situ, baca juga pengertian perusahaan jasa menurut ahli dalam negeri, Djaslim Saladin yang menguraikan pengertian perusahaan jasa adalah badan usaha yang melakukan kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan suatu pihak ke pihak lainnya

Saat ini, semakin banyak perusahaan jasa yang bermunculan. Mereka menawarkan jasa keuangan, transportasi, kesehatan, dan lainnya. Jasa tersebut dapat diakses melalui platform digital, sehingga memudahkan konsumen dalam menggunakannya. Misalnya, kamu ingin berangkat kerja, dari rumah ke kantor naik jasa ojek online (perusahaan jasa transportasi) dan membayarnya dengan uang elektronik (fintech atau perusahaan jasa keuangan).

Dari kegiatan itu, kamu sudah menggunakan dua pelayanan. Belum lagi, kalau kamu ingin belanja barang atau membeli makanan secara online, kamu akan memerlukan peran perusahaan jasa. Jika dalam pelayanannya terjadi gangguan sistem, pelanggan akan protes ke perusahaan. Karena kebutuhan mereka juga terganggu atau tidak terpenuhi.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, perusahaan jasa memerlukan sumber daya manusia tidak sedikit. Mereka membutuhkan beragam tenaga ahli, seperti ahli bidang teknologi, marketing, manajemen, desain, dan lainnya. Tujuannya untuk meningkatkan layanan, banyak pelanggan yang datang, dan keuntungan pun mengalir lancar.

Karakteristik Perusahaan Jasa

Jika di atas kita sudah membahas pengertian perusahaan jasa dan contohnya maka untuk lebih mendalaminya lagi maka kamu harus tahu soal karakternya. Perusahaan jasa sebagai salah satu bentuk usaha tentu saja memiliki karakteristik sendiri.

Berbagai faktor inilah yang menjadi fondasi sekaligus pembedanya dengan perusahaan yang melakukan kegiatan produksi.

●   Hanya menjual jasa.

Seperti yang sudah disinggung dalam pengertian perusahaan jasa, kegiatan usaha perusahaan adalah menjual jasa yang bermanfaat. Ya, menjual jasa yang tak terlihat bentuknya. Lain halnya dengan perusahaan dagang yang menjual barang atau perusahaan manufaktur yang memproduksi barang.

Seperti perusahaan transportasi menjual jasa antar dari satu tempat ke tempat lain. Hal tersebut memudahkan kegiatan pelanggan dan perusahaan mendapatkan untung. Contoh dari perusahaan ini seperti JNE atau Tiki.

●   Kualitas jasa berbeda.

Jika kamu menjual produk, pelanggan bisa langsung melihat produknya. Sedangkan jasa, pelanggan akan menerima kesan dan pengalaman. Setiap pelanggan memiliki kesan dan pengalaman berbeda-beda.

Oleh karena itu, jika ingin jasa yang dijual berkualitas, tim perusahaan harus memiliki standar operasi prosedur (SOP) yang diberlakukan pada sistem maupun petugas di lapangan. Ambil contoh layanan kirim ke suatu daerah yang ditawarkan oleh Tiki atau JNE memiliki estimasi waktu yang berbeda.

●   Harga layanan bervariasi.

Perusahaan jasa memiliki harga layanan bervariasi atau tidak terikat dengan aturan harga umum. Hal ini disebabkan karena kebutuhan pelanggan terhadap layanan berbeda-beda. Mereka bisa menjual dengan murah atau mahal sekalipun.

Misalnya perusahaan maskapai yang menjual tiket perjalanan dengan harga bervariasi. Perbedaan harga ini bisa disebabkan oleh kebijakan yang berbeda dalam strategi bisnis setiap perusahaan jasa tersebut.

●   Laporan keuangan tidak ada biaya produksi.

Karena ini perusahaan jasa, jadi laporan keuangan tidak ada biaya untuk produksi barang. Laporan keuangan akan mencatat pendapatan dan biaya lain-lain untuk mengetahui laba atau rugi.

Dengan mengetahui pengertian perusahaan jasa dan ciri khasnya, kamu memiliki gambaran mengenai dunia kerja. Sehingga kamu siap bekerja sesuai kompetensi dan menjunjung profesionalitas. Siapa tahu kamu malah punya ide untuk merintis perusahaan jasa sendiri setelah membaca artikel ini.

Ajaib juga termasuk perusahaan jasa lho karena menyediakan layanan pembelian produk investasi reksa dana. Bahkan Ajaib memiliki keunggulan karena memungkinkanmu berinvesatasi hanya dengan modal Rp10.000 saja. Berbagai kelebihan inilah yang harus kamu manfaatkan untuk masa depan finansial yang lebib baik.

Yuk manfaatkan jasa dari Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait