Mengenal Doku Wallet dan Cara Penggunaannya

doku wallet
doku wallet

Startup fintech kian berkembang pesat dengan beragam nama yang familiar di telinga kamu. Salah satunya pionir yang mucul adalah Doku Wallet. Lembaga fintech ini mulai ada sejak tahun 2007 dan merupakan dompet elektronik berbasis aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk sistem pembayaran digital.

Layaknya startup fintech, Doku Wallet diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK) di bawah naungan perusahaan PT. Nusa Satu Inti Artha. Dompet digital ini akan memudahkan kamu dalam melakukan transaksi jual beli dan transfer hanya melalui aplikasi ponsel smartphone kamu.

Layanan

Doku Wallet menyediakan dua jenis layanan finansial yakni user premium dan user biasa. Lalu apa perbedaan antara user premium dan user biasa? Simak penjelasan berikut ini :

User Premium

User Premium merupakan pengguna dengan fasilitas transaksi yang lebih besar dibandingkan dengan user biasa. Batas maksimal saldo untuk user premium adalah sebesar Rp 5 juta. Selanjutnya user premium juga dapat menggunakan fitur transfer, permintaan dana dari dan sesama pengguna premium.

User Biasa

User biasa merupakan pengguna dengan fasilitas yang terbatas layaknya user premium. Untuk batasan maksimal sando user biasa adalah Rp 1 juta, namun user biasa tidak bisa melakukan pemindahan dana dari dan sesama pengguna.

Registrasi

Nah, jika kamu tertarik untuk memiliki akun Doku Wallet, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, antara lain :

  • Melakukan registrasi melalui situs doku.com.
  • Pilih menu ‘Sign Up’.
  • Jika kamu merupakan konsumen, silahkan pilih menu ‘consumer’ lalu pilih ‘daftar’.
  • Masukkan seluruh identitas kamu termasuk nama lengkap, email, jenis kelamin, tanggal lahir, nomor handphone dan password yang ingin kamu gunakan. Kemudian pilih ‘Daftarkan saya’.
  • Selanjutnya kamu tinggal menunggu email verifiaksi yang akan dikirimkan berisi link aktivasi akun kamu. Klik link tersebut dan kamu akan langsung terhubung ke akun
  • Selain itu, kamu akan diminta untuk memasukkan kode PIN dank ode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel kamu.
  • Setelah melakukan rangkaian aktivasi tersebut, maka akun kamu sudah bisa digunakan.

Selain melalui Doku, kamu juga bisa melakukan registrasi melalui aplikasi yang bisa kamu Download di Google Play Store. Akun yang kamu daftarkan pertama kali merupakan jenis akun untuk user biasa.

Syarat Akun Premium

Untuk menjadi user premium, kamu bisa kembali meregistrasikan diri kamu dengan melengkapi beberapa persyaratan, seperti :

  • Usia kamu 17 tahun keatas.
  • Memiliki tanda pengenal seperti KTP atau SIM.
  • Masuk dan login ke akun kamu.
  • Pilih meni update profile, lalu isikan identitas kamu dengan lengkap.
  • Setelah itu, pihak Doku Wallet akan menghubungi kamu untuk melakukan konfirmasi dan meminta kamu untuk mengirimkan salinan identitas dan foto diri kamu.
  • Setelah proses selesai, kamu kini resmi menjadi user premium.

Untuk melakukan top up saldo, banyak cara yang bisa kamu gunakan seperti transfer melalui rekening bank, pengisian top up melalui merchant seperti minimarket dan lain sebagainya. Dompet digital ini juga bisa digunakan untuk beragam pembayaran seperti pembayaran pulsa, literik, paket internet ataupun pembayaran melalui kasir yang bekerjasama dengan Doku Wallet.

Bacaan menarik lainnya:

Iskandar, Syamsu. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta : Semesta Asa Bersama.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait