Pengertian Perilaku Konsumen dan Proses Mengenalinya

pengertian perilaku konsumen
pengertian perilaku konsumen

Pengertian perilaku konsumen merupakan suatu hal yang sangat berkaitan dengan proses pembelian barang ataupun jasa. Hal yang dikenal sebagai consumer behavior ini sangat luas dan tidak disadari yang sering terjadi dalam keseharian atau lebih tepatnya dalam proses pembelian.

Consumer Behaviour merupakan suatu alasan konsumen membuat keputusan melakukan pembelian sebuah produk. Perilaku konsumen termasuk pemikiran konsumen akan sebuah barang dalam memenuhi kebutuhannya seperti kualitas, fungsi dan keguanaan.

Pengertian perilaku konsumen juga erat kaitannya dengan aktivitas pencarian, penelitian dan pengevaluasian produk. Butuh waktu yang relatif dan tidak bisa ditentukan saat konsumen memikirkan untuk membeli sebuah produk. Maka konsumen akan melihat, menanyakan, mengevaluasi dan mempertimbangkan rencana membeli produk.

Pastinya sebagai konsumen, tidak mau jika salah dalam membeli produk atau jasa. Jika kamu masih bingung mengenai prilaku konsumen, berikut beberapa pengertian perilaku konsumen menurut para ahli :

Engel, Blackwell dan Miniard

Menurut Engel, Blackwell dan Miniard perilaku konsumen adalah sebuah tindakan-tindakan yang dilakukan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa, dengan proses keputusan yang mengawali dan juga mengikuti tindakan pembelian. Tidakan tersebut akan terlibat langsung dalam sebuah proses untuk memperoleh, mengkonsumsi, membuang atau tidak menggunakan produk tersebut.

The American Marketing Association

Menurut The American Marketing Association, perilaku konsumen merupakan sebuah proses interaksi yang dinamis sebagai bentuk pengaruh, kesadaran, perilaku dan lingkungan yang mana seseorang akan melakukan pertukaran pada beberapa aspek kehidupan.

Mowen

Menurut Mowen, perilaku konsumen adalah sebuah hal yang dilakukan saat seseorang memperoleh, mengkonsumsi atau juga membuang barang saat pembelian.

Schiffman dan Kanuk

Menurut Schiffman dan Kanuk perilaku konsumen merupakan sebuah proses yang dilalui mencakup mencari barang, membeli barang, menggunakan barang dan mengevaluasi barang  yang dapat memenuhi kebutuhan.

Untuk jenis perilaku konsumen memiliki perbedaan dan ragamnya. Misalkan saja ketikan ingin membeli sebuah produk, maka seorang konsumen akan memastikan, meneliti bentuk dari produk seperti masa berlakunya. Untuk produk elektronis biasanya akan dicoba terlebih dahulu apakah sesuai dengan desktipsinya.

Sedangkan untuk produk jasa, umumnya perilaku konsumen akan mencari tahu bentuk jasa yang disediakan melalui track record perusahaan, testimoni maupun komentar orang yang sebelumnya menggunakan jasa tersebut.

Kategori

Perilaku konsumen juga dibagi kedalam dua kategori yakni rasional dan irasional. Perilaku konsumen rasional adalah perilaku konsumen yang dalam pembelian barang dan mengedepankan aspek konsumen seperti tingkat kebutuhan yang mendesak, kebutuhan utama/primer dan juga daya guna produk.

Sedangkan perilaku konsumen irrasional adalah perilaku konsumen yang sangat mudah untuk terbujuk dengan iming-iming diskon dan marketing sebuah produk tanpa mengedepankan aspek kebutuhan.

Kategori Rasional

Beberapa ciri perilaku konsumen rasional antara lain :

  • Memilih barang sesuai dengan kebutuhan
  • Barang yang dipilih memiliki kegunaan optimal
  • Memilih barang dengan mutu terjamin
  • Memilih barang dengan harga yang sesuai dengan kemampuan

Kategori Irasional

Sedangkan ciri perilaku konsumen irasional antara lain :

  • Cepat tertarik dengan iklan dan promosi
  • Memilih barang bermerk atau branded yang sudah dikenal luas
  • Memilih barang tidak berdasarkan kebutuhan, melainkan untuk menunjukkan status sosial

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait