Pengertian Deposito yang Perlu Kamu Pahami di Dunia Investasi!

Pengertian Deposito yang Perlu Kamu Pahami di Dunia Investasi!
Pengertian Deposito yang Perlu Kamu Pahami di Dunia Investasi!

Seperti pengertian lainnya, pengertian deposito memang terkesan sederhana. Namun, di era digital seperti sekarang, penting buat kamu, terutama investor pemula untuk mengetahui pengertian deposito secara mendasar dan mendalam.

Untuk memulai pengetahuan kamu tentang apa itu pengertian deposito dan apa saja yang ada di dalamnya, baca artikel ini sampai habis, ya!

Pengertian Deposito

Deposito adalah istilah finansial yang memiliki berbagai pengertian. Pada satu sisi, sebuah deposito adalah transaksi yang melibatkan transfer sejumlah uang kepada pihak lain untuk diamankan. Di sisi lain, deposito juga mengacu kepada sebagian porsi dari uang yang digunakan untuk sekuritas atau jaminan untuk pengiriman sebuah barang.

Bagaimana Cara Kerja Deposito

Setelah memahami apa itu pengertian deposito, kini kamu harus memahami bagaimana deposito bekerja.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, deposito melibatkan sejumlah uang yang ditransfer  kepada pihak lain untuk diamankan. Dengan menggunakan pengertian deposito ini, maka deposito mengacu kepada uang yang ditransfer investor ke tabungan atau akun bank atau kartu kredit.

Pada pengertian deposito ini, uang yang didepositkan masih dimiliki oleh orang atau entitas yang mengirimkan uang, dan orang atau entitas tersebut bisa menarik uang kapanpun dia mau, mengirimnya kepada orang lain atau bahkan menggunakannya untuk membeli sebuah produk.

Seringkali, seseorang perlu mendepositkan sejumlah uang untuk membuka akun bank baru, atau lebih dikenal juga dengan deposit minimal, Mendepositkan uang kepada akun bank baru tersebut dikualifikasikan sebagai deposito transaksi, yang bisa juga berarti bahwa uang yang ada terus tersedia dan bisa dicarikan kapanpun tanpa penundaan.

Sementara pengertian deposito lain mengacu kepada sebagian porsi uang yang digunakan untuk sekuritas atau jaminan ketika proses pengiriman produk. Beberapa kontrak membutuhkan sekian persentase uang dibayar sebelum pengiriman sebagai simbol kepercayaan. Contohnya, jika perusahaan pialang atau broker membutuhkan pemain saham untuk membuat sekian margin deposito guna menciptakan kontrak baru di masa depan.

Contoh Deposito Sebagai Jaminan

Deposito juga dibutuhkan dalam pembelian skala besar, seperti properti atau kendaraan, yang menuntut penjual untuk membuat perencaanan pembayaran. Perusahaan finansial biasanya menetapkan deposito ini dengan persentase tertentu dari harga pembelian penuh dan masyarakat biasanya mengenal deposito seperti ini sebagai uang muka.

Dalam kasus penyewaan, deposito dikenal juga dengan istilah deposito keamanan. Deposito keamanan biasanya mengover biaya kerusakan potensial selama masa penyewaan dan biasanya tidak dapat dikembalikan.

Memahami pengertian deposito dalam dua bidang tentunya akan membantu kamu lebih mampu membedakan berbagai istilah dalam dunia finansial. Apalagi, jika dalam waktu dekat atau di masa depan kamu berencana mendalami indutri yang satu ini.

Selain deposito, kamu juga bisa mulai belajar investasi lain seperti investasi reksa dana maupun saham. Kedua investasi ini menawarkan return yang cukup besar. Namun, untuk memulainya kamu benar-benar harus memahami cara kerja sekaligus perusahaan yang ingin kamu danai. Yuk belajar investasi sekaligus coba investasi sekarang di Ajaib!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait