Saham

Pengertian dan Tugas Pialang yang Ada di Dalam Pasar Modal

Pialang

Ajaib.co.id – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari berinvestasi di pasar modal. Salah satunya dengan menggunakan bantuan pialang pada instrumen investasi saham.

Istilah pialang mungkin menjadi hal yang asing di telinga para pemula dalam pasar modal. Padahal, pialang merupakan nama lain dari broker.

Istilah broker yang erat kaitannya dengan investasi saham mungkin menjadi istilah yang banyak diketahui oleh orang-orang.

Akan tetapi, apakah mereka tahu tugas sebenarnya dari pialang saham dan bagaimana bisa broker dapat membantu para investor untuk meraih keuntungan sesuai dengan target pencapaian?

Nah, melalui penjelasan berikut ini kamu dapat memahami pengertian dari pialang atau broker dan tugas yang dikerjakan hingga dapat membantu setiap investor untuk menghasilkan keuntungan saat berinvestasi saham.

Apa Itu Pialang?

Pialang atau broker merupakan suatu individu atau perusahaan yang ditunjuk sebagai perantara dalam transaksi di pasar modal oleh investor. Broker saham biasanya ada pada perusahaan pialang atau sekuritas dan tergabung menjadi anggota resmi di bursa efek atau biasa disebut broker anggota bursa.

Broker saham bekerja sesuai dengan tugas dan etika bursa sehingga seorang broker yang bekerja di perusahaan pialang harus memiliki sertifikasi kelulusan Wakil Perantara Pedagang Efek atau WPPE.

Baik perusahaan pialang dan broker bekerja di bawah pengawasan badan pengawas milik pemerintah yaitu Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi yang berhubungan langsung dengan Menteri Perdagangan.

Dengan begitu, setiap aktivitas perdagangan di pasar modal sudah sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Tugas Pialang

Mengacu pada pengertian broker sebagai perantara pada setiap transaksi di pasar modal, hal ini berarti tugas utamanya adalah bertanggung jawab untuk membantu setiap investor untuk bertransaksi di pasar modal. Yakni meliputi perintah transaksi meliputi jual beli yang diberikan oleh investor.

Tugas utama broker sebagai perantara transaksi tentu sangat membantu para investor ketika mereka tidak memiliki waktu untuk mengawasi aset yang dimiliki setiap saat.

Selain itu, tugas broker juga membantu investor dalam merekomendasikan jual beli saham yang mengacu pada analisis saham meliputi analisis pasar dan ekonomi, kredibilitas perusahaan penerbit saham, dan hal-hal yang berkaitan dengan saham.

Analisis saham yang diberikan oleh pialang dan menghasilkan target profit sesuai pencapaian juga mempengaruhi reputasi dari broker tersebut.

Cara Kerja dari Pialang di Pasar Modal

Untuk memahami lebih dalam mengenai tugas dari broker di pasar modal, kamu bisa mengetahuinya berdasarkan cara kerja dari pialang saham. Berikut contoh cara kerja broker yang bisa dipahami:

Ketika seorang investor berhasil membuat rekening saham, investor bisa menggunakan bantuan pialang untuk merekomendasikan beberapa saham mana yang harus dibeli.

Setelah berhasil membeli saham, investor akan menyimpan saham dalam jangka waktu tertentu, lalu menjual saham pada waktu yang tepat dengan memberikan perintah kepada broker untuk menjualnya.

Harga dan jumlah saham yang dijual tergantung dari pemegang saham atau investor. Broker tidak berhak menentukan jumlah dan harga.

Setiap transaksi yang diperintahkan oleh investor menjadi komisi yang didapat oleh broker. Semakin besar dan sering jumlah transaksi yang dilakukan oleh investor, maka besar pula penghasilan yang didapat oleh broker.

Jenis-Jenis dan Layanan Broker

Broker tentu dibedakan berdasarkan jenis-jenisnya. Ada dua jenis broker atau pialang yang dibedakan berdasarkan jenis konsumen, pelayanan yang diberikan, dan hal-hal yang berkaitan dengan saham. Berikut penjelasannya.

Retail Broker

Retail broker lebih dikenal dengan sebutan individual broker yang memberikan layanan kepada investor individu. Di mana, setiap transaksi yang dilakukan investor akan memberikan komisi pada pialang sesuai dengan perintah yang dibuat.

Institutional Broker

Jenis broker yang satu ini biasanya didirikan oleh suatu lembaga atau institusi dengan layanan pialang kepada setiap investor.

Selain dibedakan berdasarkan jenisnya, broker juga dibedakan berdasarkan layanan yang diberikan kepada investor. Berikut beberapa layanan yang diberikan oleh suatu pialang kepada setiap investor:

Full Service Broker. Layanan yang diberikan oleh jenis broker ini lengkap dan penuh. Para investor bisa menggunakan full service broker yang memberikan layanan mulai dari rekomendasi pembelian saham, informasi pergerakan pasar, laporan analisis, dan perintah untuk transaksi di pasar modal.

Discount Broker. Jika investor memiliki dana rendah untuk menggunakan jasa broker, discount broker bisa menjadi pilihan. Pialang jenis ini memberikan layanan yang tidak penuh, namun cukup membantu proses transaksi saham di pasar modal.

Mulai dari mengeksekusi perintah jual beli hingga memberikan arahan kepada klien berupa laporan analisis berdasarkan analisis yang dilakukan.

Deep Discount Broker. Jenis pialang ini memberikan penawaran layanan yang cukup sederhana dengan mengeksekusi perintah untuk bertransaksi jual beli hingga pemeliharaan rekening saham investor.

Tentunya, komisi yang diberikan akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jenis layanan full service broker dan discount broker.

Online Broker

Jenis layanan pialang yang satu ini merupakan broker yang memanfaatkan teknologi untuk bertransaksi saham di pasar modal. Online broker biasanya dapat diakses oleh siapapun melalui smartphone atau laptop yang terhubung dengan internet.

Kamu bisa menggunakan broker jenis ini untuk berinvestasi saham secara mudah dan aman.

Keberadaan broker bisa tentu sangat bermanfaat bagi kamu untuk berinvestasi di pasar modal. Pasalnya, pialang saham tentu memiliki pengetahuan yang banyak tentang investasi saham meliputi keuntungan yang dihasilkan dan risiko yang dapat terjadi.

Oleh karena itu, tugas dari broker ini mampu menghasilkan keuntungan bagi investor dan meminimalisir risiko kerugian.

Artikel Terkait